Oleh-oleh Khas Pekanbaru

Oleh-oleh Khas Pekanbaru – Pekanbaru merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Riau. Kota ini menyimpan cukup banyak potensi wisata yang cukup seru untuk dikunjungi. Di Provinsi Riau, Pekanbaru merupakan salah satu kota yang sangat maju dan berkembang.

Berbagai moda transportasi yang terdapat di kota ini menjadikan banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara menjadikan Kota Pekanbaru sebagai salah satu destinasi wisata utama di Provinsi Riau.

Nah, jika berkunjung ke Kota Pekanbaru, maka kamu tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas kota ini bukan?

Karena Pekanbaru mempunyai berbagai kuliner khas yang dapat dijadikan sebagai buah tangan seperti halnya makanan khas Temanggung, maka ada baiknya kamu mengetahui oleh-oleh khas Pekanbaru apa saja yang populer dan paling banyak diminati oleh para wisatawan.

11 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Terpopuler dan Paling Banyak Diminati

Selain menjadi kota terbesar di Provinsi Riau dan menjadi salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra, ternyata Kota Pekanbaru juga mempunyai segudang kuliner yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Beberapa makanan khasnya bahkan dijadikan sebagai pilihan utama para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Nah bagi kamu yang akan berkunjung ke Pekanbaru namun belum mengetahui makanan khas apa saja yang dapat dijadikan sebagai buah tangan, berikut akan kami jelaskan mengenai 11 oleh-oleh khas Pekanbaru terpopuler dan paling banyak diminati oleh para wisatawan.

1. Bolu Kemojo

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
www.befreetour.com

Kuliner pertama yang dapat dijadikan sebagai buah tangan khas Pekanbaru adalah bolu kemojo. Kue khas Pekanbaru ini dapat dengan mudah dijumpai di Kota Pekanbaru.

Memiliki tekstur yang lembut layaknya bolu pada umumnya menjadikan bolu kemojo banyak diminati baik oleh para wisatawan lokal atau mancanegara yang berkunjung ke Pekanbaru.

Selain itu, bolu kemojo juga dijadikan sebagai ikon kuliner khas Pekanbaru yang wajib kamu cicipi dan jadikan sebagai buah tangan. Di Pekanbaru, bolu kemojo sudah populer sejak 15 tahun yang lalu sehingga tak heran jika saat ini namanya kian tersohor.

Meski memiliki rasa yang lembut, bolu kemojo juga mempunyai aroma pandan yang cukup kuat sehingga menjadikan bolu ini mempunyai rasa yang sangat lezat.

2. Viz Cake

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
1.bp.blogspot.com

Viz Cake merupakan toko oleh-oleh khas Pekanbaru yang menyediakan berbagai olahan kue khas Kota Pekanbaru. Disini kamu dapat menemukan berbagai olahan kue yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Nah salah satunya yang paling terkenal adalah bolu durian keju.

Bolu durian keju dibuat khusus untuk memuaskan kamu yang sangat menyukai buah durian namun dalam bentuk yang berbeda.

Bagi kamu yang tidak begitu menyukai aroma durian yang sangat menyengat, maka bolu durian keju dapat menjadi alternatif makanan yang wajib untuk dicicipi dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Lempuk Durian

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
dolanyok.com

Lempuk durian merupakan kuliner khas Riau yang terbuat dari buah durian. Cara membuatnya sendiri mirip seperti membuat dodol yang berada di Jawa.

Rasa manis dan gurih yang dipadukan dengan aroma buah durian menjadikan cita rasanya semakin nikmat. Karena berbentuk seperti dodol, maka lempuk durian dapat dijadikan pilihan untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Salah satu lempuk durian yang paling populer adalah lempuk durian yang berasal dari Bengkalis. Bengkalis sendiri merupakan daerah yang terkenal sebagai salah satu penghasil durian terbanyak.

Meski merupakan salah satu kuliner yang dijadikan sebagai salah satu buah tangan khas Pekanbaru, lempuk durian juga merupakan makanan khas Bengkulu.

4. Keripik Nanas

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
api.omiyago.com

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, nanas diolah menjadi manisan, rujak, es campur atau diambil sarinya untuk dijadikan sebagai minuman.

Namun jika kamu berkunjung ke Pekanbaru, maka kamu dapat menjumpai buah nanas yang diolah menjadi keripik. Sama seperti halnya keripik tempe sebagai makanan khas Banyumas, keripik nanas juga memiliki tekstur yang tipis, renyah, dan juga kering.

Didalam membuat keripik nanas ini menggunakan berbagai bumbu rempah-rempah khas Nusantara sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

Proses pembuatan keripik nanas ini mula-mula dengan melakukan pengupasan buah nanas terlebih dahulu, selanjutnya iris tipis-tipis, rebus, jemur hingga kering lalu lumuri dengan bumbu rempah-rempah hingga pada akhirnya goreng buah nanas hingga matang dan kering.

Karena menjadi makanan khas yang unik, maka kamu wajib menjadikan keripik nanas sebagai buah tangan khas Kota Pekanbaru.

5. Roti Jala

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
www.plated.asia

Kue khas Pekanbaru ini mempunyai bentuk seperti jala ikan sehingga diberi nama roti jala. Kamu dapat menemukan kue unik ini di berbagai sudut di Kota Pekanbaru.

