Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah – Selain terkenal akan tradisi budaya Jawa Tengah yang beragam, provinsi ini juga terkenal akan wisata kulinernya yang juga sangat beragam. Anda dapat menjumpai berbagai makanan-makanan khas yang ada di tiap-tiap daerah di provinsi Jawa Tengah ini.

Maka kurang lengkap jika berkunjung ke suatu daerah di Jawa Tengah, Anda tidak mencoba makanan khasnya. Jawa Tengah sendiri terdiri dari berbagai daerah dan di setiap daerahnya mempunyai makanan khasnya masing-masing yang cukup menggugah selera makan.

Penasaran makanan khas apa saja yang berasal dari provinsi yang beribu kota di kota Semarang ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

17 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer dan Menggugah Selera

1. Lumpia

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: resepcaramemasak.info

Lumpia merupakan makanan khas Semarang yang memiliki rasa yang cukup lezat. Makanan ini sangat cocok dimakan selagi masih hangat dan ditambah dengan cabai.

Adapun isian dari lumpia Semarang ini umumnya berisi rebung (bambu muda). Namun saat ini terdapat banyak varian isian lumpia, diantaranya lumpia isi daging, udang, telur, dan sayuran.

2. Tempe Mendoan

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Tempe mendoan merupakan makanan khas yang berasal dari kota Purwokerto Banyumas Jawa Tengah. Sekilas, tempe mendoan hampir sama dengan tempe goreng pada umumnya. Hanya saja yang membedakan tempe mendoan dengan tempe lainnya adalah terletak pada penamaannya.

Mendoan adalah sebuah makanan yang dimasak menggunakan minyak panas yang banyak dan cara memasaknya pun terbilang cukup cepat yang membuat tekstur tempenya terasa lembek dan tidak terlalu matang.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir terkait cita rasa dari tempe mendoan ini. Hal ini karena tempe mendoan memiliki rasa yang sangat lezat dan juga enak. Terlebih lagi jika dimakan ketika masih dalam keadaan hangat.

Makanan khas yang berasal dari Banyumas ini sangat cocok dimakan dengan kopi dan cabai rawit pedas atau istilah di dalam bahasa Jawanya adalah nyigit.

3. Getuk Goreng

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: www.inibaru.id

Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya wilayah Banyumas dan sekitarnya, pasti akan mendapati penjual-penjual di pinggir jalan yang menjajakan getuk goreng. Berbeda dengan getuk pada umumnya, getuk ini diolah dengan cara digoreng. Ini merupakan alasan kenapa makanan yang satu ini disebut dengan nama getuk goreng.

Getuk goreng  memiliki rasa yang manis dan gurih. Hal ini berasal dari bahan dasar untuk membuat getuk goreng, yaitu menggunakan singkong dan gula merah atau gula Jawa.

Makanan khas yang satu ini cukup banyak diincar oleh para pelancong yang kebetulan singgah sejenak atau melewati daerah Banyumas. Karena disana terdapat getuk goreng yang cukup terkenal memiliki rasa yang sangat lezat, yaitu getuk goreng Sokaraja.

4. Soto Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: i2.wp.com/udfauzi.com

Sesuai dengan namanya, soto Kudus merupakan makanan khas yang berasal dari kota Kudus. Saat ini, ada beberapa jenis atau varian dari soto Kudus ini, yaitu soto Kudus yang menggunakan daging sapi dan soto Kudus dengan daging ayam.

5. Jenang Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: api.omiyago.com

Pada umumnya jenang Kudus dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas kota Kudus. Mirip seperti dodol Garut. jenang Kudus juga dikemas dalam bentuk memanjang dan dibungkus menggunakan plastik bening.

Jenang Kudus ini memiliki rasa manis dan bertekstur lembut. Bukan hanya di wilayah Indonesia saja, jenang Kudus juga terkenal kelezatannya hingga ke mancanegara lho! Jadi Anda pasti rugi jika berkunjung ke kota Kudus namun tidak mencicipi jenang Kudus ini.

6. Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan salah satu makanan yang juga disebut dengan nama nasi uduk. Hal ini karena cara penyajiannya yang sama-sama menggunakan daun pisang. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan enak disantap sebagai hidangan makanan pagi atau sarapan.

Dalam pembuatannya sendiri biasanya ditambahkan dengan sedikit daun pandan sehingga membuat aromanya menjadi lebih kuat dan menggugah selera.

Pada umumnya, nasi gandul disajikan dengan tambahan lauk berupa daging sapi yang sebelumnya sudah diolah sedemikian rupa sehingga memberikan rasa yang lezat dan juga nikmat.

7. Nasi Grombyang

Diberi nama nasi grombyang berasal dari cara penyajiannya dimana kuahnya lebih banyak daripada isinya sehingga membuat nasi didalamnya terlihat grombyang-grombyang atau bergoyang.

Nasi grombyang terbuat dari daging kerbau dimana nasi dijadikan sebagai bahan utamanya sementara daging kerbau dan kuah sebelumnya telah diracik dari berbagai bumbu yang dicampur menjadi satu sehingga memberikan cita rasa yang mantap.

Pada umumnya, nasi ini disajikan mengunakan kuali yang cukup besar dan tempat nasinya ditutupi menggunakan kain merah.

8. Nasi Liwet

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Nasi liwet merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah yang sangat populer dikalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pada umumnya, nasi liwet disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan terkadang juga ditambahkan dengan labu siyam.

