Makanan Khas Gorontalo

Makanan Khas Gorontalo

Makanan Khas Gorontalo – Gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak Pulau Sulawesi. Provinsi ini didirikan pada tahun 2000 dan beribu kota di Kota Gorontalo.

Kalau di Aceh diberi julukan sebagai Serambi Mekah, maka Gorontalo juga memiliki beberapa julukan, nah salah satunya adalah dijuluki sebagai Serambi Madinah.

Provinsi yang memiliki luas wilayah mencapai 12.435,99 kmĀ² ini ternyata memiliki berbagai kekayaan, baik itu kekayaan alam, suku, budaya, hingga kekayaan kuliner.

17 Makanan Khas Gorontalo Terpopuler dan Wajib Dicoba

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khasnya masing-masing dimana rasanya ini berbeda-beda namun tetap memiliki cita rasa yang nikmat, seperti contohnya makanan khas Purworejo.

Seolah tidak mau kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia, Gorontalo juga terkenal karena mempunyai beragam makanan khas yang terkenal lezat.

Nah, bagi kamu yang ingin berwisata atau sekedar berkunjung ke Gorontalo, maka kamu juga wajib mencicipi beberapa kuliner khas Gorontalo.

Namun jika kamu belum mengetahui kuliner apa saja yang terkenal dari provinsi ini, berikut akan kami jelaskan mengenai 17 makanan khas Gorontalo terpopuler dan wajib dicoba.

1. Ayam Iloni

Makanan Khas Gorontalo
www.reservasiku.com

Jika di NTB memiliki olahan Ayam Taliwang yang sangat terkenal sebagai salah satu makanan khas Lombok, Gorontalo juga memiliki oalahan ayam bakar yang sangat terkenal, yaitu Ayam Iloni.

Ayam Iloni terbuat dari bumbu rempah-rempah yang sangat beragam, seperti misalnya bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan beberapa jenis rempah lainnya yang membuat rasanya sangat nikmat.

Karena menjadi salah satu kuliner paling populer di Gorontalo, maka jika kamu berkunjung kesana, jangan lupa ya untuk mencicipi makanan khas yang memiliki cita rasa sangat lezat ini.

2. Binte Buluhuta

Makanan Khas Gorontalo
cdn.idntimes.com

Dikutip dari Wikipedia, Gorontalo memiliki berbagai julukan. Salah satu julukan dari provinsi ini adalah “Lumbung Jagung Nusantara”, yang artinya Gorontalo menjadi salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Sehingga tidak heran jika banyak kuliner khasnya yang menggunakan bahan utama jagung, salah satunya adalah Binte Buluhuta.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Binte Buluhuta berarti jagung yang disiram. Kuliner khas ini terbuat dari parutan jagung yang dipadukan dengan parutan kelapa, potongan ikan cakalang, udang dan disiram menggunakan kuah rempah yang gurih.

Biasanya Binte Buluhuta dilengkapi dengan daun bawang, kemangi, cabai, tomat dan perasan air jeruk lemon.

3. Sate Tuna Gorontalo

Makanan Khas Gorontalo
dolanyok.com

Semisal kamu berkunjung ke Sumatra, maka akan dapat dengan mudah menjumpai sate lokan yang merupakan makanan khas Minangkabau yang memiliki rasa sangat nikmat.

Namun jika kamu berkunjung ke Gorontalo, maka kamu juga dapat menjumpai olahan sate yang sangat terkenal karena memiliki cita rasa yang lezat, sate ini berbahan dasar ikan tuna.

Seperti yang diketahui, ikan tuna memiliki tekstur daging yang sangat lembut sehingga jika diolah menjadi makanan, maka bumbunya dapat meresap hingga ke dalam dagingnya.

Sate tuna Gorontalo sangat cocok dijadikan sebagai lauk nasi hangat yang diberi bumbu tambahan serta sambal pedas.

4. Bubur Sagela

Buat kamu yang sangat menyukai bubur, maka kamu wajib untuk mencicipi kuliner khas Gorontalo berupa olahan bubur yang diberi nama Bubur Sagela.

Bubur Sagela merupakan bubur khas Gorontalo dimana isiannya menggunakan potongan daging ikan Sagela atau ikan Roa. Kedua ikan ini dikenal memiliki tekstur daging yang gurih sehingga menjadikan cita rasanya sangat nikmat.

5. Lalampa

Makanan Khas Gorontalo
id.tastemade.com

Sekilas, Lalampa memiliki bentuk yang mirip dengan Lemper yang dapat dengan mudah dijumpai di Jawa Tengah. Akan tetapi terdapat perbedaan antara Lalampa dan Lemper. Perbedaan ini terletak pada isiannya dimana Lalampa menggunakan ikan tongkol sebagai isian.

Sementara itu, bahan dasar dalam membuat Lalampa sendiri sama seperti Lemper, yaitu menggunakan beras ketan yang dimasak bersama garam dan santan kelapa.

6. Perkedel Nike

Makanan Khas Gorontalo
3.bp.blogspot.com

Perkedel Nike merupakan kuliner khas Gorontalo dimana bahan dasarnya menggunakan ikan Nike. Jenis ikan ini mirip seperti ikan Teri. Cara pembuatannya sendiri ikan Nike diolah menjadi perkedel dengan diberi bumbu-bumbu khas Gorontalo.

Olahan makanan berupa Perkedel Nike ini sangat populer dijadikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Nah jika kamu berkunjung ke Gorontalo, maka dapat dengan mudah menjumpainya di warung-warung makan yang berada di Gorontalo.

7. Tili Aya

Makanan Khas Gorontalo
i.ytimg.com

Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan tradisional Gorontalo yang wajib dihidangkan pada saat sahur pertama di bulan Ramadhan. Tili Aya terbuat dari gula merah yang diolah dengan santan kelapa dan telur.

Karena menggunakan gula merah, maka kuliner khas yang satu ini memiliki rasa yang manis sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pengganjal perut.

Selain dijadikan menu wajib saat sahur, Tili Aya juga menjadi menu pendamping yang pas untuk menemani kopi atau teh hangat.

8. Bilenthango

Makanan Khas Gorontalo
ksmtour.com

Makanan khas selanjutnya diberi nama Bilenthango, merupakan makanan tradisional khas provinsi yang diberi julukan sebagai Serambi Madinah. Adapun bahan utamanya menggunakan ikan Mujair.

Untuk proses memasaknya ini terbilang cukup unik, yaitu sebelum dimasak, maka ikan akan dibelah dua kemudian diletakkan diatas daun pisang sebelum dibakar atau digoreng sehingga ikan tidak bersentuhan langsung dengan minyak goreng.

Nah jika ikan telah matang, maka selanjutnya ikan disiram menggunakan bumbu rempah sehingga menambah cita rasanya agar semakin sempurna.

9. Sayur Putungo

Makanan Khas Gorontalo
www.liburanih.com

Sayur Putungo merupakan kuliner khas Gorontalo dimana bahan dasarnya menggunakan jantung pisang dan bentuk olahannya mirip seperti sayur lodeh.

Sayur Putungo ini biasanya diolah dengan cara digoreng, ditumis, atau dibuat kuah bersantan layaknya sayur lodeh. Selain dijadikan sebagai lauk, biasanya Sayur Putungo juga dijadikan sebagai menu lalapan pelengkap.

Hidangan khas Bumi Para Sastrawan ini biasanya disantap dengan jagung bakar atau jagung rebus.

10. Duduli

Makanan Khas Gorontalo
cdn.qupas.id

Kalau di Garut terkenal dengan kuliner khasnya berupa Dodol, maka jika kamu berkunjung ke Gorontalo juga dapat menemukan kuliner serupa yang diberi nama Duduli.

Duduli terbuat dari santan, ketan, dan juga gula merah. Sama seperti Dodol Garut, Duduli juga bertekstur kenyal. Terdapat keunikan daripada Duduli khas Gorontalo ini. Keunikannya adalah terletak pada bungkusnya yang menggunakan daun woka.

11. Kue Sabongi

Makanan Khas Gorontalo
cookpad.com

Kue Sabongi dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung yang terdapat di Kota Gorontalo. Sekilas, Kue Sabongi mirip seperti Combro yang terbuat dari singkong sebagai salah satu makanan khas Banyumas.

Meski bahan utamanya sama-sama menggunakan ubi, namun isian kue tradisional Gorontalo ini biasanya berisi pisang raja yang dipotong-potong sehingga memiliki rasa yang cukup unik.

12. Kue Tobu’u

Kue Tobu’u adalah camilan tradisional khas Gorontalo yang berbahan dasar tepung beras, beras pulo, gula pasir, santan kelapa, susu cair, buah nangka yang diiris, vanili, dan pasta pkamun.

Karena dibuat dengan cara dikukus, maka kue tradisional khas Gorontalo ini memiliki tekstur yang legit dan manis sehingga sangat memanjakan lidah.

13. Kue Popululu

Makanan Khas Gorontalo
cookpad.com

Selanjutnya adalah Kue Popululu. Jenis kue khas Gorontalo ini berbahan dasar ubi merah dan berbentuk bola-bola serta memiliki cita rasa yang manis.

Karena memiliki rasa yang manis, maka kue khas Gorontalo ini sangat cocok dijadikan sebagai teman pendamping kopi atau teh dikala pagi dan siang hari.

14. Kue Karawo

Makanan Khas Gorontalo
i.ytimg.com

Meski dikenal dengan nama Kue Kerawang, namun kue ini bukan berasal dari Kabupaten Karawang Jawa Barat, melainkan ini hanya sebatas nama kue yang berasal dari Gorontalo.

Biasanya, Kue Karawo hanya disajikan di saat-saat tertentu saja, seperti misalnya hari raya Idul Fitri, Natal atau acara ulang tahun.

Di Gorontalo, kue ini terbilang cukup populer, sehingga saat ini Kue Karawo telah dimodifikasi dengan berbagai varian rasa seperti rasa coklat, keju, stroberi bahkan rasa kopi pun juga tersedia.

15. Sashimi Tuna

Sebenarnya kuliner yang satu ini lebih identik dengan negara Jepang, meskipun demikian, ternyata Gorontalo juga memiliki kuliner serupa yang diberi nama Sashimi Tuna.

Jika kamu sedang berada di Gorontalo dan penasaran dengan rasanya, maka kamu cukup datang ke warung-warung yang menyediakan olahan seafood. Gorontalo sendiri terkenal sebagai penghasil tuna yang cukup tersohor.

Sama seperti halnya sashimi yang berasal dari Jepang, sashimi khas Gorontalo juga menggunakan daging tuna mentah yang dipadukan dengan sambal dabu-dabu sehingga menciptakan rasa pedas.

Olahan daging ikan mentah ini ternyata sama seperti halnya makanan khas Maluku yang diberi nama Gohu Ikan dimana bahan utamanya juga berasal dari ikan tuna dan ikan cakalang.

16. Saraba

Makanan Khas Gorontalo
vhx.imgix.net

Saraba tergolong ke dalam jenis minuman, meski tergolong ke dalam jenis minuman, namun tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke Gorontalo untuk menikmati minuman khas ini.

Minuman khas Gorontalo ini sangat cocok dinikmati pada malam hari atau pada saat cuaca dingin karena khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh. Nah bagi kamu yang menyukai rasa manis, maka bisa menambahkan gula aren sebagai pelengkapnya.

17. Ilabulo

Makanan Khas Gorontalo
raw.cdn.baca.co.id

Kuliner terakhir khas Gorontalo ini terbuat dari daging ayam dan diberi nama Ilabulo. Ilabulo merupakan kuliner khas Gorontalo yang biasanya dijadikan sebagai lauk pendamping makan siang masyarakat Gorontalo.

Diberi tambahan hati ayam dan ampela, makanan khas yang satu ini juga dimasak bersama pisang sepatu dan sejumlah rempah-rempah serta dibungkus menggunakan daun pisang untuk dibakar hingga matang.

Dipilihnya daun pisang sebagai pembungkus dan rempah-rempah sebagai bumbunya membuat Ilabulo memiliki aroma yang sangat menggoda selera.

Demikianlah 17 makanan khas Gorontalo terpopuler yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke provinsi yang terletak pada Semenanjung Gorontalo di Pulau Sulawesi ini.

Tinggalkan Balasan