Makanan Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas

Makanan Khas Banyumas – Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan wisata alam, budaya dan juga wisata kuliner yang berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah yang lainnya.

Nah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal karena memiliki berbagai kuliner khas bercitarasa nikmat dan banyak diburu oleh para wisatawan adalah kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Salah satu kuliner favorit dari kabupaten yang beribukota di kota Purwokerto ini adalah mendoan. Selain mendoan, ternyata masih banyak lagi kuliner khas Banyumas ini lho.

Baca Juga : Makanan Khas Wonogiri

17 Makanan Khas Banyumas Paling Nikmat dan Cocok Dijadikan Sebagai Oleh-Oleh

Kabupaten Banyumas atau kota Purwokerto sendiri memiliki beberapa julukan seperti kota Satria, kota Pendidikan, kota transit dan beberapa julukan lainnya.

Berbicara tentang kota transit maka pasti memiliki sejumlah olahan makanan khas yang sangat menggugah selera dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Dibawah ini adalah 17 makanan khas Banyumas paling nikmat yang wajib dicoba dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

1. Mendoan

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Kuliner khas yang pertama dan paling terkenal dimana-mana adalah mendoan khas Banyumas. Saking terkenalnya makanan khas yang satu ini, maka kita dapat dengan mudah menjumpainya baik di kota besar atau bahkan didaerah pelosok sekalipun.

Makanan yang tergolong kedalam jenis gorengan ini merupakan jajanan tradisional yang dapat dibuat sendiri dirumah. Hal ini karena dalam cara membuat mendoan terbilang cukup mudah serta bahan yang digunakan pun bisa dengan mudah didapatkan.

Untuk membuat mendoan, kita cukup menyiapkan bahan-bahan seperti tempe, tepung terigu, daun bawang serta beberapa bumbu rempah-rempah.

Caranya adalah cukup baluri tempe yang telah diiris tipis dengan adonan tepung terigu beserta bumbunya. Selanjutnya goreng hingga setengah matang atau teksturnya lembek. Mendoan sangat cocok dimakan dengan tambahan saus kecap atau sekedar dimakan dengan cabe rawit.

2. Getuk Goreng Sokaraja

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: www.inibaru.id

Selain Mendoan, getuk goreng Sokaraja juga merupakan salah satu kuliner khas Banyumas yang juga sudah terkenal dimana-mana. Cara pembuatan getuk goreng Sokaraja berbeda dengan getuk goreng yang berasal dari daerah lain.

Hal ini karena dalam cara membuatnya dibutuhkan dua kali proses. Adapun cara pertama adalah dengan melakukan pengukusan singkong terlebih dahulu. Jika singkong telah matang, maka singkong tersebut kemudian dilumatkan bersamaan dengan gula merah serta dicampur dengan tepung terigu dan juga tepung beras.

Setelah semua bahan dicampurkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat adonan menjadi berbentuk kotak-kotak kecil. Jika telah dibentuk kotak-kotak kecil, maka adonan getuk dapat digoreng hingga berubah warna dan beraroma harum.

Citarasa getuk goreng Sokaraja ini memiliki perpaduan antara rasa manis dan juga gurih sehingga menjadikannya sangat nikmat bila dikonsumsi baik dalam keadaan hangat atau dingin.

Kuliner ini juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Purwokerto, sehingga jika kita berkunjung ke Purwokerto, maka jangan lupa untuk menjadikan getuk goreng Sokaraja sebagai oleh-oleh keluarga dirumah ya!

3. Soto Sokaraja

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: sgp1.digitaloceanspaces.com

Sokaraja merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di kabupaten Banyumas. Selain getuk goreng, ternyata kecamatan ini juga memiliki makanan khas lain yang juga cukup terkenal yaitu Soto Sokaraja.

Soto Sokaraja memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto yang berasal dari daerah lain. Perbedaannya terletak pada cara penyajiannya yang menggunakan ketupat dan juga sambal kacang.

Baca Juga : Makanan Khas Wonosobo

4. Cimplung

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: andumcrita.files.wordpress.com

Cimplung merupakan kuliner khas Banyumas yang berasal dari kata cemplung yang berarti masuk kedalam air. Namun air yang dimaksud adalah bukan air biasa, melainkan air nira dalam pembuatan gula Jawa.

Kuliner Cimplung yang asli pun hanya dapat dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai pembuat gula Jawa. Dalam proses pembuatannya sendiri terbilang mudah yaitu cukup dengan merebus singkong atau umbi-umbian lainnya kedalam rebusan air nira kelapa/badeg.

Karena memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat, maka jika berkunjung Banyumas sebaiknya mencoba makanan khas ini.

5. Tegean

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: www.netsaartvillage.com

Kuliner khas kota Satria ini sangat cocok bila dikonsumsi pada siang hari. Bagi masyarakat Banyumas sendiri tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tegean.

Tegean merupakan sayuran bening khas Banyumas yang berisi berbagai jenis sayuran seperti bayam, sawi, wortel, jagung, kentang, daun bawang, seledri dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Sayuran-sayuran ini dimasak menggunakan bumbu khusus dengan taburan bawang goreng sehingga menjadikan citarasanya semakin lezat. Nah agar rasanya semakin nikmat, maka kita dapat menambahkan irisan daging sapi atau ayam sehingga aromanya semakin menggugah selera.

6. Kraca

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: i2.wp.com

Makanan khas ini sangat mudah dijumpai pada bulan Ramadhan. Maka jika kita berkunjung ke Purwokerto terlebih lagi ketika bulan puasa, cobalah untuk mencicipi makanan khas yang disebut Kraca.

Kraca merupakan kuliner khas yang berbahan dasar keong kecil. Keong ini dapat dengan mudah didapatkan di sawah atau kolam ikan. Cara memasak Kraca ini menggunakan bumbu khas Banyumas seperti bawang, pala, merica, garam dan beberapa bumbu lainnya yang menjadikan citarasanya sangat lezat.

7. Buntil

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: www.inibaru.id

Buntil adalah salah satu kudapan khas Banyumas yang terbuat dari daun talas, daun singkong atau daun pepaya. Dalam membuat kudapan yang satu ini memerlukan kehati-hatian yang ekstra karena daun talas dapat mengakibatkan rasa gatal jika dikonsumsi.

Bahan untuk membuat Buntil adalah parutan kelapa muda yang telah diberi bumbu kemudian digulung lalu diikat menggunakan tali yang terbuat dari bambu.

Agar makin sempurna, maka dapat menambahkan teri, cabe, bawang, udang rebon dan sejumlah bumbu lainnya kedalam ampas kelapa muda. Setelah semua bumbu disatukan, selanjutnya adalah memasak dengan cara dikukus hingga matang.

Sedangkan untuk penyajiannya sendiri dapat disiram dengan kuah santan bumbu pedas dengan cabe rawit yang masih utuh.

8. Kluban

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: live.staticflickr.com

Selain Buntil, Kluban juga merupakan kuliner khas Banyumas yang berisi sayuran yang telah diberi tambahan parutan kelapa yang sudah dibumbui dan juga diberi sambal. Kluban memiliki tampilan seperti urap. Hal yang membedakannya adalah urap memiliki parutan kelapa yang dimasak terlebih dahulu, sedangkan Kluban tidak.

9. Combro atau Ondol

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: truffle-assets.imgix.net

Combro merupakan kuliner khas Banyumas yang berbahan dasar singkong yang telah diparut kemudian diperas hingga kandungan airnya berkurang. Setelah itu beri adonan singkong dengan bumbu khusus.

Setelah bumbu/adonan siap, maka selanjutnya adalah membuat bulatan-bulatan seperti bakso kemudian goreng menggunakan minyak panas. Ondol memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Salah satu daerah di Banyumas yang terkenal akan Ondolnya yang sangat nikmat adalah desa Panusupan dusun Sabrang Kidul kecamatan Cilongok.

10. Cenil

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Cenil merupakan jajanan pasar khas Banyumas yang terbuat dari singkong dan tepung kanji yang diberi taburan parutan kelapa dan juga gula pasir. Umumnya Cenil dibuat dengan menambahkan campuran pewarna makanan agar tampilannya warna-warni sehingga terlihat lebih menarik.

11. Kripik Tempe

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: i.pinimg.com

Kuliner khas yang satu ini sangat terkenal dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Purwokerto. Meski terlihat sama seperti Kripik yang lainnya, namun sebenarnya keripik tempe khas Purwokerto cukup spesial jika dibandingkan dengan Kripik yang berasal dari daerah lain.

Hal ini karena ia memiliki citarasa yang sangat gurih dan nikmat baik dimakan langsung atau dijadikan sebagai teman memakan nasi. Saat ini, Kripik tempe khas Purwokerto sudah dijual dimana-mana sehingga mudah untuk mendapatkannya.

12. Jenang Jaket

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: pbs.twimg.com

Jenang Jaket merupakan jajanan khas Purwokerto yang hampir selalu ada dalam acara pernikahan. Di Purwokerto sendiri terdapat satu tempat yang terkenal sebagai daerah penghasil Jenang Jaket, yaitu daerah Mersi. Citarasa Jenang Jaket ini memiliki perpaduan antara rasa manis yang berasal dari gula Jawa, santan kelapa dan beras ketan.

Selain memiliki rasa yang nikmat, Jenang Jaket juga memiliki kekhasan tersendiri dimana dalam pengemasannya biasanya Jenang Jaket diiris kecil-kecil kemudian dibungkus menggunakan plastik atau kertas sehingga dapat dimakan sekali suap.

13. Jalabia

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: pbs.twimg

Makanan khas Purwokerto lainnya yang terbuat dari singkong adalah Jalabia. Kuliner khas ini berbentuk seperti donat serta dibuat dengan cara digoreng.

Meskipun tidak ada citarasa yang menonjol, namun kuliner khas ini dapat menjadi teman yang pas untuk bersantai pada pagi atau sore hari dengan teh atau kopi hangat.

14. Intil

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Intil merupakan makanan khas yang terbuat dari ketela pohon. Adapun dalam cara membuatnya terbilang cukup mudah, yaitu singkong diparut halus kemudian dilanjutkan dengan proses pemerasan.

Nah hasil dari parutan singkong ini kemudian dicampur dengan gula Jawa dan beberapa bumbu lainnya sehingga membuat makanan khas yang bernama Intil ini memiliki citarasa yang nikmat.

15. Lanting

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Lanting menjadi makanan khas Purwokerto selanjutnya yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Sama halnya dengan Kripik tempe, Lanting juga sudah banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia.

Ciri khas makanan yang satu ini berbentuk seperti angka delapan atau lingkaran-lingkaran kecil. Serupa seperti Intil, Lanting juga terbuat dari singkong dimana rasa dominan pada Lanting ini adalah asin dan gurih. Karena begitu banyak peminatnya, saat ini sudah banyak varian rasa seperti rasa keju, balado dan pedas.

16. Dage

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: www.infomakan.com

Dage merupakan varian tempe yang diberi tambahan ampas kelapa untuk selanjutnya digumpalkan dan juga dijamurkan. Selain dapat digoreng seperti mendoan, dage juga dapat dijadikan sebagai oseng dengan campuran kecambah dan cabe merah atau hijau.

17. Nopia atau Mino

Makanan Khas Banyumas
Sumber Gambar: i2.wp.com

Nopia atau Mino menjadi kuliner khas Banyumas terakhir yang berbentuk lonjong seperti telur ayam. Ciri dari makanan khas ini berwarna putih pada bagian luar serta didalamnya memiliki isian gula merah, coklat, durian dan juga pandan.

Selain beberapa varian rasa tersebut, saat ini juga ada lho Nopia dengan citarasa bawang merah sehingga membuatnya menjadi makanan khas yang dapat dipilih menjadi oleh-oleh. Sekedar informasi, baik itu Nopia atau Mino merupakan makanan khas yang sejenis, bedanya hanya terletak pada ukurannya saja.

Demikianlah 17 makanan khas Banyumas paling nikmat dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Satria. Meskipun sebagian besar kuliner khas Banyumas ini berbahan dasar singkong, namun soal rasa tidak diragukan lagi! Sebenarnya masih banyak kuliner nikmat khas Banyumas ini, maka dari itu, mari kita berkunjung ke Purwokerto ya agar dapat menikmati kuliner lezat yang lainnya.

Tinggalkan Balasan