Sebenarnya, cara membuat nasi liwet ini hampir sama dengan membuat nasi uduk pada umumnya, yaitu dengan menggunakan santan. Perbedaannya adalah terletak pada rasanya saja dimana nasi liwet memiliki rasa yang lebih nikmat daripada nasi uduk. Namun hal itu juga tergantung pada selera Anda masing-masing.

9. Rondo Royal

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Rondo royal merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang terbuat dari olahan tape singkong dengan adonan tepung. Makanan ini memiliki rasa yang cukup manis dan juga gurih.

10. Tahu Petis

Tahu petis merupakan salah satu olahan makanan yang berbahan dasar tahu yang dicampur dengan saus hitam atau dikenal dengan nama petis. Petis ini umumnya terbuat dari udang yang dimasak secara terus menerus hingga teksturnya berubah menjadi kental. Selain itu, petis juga dapat dibuat dengan bahan dasar rebusan ikan.

11. Enting-Enting Gepuk

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Makanan khas ini berasal dari Salatiga, bahan dasarnya sendiri terbuat dari kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk untuk kemudian dipadatkan. Namun sebelumnya sudah dicampur dengan gula Jawa sehingga semuanya menyatu.

12. Wajik

Wajik terbuat dari beras ketan yang dimasak bersamaan dengan gula Jawa. Makanan ini memiliki rasa yang cukup manis sehingga menjadi ciri khasnya karena menggunakan gula Jawa.

Dahulu wajik hanya memiliki satu warna saja,yaitu warna coklat. Namun sekarang sudah banyak wajik yang berwarna pink, hijau, merah, dan beberapa warna lainnya.

13. Dawet Ireng

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: reseponline.info

Seperti namanya, dawet ini berwarna hitam atau ireng (bahasa Jawa) yang menjadikannya berbeda dengan dawet pada umumnya yang berwarna hijau. Warna hitam ini diperoleh dari bahan alami yaitu dari abu jerami.

Meskipun dalam pembuatannya menggunakan bahan dasar abu jerami, namun Anda tidak perlu khawatir terkait rasa dan efek sampingnya. Dawet ireng ini terbukti mengandung berbagai manfaat baik untuk kesehatan dan juga memiliki rasa yang sangat enak dan juga menyegarkan.

Selain itu, dalam pembuatan dawet ireng ini juga menggunakan gula Jawa asli yang membuat rasanya semakin nikmat dan menyegarkan. Daerah yang terkenal akan dawet irengnya ini adalah kabupaten Banjarnegara.

14. Garang Asem

Garang asem adalah salah satu jenis makanan hasil olahan ayam yang dimasak bersamaan dengan santan. Sebelum dimasak, ayam terlebih dahulu dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dimasak dengan santan.

Makanan garang asem ini memiliki rasa yang cukup pedas dan juga terdapat rasa asam sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi. Umumnya garang asem disajikan dengan nasi dan dilengkapi dengan lauk seperti perkedel, tempe goreng atau dipadukan dengan ayam asam manis.

15. Mie Ongklok

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: kuliner.panduanwisata.id

Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah, maka salah satu makanan khas yang perlu dicicipi adalah mie ongklok. Mie ongklok ini terkenal populer di kalangan wisatawan lokal atau mancanegara karena rasa lezat yang dimilikinya.

Sebenarnya mie ongklok hampir mirip seperti mie rebus pada umumnya yang diberi tambahan sayuran berupa kucai dan kol. Bedanya adalah terletak pada kuahnya dimana mie ongklok sendiri menggunakan kuah berbahan dasar kanji sehingga tekstur kuahnya terlihat sangat kental.

Selain itu, mie ongklok juga sangat cocok dikonsumsi dengan tempe kemul, keripik tahu, dan juga sate sapi. Asal mula mie ini diberi nama mie ongklok adalah diambil dari cara pembuatannya yang menggunakan ongklok.

Ongklok merupakan sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu dan ongklok ini digunakan untuk merebus mie bersamaan dengan kuahnya. Jika Anda berkunjung ke Wonosobo, maka akan dengan mudah menjumpainya baik di pinggir jalan atau bahkan hingga sekelas hotel pun umumnya menyediakan menu mie ongklok ini.

16. Brekecek

Kuliner lainnya yang perlu Anda cicipi ketika berkunjung ke Jawa Tengah adalah brekecek. Bahan dasar untuk membuat brekecek ini adalah berupa ikan pathak atau ikan jahan. Namun saat ini ada juga yang membuat brekecek menggunakan menthok atau basur.

Meskipun namanya sedikit aneh, namun makanan khas yang berasal dari Cilacap ini memiliki rasa yang cukup lezat dan bikin ketagihan.

17. Mangut Beong

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Makanan khas Jawa tengah yang terakhir adalah mangut beong. Makanan ini terbuat dari ikan beong. Ikan beong merupakan salah satu ikan yang mirip menyerupai ikan lele. Jenis ikan beong ini merupakan ikan khas yang terdapat di sungai Progo.

Tidak kalah dengan ikan lele, ikan beong juga memiliki daging yang cukup padat dan juga lembut. Jika dimasak dengan benar, maka ikan beong dapat memberikan rasa yang sangat lezat dengan daging yang lembut sehingga sangat mudah untuk dikunyah.

Itulah 17 makanan khas Jawa Tengah yang paling populer dan banyak diminati oleh para pelancong. Diluar daripada yang telah kami jelaskan diatas, tentunya masih terdapat berbagai makanan khas lainnya yang tidak kalah lezatnya daripada makanan tersebut. Selamat berkuliner ria dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan