Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra. Provinsi ini menyimpan begitu banyak kekayaan baik kekayaan alam, suku, budaya dan juga kekayaan kuliner.

Salah satu daya tarik tersendiri yang menjadikan provinsi yang beribukota di Kota Bengkulu ini sangat terkenal adalah karena memiliki bunga terbesar di dunia, yaitu Padma Raksasa atau lebih dikenal dengan nama bunga Raflfesia Arnoldii.

Namun selain memiliki kekayaan alam yang tiada duanya ini, ternyata Bengkulu juga terkenal karena memiliki kuliner khas yang bercita rasa lezat lho seperti halnya makanan khas Minangkabau.

13 Makanan Khas Bengkulu yang Terkenal Lezat dan Wajib Dicoba

Di provinsi ini, kalian dapat menjumpai berbagai makanan khas yang memiliki rasa sangat lezat. Penasaran, kuliner khas Bengkulu apa saja yang dimaksud? Berikut adalah 13 makanan khas Bengkulu yang terkenal lezat dan wajib dicoba.

1. Gulai Kemba’ang

Makanan Khas Bengkulu
i.ytimg.com

Gulai merupakan salah satu makanan lezat khas Indonesia yang banyak digemari oleh semua kalangan. Nah, salah satu olahan gulai yang bercita rasa sangat lezat adalah Gulai Kemba’ang yang berasal dari Bengkulu.

Bahan utama dalam membuat Gulai Kemba’ang adalah menggunakan iga sapi dan daging sapi. Karena makanan khas ini memiliki rasa yang sangat lezat, maka masyarakat Bengkulu sering menjadikan Gulai Kemba’ang sebagai menu utama untuk acara-acara tertentu.

Didalam Gulai Kemba’ang, biasanya juga diberi tambahan daun pakis sehingga memberikan rasa yang unik dan berbeda dengan gulai pada umumnya.

2. Tempoyak Ikan Patin

Makanan Khas Bengkulu
www.tokomesin.com

Biasanya buah durian dinikmati secara langsung atau dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman. Tapi jika kalian berkunjung ke Bengkulu, maka akan dapat menjumpai buah durian yang diolah menjadi kuliner khas yang diberi nama Tempoyak Ikan Patin.

Meski terdengar aneh, namun ternyata makanan khas ini memiliki rasa yang sangat lezat lho! Nah, masyarakat Bengkulu biasanya menjadikan Tempoyak sebagai bumbu untuk mengolah ikan patin.

Untuk proses pembuatan Tempoyak ini adalah dari hasil fermentasi yang kemudian dicampur dengan ikan patin segar sehingga menciptakan citarasa yang sempurna.

3. Lema

Makanan Khas Bengkulu
osccdn.medcom.id

Salah satu suku yang terdapat di Pulau Sumatra adalah Suku Rejang. Suku ini mendiami sebagian wilayah Sumatra, termasuk Bengkulu Utara. Suku Rejang mempunyai kuliner khas yang dikenal dengan nama Lema yang hingga saat ini dianggap sebagai kuliner khas Kota Bengkulu.

Lema merupakan olahan makanan yang mirip dengan Tempoyak karena sama-sama diolah dengan cara difermentasi.

Bedanya adalah Lema menggunakan rebung cincang yang dicampur dengan ikan sepat atau mujair. Bahan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang ditutup rapat. Proses fermentasi ini dilakukan kurang lebih selama tiga hari.

Meski Lema memiliki aroma yang kurang sedap, namun rasa dari makanan khas yang satu ini mampu membuat ketagihan bagi siapa saja yang baru pertama kali mencobanya.

4. Bagar Hiu

Makanan Khas Bengkulu
dolanyok.com

Di Indonesia, olahan daging ikan hiu terbilang tidak begitu populer bahkan belum begitu banyak orang yang mengetahui bahwa daging ikan hiu dapat dijadikan sebagai kuliner yang sangat nikmat.

Namun jika kalian berkunjung ke Provinsi Bengkulu, maka kalian dapat menemukan olahan daging ikan hiu yang diberi nama Bagar Hiu. Berbeda dengan jenis ikan lainnya, kuliner yang diberi nama Bagar Hiu ternyata memiliki daging yang sama sekali tidak berbau amis.

Ini karena masyarakat Bengkulu hanya menggunakan daging ikan hiu jenis punai. Sekedar informasi, ternyata Bagar Hiu pernah menjadi makanan favorit Presiden Soekarno lho! Hal ini terjadi ketika Presiden pertama RI ini diasingkan di Bengkulu sekitar tahun 1938 hingga 1942.

Inilah yang menjadikan kuliner khas yang satu ini sangat terkenal di Bengkulu dan sekitarnya.

5. Bolu Koja

Makanan Khas Bengkulu
assets.rkb.id

Bolu Koja merupakan olahan kue khas Bengkulu yang memiliki rasa sangat enak, bertekstur sangat lembut bak seperti brownies. Bahkan kelembutan dari Bolu Koja ini sangat terasa di lidah. Tekstur lembut ini berasal dari penggunaan agar-agar di dalam pembuatannya.

Kue khas Bengkulu ini memiliki warna dominan hijau yang berasal dari penggunaan daun suji dan juga daun pandan. Dalam penyajiannya sendiri, Bolu Koja biasanya disajikan dengan tambahan topping parutan keju atau meises diatasnya sehingga membuat tampilannya lebih menarik.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Utara

6. Kue Tat

Makanan Khas Bengkulu
cf.shopee.co.id

Kue Tat tergolong ke dalam makanan mewah, hal ini karena dahulu kue ini hanya disajikan untuk Raja dan juga kalangan orang-orang tertentu saja.

Akan tetapi saat ini Kue Tat dapat dinikmati oleh siapa saja karena sekarang Kue Tat sudah banyak dijual di toko kue atau oleh-oleh khas Bengkulu. Selain itu, masyarakat Bengkulu juga menjadikan Kue Tat sebagai sajian wajib di hari raya Idul Fitri.

Pada umumnya, Kue Tat disajikan dalam ukuran kecil seperti halnya biskuit serta biasa dikenal dengan nama Kue Anak Tat. Adapun untuk rasanya sendiri Kue Tat memiliki perpaduan rasa gurih, manis dan juga empuk sehingga membuat mulut tidak bisa berhenti mengunyah.

7. Pendap

Makanan Khas Bengkulu
kumparan.com

Kuliner khas selanjutnya yang wajib dicoba jika berkunjung ke Bengkulu adalah Pendap. Pendap merupakan kuliner tradisional Bengkulu dimana bahan dasarnya berasal dari ikan yang dikombinasikan dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kencur, cabe giling, dan kelapa parut.

Biasanya Pendap dibungkus menggunakan daun talas serta sangat cocok bila dijadikan sebagai lauk nasi putih hangat.

8. Kue Lepek Binti

Makanan Khas Bengkulu
beritagar.id

Sekilas, jajanan pasar khas Bengkulu ini mirip seperti kue Nagasari. Meski terlihat mirip, namun ternyata Kue Lepek Binti khas Bengkulu ini memiliki perbedaan yang terletak pada bahan dasarnya.

Kue Lepek Binti terbuat dari tepung ketan, santan, daun salam, garam, dan beberapa bumbu lainnya. Nah, jika kalian sedang berada di Bengkulu, maka bisa mendapatkan Kue Lepek Binti ini di penjual keliling atau pasar-pasar tradisional.

9. Kembang Goyang

Makanan Khas Bengkulu
banjarbaruweb.com

Jenis kuliner khas yang satu ini merupakan camilan wajib dicoba jika kalian berkunjung ke Provinsi Bengkulu, pasalnya Kembang Goyang menjadi primadonanya camilan masyarakat Bengkulu.

Seperti namanya, Kembang Goyang memiliki bentuk mirip seperti bunga. Dengan bentuk yang unik ini menjadikan siapa saja yang melihatnya ingin terus menikmatinya tanpa henti.

Selain itu, terdapat keunikan lainnya yang terletak pada proses pembuatannya, yaitu ketika digoreng maka adonannya harus digoyang. Sebab itulah kenapa makanan khas ini diberi nama Kembang Goyang.

Terkait rasa yang dimiliki oleh Kembang Goyang sendiri terbilang bervariasi, ada yang manis dan juga tawar tapi yang pasti memiliki rasa yang sangat gurih. Kembang Goyang juga menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu.

10. Lemang Tapai

Makanan Khas Bengkulu
lh3.googleusercontent.com

Kuliner tradisional khas Bengkulu selanjutnya diberi nama Lemang Tapai. Lemang Tapai terbuat dari beras ketan dan santan. Cara pembuatannya sendiri, Lemang terlebih dahulu dibakar di atas bara api dan dimasukkan ke dalam ruas bambu muda.

Setelah itu, tambahkan juga tapai ketan hitam sebagai pelengkapnya. Agar semakin nikmat, maka dapat menambahkan buah durian. Soal rasa, Lemang Tapai memiliki rasa yang sangat gurih dan legit sehingga membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan.

11. Manisan Terong

Makanan Khas Bengkulu
4.bp.blogspot.com

Kalau kebanyakan manisan terbuat dari buah-buahan, namun jika kalian ke Bengkulu, maka akan dapat menemukan manisan yang terbuat dari terong.

Manisan Terong mempunyai rasa yang legit dan manis yang dijamin membuat lidahmu terus bergoyang. Sama seperti halnya Kembang Goyang, Manisan Terong juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu.

12. Lempuk Durian

Makanan Khas Bengkulu
dolanyok.com

Provinsi Bengkulu terkenal sebagai surganya durian. Selain dapat dinikmati langsung, masyarakat Bengkulu juga mengolah buah durian menjadi kuliner khas yang sangat nikmat, yaitu Lempuk Durian.

Lempuk Durian merupakan kuliner khas Bengkulu yang mirip seperti dodol namun berbahan dasar buah durian dan tepung gandum. Olahan makanan yang mirip seperti dodol ini dapat kalian jumpai di Bengkulu, tepatnya di jalan Soekarno Hatta.

Baca Juga : Makanan Khas Kediri

13. Mie Terbang

Makanan Khas Bengkulu
stefkurniadi.weebly.com

Kuliner khas Bengkulu terakhir ini pertama kali dicetukan oleh Salman. Beliau adalah pemilik Rumah Makan Kekinian di jalan Rafflesia, Bengkulu. Karena memiliki bentuk yang unik maka menjadikannya sangat ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal atau luar daerah.

Sesuai dengan namanya, mie ini disajikan di atas mangkok dan di atur seolah-olah terbang. Akan tetapi ternyata terdapat trik sehingga dapat membuat mie ini bisa terbang.

Mie Terbang Salman ini mempunyai rasa yang lezat serta terkenal karena kepedasannya. Tingkat kepedasannya ini dapat diatur hingga level lima. Biasanya mie terbang disajikan bersama telur, irisan timun, tomat dan kerupuk.

Itulah 13 makanan khas Bengkulu yang terkenal lezat dan wajib dicoba. Semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang akan berkunjung kesana.

Tinggalkan Balasan