Makanan Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo – Purworejo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi DIY.

Seperti halnya makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari daerah lain, Purworejo juga memiliki berbagai kuliner khas yang rasanya sangat lezat sehingga sangat disayangkan jika kamu berkunjung ke Purworejo namun tidak mencicipi beberapa kuliner khasnya.

Beberapa makanan khasnya ini ternyata juga menjadi favoritnya para pelancong lho baik yang berkunjung atau sekedar singgah ke kabupaten yang dilintasi oleh jalur selatan Pulau Jawa ini.

13 Makanan Khas Purworejo yang Terkenal Enak dan Bikin Nagih

Berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, seperti misalnya makanan khas Bengkulu dimana makanan khasnya umumnya lebih banyak dinikmati langsung di tempat asalnya.

Namun jika kamu berkunjung ke Purworejo, maka kebanyakan makanan khasnya termasuk ke dalam kuliner yang diperuntukkan untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Penasaran, kuliner khas Purworejo apa saja yang terkenal enak? Berikut akan kami jelaskan mengenai 13 makanan khas Purworejo terenak dan bikin nagih yang wajib kamu coba.

1. Sate Winong

Makanan Khas Purworejo
qraved-live.s3.amazonaws.com

Sate merupakan salah satu kuliner khas Nusantara yang sangat populer baik di dalam atau di luar negeri. Meskipun sate dapat dengan mudah ditemui di berbagai daerah, namun jika kamu berkunjung ke Purworejo, maka jangan lupa untuk mencoba sate Winong.

Sate Winong merupakan jenis sate kambing yang dapat dengan mudah dijumpai di desa Winong. Berbeda dengan sate yang berasal dari daerah lain dimana biasanya menggunakan kecap buatan pabrik. Kuliner sate khas Purworejo ini menggunakan kecap buatan sendiri.

Kecap ini terbuat dari rebusan gula merah yang dipadukan dengan rempah-rempah dan diberi tambahan cabe rawit yang sudah diuleg serta diberi irisan bawang merah dan daun jeruk nipis.

2. Kupat Tahu

Makanan Khas Purworejo
4.bp.blogspot.com

Meski di Magelang kamu dapat menjumpai kuliner khas berupa kupat tahu, namun tidak ada salahnya jika ke Purworejo kamu juga mencicipi kupat tahu khas kabupaten ini.

Hal ini karena kupat tahu khas Purworejo mempunyai rasa yang berbeda dengan kupat tahu yang berasal dari Magelang atau daerah lain. Perbedaan ini terletak pada bumbu yang digunakan.

Jika umumnya kupat tahu menggunakan bumbu kacang, maka kupat tahu khas Purworejo menggunakan bumbu kecap atau kuah dimana kuah ini terbuat dari rebusan gula Jawa yang diberi rempah-rempah. Ini sama seperti sate Winong, yaitu memiliki rasa yang sangat istimewa.

3. Cenil

Makanan Khas Purworejo
nusadaily.com

Cenil adalah jajanan pasar khas Purworejo yang terbuat dari pati singkong. Pati singkong ini nantinya dibentuk, diberi warna, direbus hingga kemudian jika telah matang maka cenil akan diberi parutan kelapa.

Meski cenil juga merupakan salah satu makanan khas Kediri, namun jika berkunjung ke Purworejo maka kamu juga dapat menjumpainya di pasar-pasar tradisional.

Kuliner yang tergolong ke dalam jajanan pasar ini memiliki beragam warna yang unik dan biasanya berbentuk bulat kecil-kecil seperti kelereng dan berbentuk kotak atau persegi panjang. Selain diberi taburan parutan kelapa, biasanya juga dijumpai cenil yang diberi taburan gula pasir.

4. Kue Satu

Makanan Khas Purworejo
wikimedia.org

Selanjutnya adalah kue satu. Terdengar unik bukan namanya? Nah asal usul nama Kue Satu ini hingga saat ini belum diketahui pasti. Akan tetapi, masyarakat Purworejo biasanya menyebut kue satu dengan nama kue Kroya. Kue Kroya ini menjadi salah satu hidangan wajib pada hari raya Idul Fitri.

Bahan dasar dalam membuat kue ini berasal dari kacang hijau yang diberi tambahan gula pasir, air, dan diberi sedikit perasa vanila sebagai campurannya. Saat ini kue satu juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Purworejo.

5. Kue Lompong

Makanan Khas Purworejo
1.bp.blogspot.com

Purworejo memang terkenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak kuliner khas berupa kue, salah satunya adalah kue lompong. Kue lompong merupakan kue basah yang terbuat dari lompong atau batang daun talas yang telah dilumatkan.

Jenis kue yang satu ini memiliki warna hitam pekat dan memiliki rasa yang cukup legit dan nikmat. Warna hitam ini berasal dari bahan dasarnya yaitu batang lompong.

Adapun bahan lainnya dalam membuat kue lompong ini adalah tepung ketan, tepung merah, dan gula. Sedangkan untuk isiannya sendiri biasanya berisi kacang tanah yang telah ditumbuk.

Sementara itu, kue lompong dibungkus menggunakan daun pisang kering sehingga menghasilkan aroma yang alami.

6. Kue Clorot

Makanan Khas Purworejo
wikimedia.org

Kue  Clorot merupakan kue tradisional khas Purworejo yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Di dalam penyajiannya sendiri, kue Clorot dibungkus menggunakan daun kelapa muda atau janur yang digulung mirip seperti terompet.

Karena menggunakan gula merah, maka kue clorot memiliki rasa yang cukup manis, gurih, dan lezat.

7. Dawet Ireng

Makanan Khas Purworejo
www.tagar.id

Jalur selatan khususnya sepanjang dari kabupaten Banyumas hingga Purworejo memang biasanya di pinggir jalan terdapat banyak penjual dawet. Salah satu dawet yang paling banyak dijajakan di pinggir jalan adalah dawet ireng khas Banjarnegara dan Purworejo.

Nah jika kamu lewat jalur selatan khususnya Purworejo, maka sempatkan berhenti sejenak untuk menikmati dawet yang mempunyai rasa sangat menyegarkan ini.

Sama seperti halnya dawet lainnya, dawet ireng juga menggunakan santan dan gula Jawa. Sedangkan warna hitam pada cendolnya ini berasal dari abu jerami yang telah dibakar.

8. Jenang Krasikan

Makanan Khas Purworejo
api.omiyago.com

Jenang krasikan adalah kuliner khas Purworejo yang biasanya dijadikan pilihan utama sebagai oleh-oleh. Bahan dasar dalam membuat jenang krasikan sendiri menggunakan beras ketan yang dicampur dengan santan dan gula merah.

Berbeda dengan jenang jaket yang merupakan makanan khas Banyumas atau jenang lainnya, jenang krasikan memiliki tekstur lebih kasar jika dibandingkan dengan jenang lainnya.

Ini berasal dari cara pengolahannya yaitu beras ketan yang disangrai sehingga membuat cita rasanya berbeda. Untuk dapat menemukan jenang krasikan ini, kamu cukup mendatanginya di pusat oleh-oleh khas Purworejo.

9. Lanting

Makanan Khas Purworejo
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Lanting merupakan salah satu kuliner khas Purworejo yang dapat dengan mudah ditemukan dimana-mana. Pada awalnya, lanting dibuat dengan singkong dan dibentuk bulat saja.

Namun saat ini lanting juga dibuat seperti angka delapan. Selain mempunyai beragam bentuk, saat ini lanting juga memiliki beberapa varian yang membuat rasanya semakin nikmat.

Karena menjadi kuliner khas yang dapat bertahan lama, maka lanting juga biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Purworejo.

10. Sego Koyor

Makanan Khas Purworejo
dl.kaskus.id

Sego koyor atau dalam bahasa Indonesia disebut nasi koyor, merupakan hidangan khas Purworejo yang banyak digemari oleh masyarakat setempat.

Koyor merupakan urat sapi, namun berbeda dengan gajih (lemak) dan jeroan. Rasa yang dimiliki oleh koyor ini adalah gurih dan kenyal seperti gajih.

Biasanya, sego koyor disajikan ketika masih dalam keadaan panas dan menggunakan daun pisang serta ditemani lauk tempe gimbal (tempe goreng tepung) sebagai pelengkap.

Terdapat keunikan dari makanan lezat ini, yaitu hanya dijajakan di tengah malam saja. Tepatnya mulai pukul 00.30 WIB hingga habis.

11. Sego Megono

Makanan Khas Purworejo
2.bp.blogspot.com

Sebenarnya sego megono juga merupakan makanan khas Wonosobo. Namun jika kamu berkunjung ke Purworejo, maka kamu juga dapat menemukan kuliner khas yang nikmat ini.

Sego megono berisi nasi urap yang dicampur dengan kelapa muda dan beberapa jenis sayuran seperti labu, bayam, kangkung, dan daun singkong.

Jika di Wonosobo sego megono disajikan bersama tempe kemul, sementara itu di Purworejo biasanya disajikan dengan mendoan atau goreng-gorengan lainnya.

12. Geblek

Makanan Khas Purworejo
usaharumahan.id

Geblek sebenarnya merupakan kuliner khas Kulonprogo, Magelang dan Purworejo. Maka jika berkunjung ke Purworejo, sempatkan juga ya untuk mencicipinya.

Makanan khas yang satu ini terbuat dari tepung singkong yang telah diberi bumbu berupa bawang yang digoreng hingga garing.

13. Mendut

Makanan Khas Purworejo
i.ytimg.com

Kuliner terakhir khas Purworejo adalah Mendut. Kue Mendut tergolong ke dalam jajanan pasar sehingga banyak dijajakan pada pagi hari.

Mendut terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan gula Jawa dan kelapa parut. Pada umumnya, Mendut dibungkus menggunakan daun pisang dan dibentuk segitiga piramida.

Tekstur kue Mendut ini lembut, kenyal dan rasanya manis sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa.

Nah, demikianlah 13 makanan khas Purworejo terenak dan bikin nagih. Jika kamu berkunjung atau sekedar lewat Purworejo, jangan lupa ya untuk mencicipinya karena selain memiliki rasa yang nikmat, makanan khas tersebut diatas juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

Tinggalkan Balasan