Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak – Pontianak merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia sekaligus menjadi ibukota Kalimantan Barat yang didalamnya terdapat tugu khatulistiwa.

Adanya tugu khatulistiwa di kota ini bukan lain adalah karena Pontianak merupakan kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga kota ini juga diberi julukan sebagai Kota Khatulistiwa.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak para pelancong yang ingin melihat secara langsung tugu nan unik ini. Namun Kota Pontianak juga tidak hanya terkenal karena memiliki tugu khatulistiwa saja, melainkan kota ini juga terkenal karena memiliki banyak kuliner lezat yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung kesana.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Tengah

13 Makanan Khas Pontianak Terfavorit yang Banyak Diburu Oleh Para Pelancong

Kekayaan kuliner Nusantara memang sudah tidak diragukan lagi. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas kuliner yang menggambarkan darimana makanan tersebut berasal. Seperti misalnya makanan khas Banten.

Tidak kalah dengan provinsi Banten, Kalimantan Barat juga memiliki berbagai kuliner khas yang tersebar di kabupaten/kota yang termasuk ke dalam wilayahnya.

Dari sekian banyak wilayah di Kalimantan Barat yang memiliki kuliner khas yang bercitarasa nikmat, Pontianak merupakan salah satu kota di provinsi ini yang memiliki banyak makanan yang tentunya dapat memanjakan lidah bagi kalian para pecinta wisata kuliner.

Berikut adalah daftar 13 makanan khas kota Pontianak yang paling banyak diburu oleh para pelancong karena terkenal akan kelezatannya.

1. Pengkang

Makanan Khas Pontianak
1.bp.blogspot.com

Pengkang menjadi kuliner khas Kota Khatulistiwa pertama yang banyak diburu oleh wisatawan. Makanan khas yang satu ini berbahan dasar beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang bersama ebi kemudian dibakar.

Dipilih daun pisang untuk membungkus Pengkang bertujuan agar ketika dibakar dapat mengeluarkan aroma yang menggoda. Pada umumnya, Pengkang disajikan bersama sambal kerang sehingga menjadikan kuliner khas yang satu ini menjadi semakin sempurna.

2. Jorong-Jorong Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak
blue.kumparan.com

Selanjutnya adalah jorong-jorong. Sebenarnya kuliner khas ini berasal dari Kabupaten Ketapang namun dapat dijumpai di Kota Pontianak. Nah jika kamu ingin mencoba makanan khas ini, sebaiknya berkunjung ke Pontianak tepat pada saat bulan Ramadhan tiba.

Hal ini karena jorong-jorong hanya dijual pada saat bulan Ramadhan saja. Alasan dijual di bulan Ramadhan adalah karena dalam membuat jorong-jorong terbilang cukup rumit dan tidak semua orang dapat membuat kuliner jorong-jorong.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat jorong-jorong adalah tepung beras dan juga santan murni. Biasanya jorong-jorong disajikan menggunakan daun pisang kemudian diberi gula merah cair diatasnya agar menambah citarasanya sehingga semakin nikmat.

Sehingga sangat direkomendasikan kuliner kue basah yang satu ini untuk dijadikan sebagai menu takjil berbuka puasa.

3. Burung Punai Goreng

Makanan Khas Pontianak
4.bp.blogspot.com

Punai merupakan sejenis burung yang mirip dengan burung merpati. Ia memiliki warna bulu hijau dengan paruh yang berwarna kemerahan. Populasi burung ini di Pontianak terbilang cukup banyak dan sangat mudah ditemukan sehingga banyak orang yang menangkapnya untuk kemudian mengolahnya menjadi makanan yang nikmat.

Bahkan kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas yang paling terkenal di Kota Pontianak. Biasanya burung punai disajikan dengan cara dibakar atau digoreng.

Jenis burung yang satu ini memiliki tekstur daging yang lembut dengan rasa gurih yang meresap hingga ke dalam dagingnya sehingga sangat memanjakan lidah bagi siapa saja yang menyantapnya.

4. Kue Kantong Semar

Makanan Khas Pontianak
polisitidur.com

Kue ini diberi nama kue kantong semar karena dibuat dan disajikan menggunakan kantong semar sebagai bungkusnya. Kuliner yang satu ini terbilang cukup unik karena bunga kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman yang dilindungi di Indonesia.

Biasanya kue ini dapat dengan mudah dijumpai pada saat acara-acara khusus, seperti acara daerah atau acara kenegaraan. Bahan yang diisikan ke dalam kantong semar ini adalah berupa beras pulut yang telah dicampur dengan kacang merah lalu kemudian dikukus.

5. Sotong Pangkong

Makanan Khas Pontianak
thetanjungpuratimes.com

Jika kamu berkunjung ke Kota Khatulistiwa maka salah satu kuliner khas yang wajib dicoba adalah Sotong Pangkong. Sotong Pangkong merupakan kuliner khas Pontianak dimana dalam cara pembuatannya terbilang cukup sederhana.

Cara memasaknya adalah dengan cara dipanggang. Namun sebelum dipanggang, sotong atau cumi ini dijemur terlebih dahulu hingga kering. Setelah dijemur, barulah sotong dipanggang hingga matang.

Selanjutnya adalah sotong dipukul-pukul agar memperoleh daging yang empuk dan tidak alot ketika dimakan. Sotong Pangkong biasanya dinikmati dengan tambahan kuah sambal kacang atau dapat juga dengan menggunakan sambal pedas manis.

6. Bubur Pedas Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak
miro.medium.com

Sebenarnya bubur dapat dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Namun terdapat bubur khas yang identik dengan kota Pontianak. Ya, inilah bubur pedas khas Pontianak.

Bubur ini terbuat dari berbagai bumbu rempah-rempah seperti daun kesum, daun pakis, dan beberapa jenis sayuran yang lainnya. Untuk rasanya sendiri dijamin akan membuat kamu ketagihan sehingga ingin mencobanya kembali.

Selain itu, bubur khas Kota Khatulistiwa juga ditaburi teri dan kacang goreng diatasnya sehingga membuat jiwa kulinermu semakin meronta-ronta!

7. Kue Bingke Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak
pontibonticake.com

Kue Bingke khas Pontianak memiliki tekstur lembut dan bercitarasa manis. Kini kue Bingke telah dikembangkan menjadi beberapa varian rasa mulai dari kacang ijo, cokelat, durian, susu, keju dan berbagai varian rasa lainnya sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

8. Kiam Ko Kwe

Makanan Khas Pontianak
foodnesia.net

Kuliner khas Pontianak juga merupakan salah satu kuliner dengan campuran budaya lokal dan juga budaya Tionghoa. Salah satu kuliner khas Pontianak dengan campuran budaya Tionghoa adalah Kiam Ko Kwe.

Kiam Ko Kwe dibuat dari bahan tepung beras yang disajikan dengan taburan daging ayam cincang sehingga memiliki rasa yang gurih dan lezat.

9. Lek Tau Suan

Makanan Khas Pontianak
tfamanasek.com

Ada lagi kuliner khas Pontianak yang dipengaruhi budaya China, yaitu Lek Tau Suan. Kuliner khas ini merupakan olahan kacang hijau yang dimasak dalam kuah kental. Kuah kental tersebut terbuat dari tepung tapioka, gula pasir, dan daun pandan.

Cara penyajiannya sendiri potongan cakwe garing ditaruh diatasnya. Lek Tau Suan sangat nikmat disantap ketika masih hangat.

10. Che Hun Tiau

Makanan Khas Pontianak
pbs.twimg.com

Meski dilihat dari namanya identik dengan makanan khas Tionghoa, namun kuliner khas Pontianak ini sebenarnya sama seperti es cendol.

Ini karena Che Hun Tiau terbuat dari cendol khas Pontianak yang dicampur dengan cincau, ketan hitam, kacang merah, kuah santan, gula merah, dan bongko.

Jika berkunjung ke Pontianak dan kamu tertarik untuk mencoba kuliner khas ini, maka cobalah untuk singgah sejenak di Jalan W.R Supratman di kota Pontianak. Disana kamu dapat dengan mudah menemukan penjual yang menjajakan kuliner khas ini.

11. Chai Kwe

Makanan Khas Pontianak
i.pinimg.com

Chai Kwe juga merupakan kuliner khas Pontianak yang berasal dari hasil akulturasi budaya Tionghoa.

Kuliner yang satu ini tergolong ke dalam makanan ringan yang terbuat dari tumisan sayur seperti kedelai, bengkoang, kucai, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung beras.

Meski kebanyakan Chai Kwe disajikan dengan cara di kukus, namun kamu juga dapat menjumpai Chai Kwe yang disajikan dengan cara digoreng.

12. Pisang Goreng Srikaya

Makanan Khas Pontianak
polisitidur.com

Pisang goreng dapat dengan mudah ditemukan di mana saja termasuk dapat dibuat di rumah sendiri seperti halnya mendoan makanan khas Banyumas yang juga dapat dengan mudah dijumpai dimana-mana.

Akan tetapi jika kamu berkunjung ke kota Pontianak, maka dapat menjumpai olahan pisang goreng yang berbeda dengan daerah lain.

Hal ini karena dalam pembuatannya, pisang goreng khas Pontianak dibuat dengan menggunakan pisang nipah yang hanya dapat tumbuh di Pontianak saja.

Karena menjadi kuliner khas kota Pontianak, maka jika berkunjung ke Pontianak kamu wajib untuk mencoba pisang goreng yang memiliki rasa yang sangat nikmat ini. Selain itu, pisang goreng Pontianak juga terkenal karena berbeda dalam penyajiannya.

Pisang goreng Pontianak umumnya disajikan bersama selai srikaya yang terbuat dari buah srikaya dan telur. Inilah yang menjadi alasan pisang goreng khas Pontianak diberi nama pisang goreng srikaya.

13. Es Krim Petrus

Makanan Khas Pontianak
kooliner.com

Kuliner khas Pontianak terakhir yang tidak kalah nikmat dengan kuliner khas lainnya adalah es krim Petrus. Sesuai dengan namanya, es krim ini dijual di depan sekolah Santo Petrus.

Seperti halnya es krim lainnya, es krim Petrus juga sangat cocok dijadikan sebagai dessert. Es krim yang satu ini adalah es krim homemade lho! Meskipun demikian, namun terdapat beberapa varian rasa dari es krim Petrus. Beberapa varian rasanya adalah cokelat, vanila dan juga nangka.

Meski es krim Petrus memiliki berbagai varian rasa, namun jika kamu menyantap es krim khas Pontianak ini tentu akan semakin nikmat karena terdapat pelengkap seperti kacang merah, agar-agar, es cincau, dan lelehan coklat.

Bukan hanya itu, es krim Petrus terkesan lebih menarik karena disajikan di atas batok kelapa yang menjadikannya sangat cocok jika dikonsumsi pada siang hari.

Nah setelah kamu mengetahui 13 makanan khas Pontianak ini, manakah yang menjadi favoritmu? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya! Selamat berwisata kuliner Nusantara.

Tinggalkan Balasan