Biasanya masyarakat sekitar di dalam menikmati kue jala ini diberi tambahan kuah yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti durian dan kari. Meskipun demikian, roti jala juga dapat dijadikan alternatif sebagai oleh-oleh khas kota terbesar di Provinsi Riau ini.

6. Kacang Pukul

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
api.omiyago.com

Sekilas, camilan khas Pekanbaru ini mirip seperti ting-ting yang berada di Jawa, hal ini karena bahan dalam pembuatannya sama-sama menggunakan kacang tanah. Camilan ini diberi nama kacang pukul.

Sama seperti halnya ting-ting khas Jawa, kacang pukul juga memiliki rasa manis dan bertekstur renyah sehingga membuat ketagihan bagi siapa saja yang menikmatinya.

Jika kamu sedang berkunjung ke Pekanbaru, maka kacang pukul bisa didapatkan di toko oleh-oleh Pekanbaru. Disana, kamu dapat menemukan berbagai olahan kacang pukul, namun kacang pukul yang paling populer adalah kacang pukul yang berasal dari Kota Bagansiapiapi.

7. Dodol Kedondong

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
4.bp.blogspot.com

Pada umumnya, buah kedondong dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat rujak. Ini karena buah kedondong memiliki rasa yang cukup unik, yaitu perpaduan antara rasa manis, gurih, dan asam.

Namun apabila kamu berkunjung ke Pekanbaru, maka kamu dapat menemukan buah kedondong yang diolah menjadi dodol.

Karena menggunakan buah kedondong sebagai salah satu bahan dasarnya, maka dodol kedondong ini memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam sebagai ciri khas dari buah kedondong itu sendiri.

Dengan perpaduan rasa yang unik, menjadikan dodol kedondong sangat diminati oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan khas Pekanbaru.

8. Pastel Ikan Patin

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
www.piknikdong.com

Jika biasanya pastel berisi daging ayam dan sayuran, maka jika kamu berkunjung ke Pekanbaru, kamu dapat menemukan pastel dengan isian daging ikan patin.

Di Pekanbaru sendiri populasi ikan patin terbilang cukup banyak dan menjadi salah satu unggulan sehingga banyak masyarakatnya yang memanfaatkan ikan patin untuk dijadikan sebagai isian pastel.

Oleh-oleh yang berasal dari Pekanbaru ini memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Cita rasa istimewa ini berasal dari ikan patin yang diberi bumbu khusus dan diolah dengan cara yang benar membuat pastel khas Pekanbaru wajib dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

Keunggulan lainnya dari pastel ikan patin ini selain memiliki rasa yang istimewa, makanan khas berupa pastel isian ikan patin juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh.

9. Salai Ikan Patin

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
4.bp.blogspot.com

Ternyata selain pastel ikan patin, masyarakat Pekanbaru juga mengolah ikan patin untuk dijadikan sebagai makanan khas yang sangat nikmnat, yaitu salai ikan patin.

Saking populernya kuliner yang satu ini, bahkan saat ini salai ikan patin dijadikan sebagai salah satu makanan khas untuk diekspor ke luar negeri.

Dipilihnya menjadi produk olahan ikan patin karena dengan diolah menjadi salai, maka ikan patin menjadi lebih tahan lama dan mampu mempertahankan cita rasa dan teksturnya sehingga kandungan-kandungan gizi yang terdapat di dalamnya pun tidak hilang begitu saja.

10. Lopek Bugi

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
c.kaskus.id

Sebenarnya lopek bugi merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kampar, Riau. Namun jika kamu berkunjung ke Pekanbaru, maka kamu juga dapat menemukan makanan ringan yang terbuat dari beras ketan ini.

Lopek mempunyai makna lepat dan bugi adalah sebutan dari warga sekitar untuk beras ketan yang ditumbuk, maka jika digabungkan lopek bugi adalah lepat yang terbuat dari beras ketan yang telah ditumbuk halus untuk selanjutnya dikukus dan dikemas menggunakan daun pisang.

Perpaduan rasa manis dan legit pada lopek bugi membuat makanan khas yang berasal dari Provinsi Riau ini menjadi semakin istimewa.

11. Kue Bangkit

Oleh-oleh Khas Pekanbaru
wikimedia.org

Kue khas Pekanbaru ini memiliki ukuran kecil, terbuat dari sagu, serta banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan, nah kue ini diberi nama kue bangkit.

Masyarakat Pekanbaru biasanya menjadikan kue bangkit sebagai salah satu hidangan wajib pada saat hari raya Idul Fitri. Meskipun demikian, saat ini kue bangkit dapat dengan mudah dijumpai di Kota Pekanbaru meskipun di luar hari raya.

Makanan ringan kue bangkit ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dijadikan sebagai buah tangan khas Pekanbaru. Dibuat dengan menggunakan oven tradisional menjadikan kue bangkit memiliki aroma khas yang sangat istimewa.

Kebanyakan kuliner khas Pekanbaru ini berupa olahan kue atau makanan ringan yang dapat bertahan lama sehingga sangat cocok bila dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

Selain itu, sebagian besar makanan khasnya ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga tidak membuat kantong kering.

Demikianlah 11 oleh-oleh khas Pekanbaru terpopuler dan paling banyak diminati oleh para wisatawan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar