Makanan Khas Kalimantan Utara

Makanan Khas Kalimantan Utara

Makanan Khas Kalimantan Utara – Kalimantan Utara atau disingkat Kaltara, merupakan provinsi termuda di Indonesia. Provinsi ini diresmikan pada bulan Oktober tahun 2012 dimana ibukota provinsi Kaltara adalah Tanjung Selor.

Provinsi yang berbatasan langsung dengan negara bagian Malaysia yaitu Sabah dan Sarawak ini juga sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, yaitu memiliki berbagai kekayaan alam, budaya dan juga kuliner.

Berbeda dengan Kota Kediri dimana wilayahnya jauh dari lautan sehingga makanan khas Kediri bukan berasal dari olahan hasil laut.

10 Makanan Khas Kalimantan Utara yang Terkenal Enak dan Rekomendasi

Meski termasuk sebagai salah satu provinsi yang baru, namun Kaltara mempunyai berbagai kuliner khas yang enak dan juga lezat sehingga menjadi incaran para pecinta wisata kuliner.

Nah, jika Anda belum mengetahui kuliner apa saja yang berasal dari provinsi ini, berikut adalah 10 makanan khas Kalimantan Utara yang terkenal enak dan rekomendasi yang wajib Anda coba.

1. Lawa

Makanan Khas Kalimantan Utara
bambangpriantono.files.wordpress.com

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Kaltara adalah Lawa. Lawa merupakan salah satu kuliner khas yang paling terkenal dan juga banyak digemari oleh masyarakat Kalimantan Utara.

Makanan khas yang satu ini adalah makanan khas Kerajaan Bulungan, yaitu salah satu kerajaan yang terdapat di Kalimantan Utara.

Bahan dasar dalam membuat makanan khas ini berasal dari rumput laut dan mentimun. Sehingga membuat makanan yang diberi nama Lawa ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita kolesterol atau yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.

Hal ini karena Lawa dapat membantu mengurangi kedua masalah kesehatan tersebut.

2. Kepiting Soka

Makanan Khas Kalimantan Utara
borneo24.b-cdn.net

Karena sebagian wilayah Kaltara berbatasan langsung dengan lautan, maka membuat beberapa makanan khasnya berbahan dasar hasil olahan laut seperti halnya makanan khas Bangka Belitung.

Salah satu rekomendasi seafood khas Kaltara yang wajib dicoba adalah kepiting soka. Biasanya kepiting soka dimasak dengan cara ditumis bersama saos.

Terdapat keunikan dari kuliner yang satu ini, yaitu dalam memasak kepiting soka, maka kepiting yang dimasak harus kepiting yang baru berganti kulit atau cangkang.

Hal ini agar kepiting dapat dikonsumsi langsung bersamaan dengan cangkang yang lunak tersebut tanpa harus mengupasnya terlebih dahulu.

Cangkang yang lunak ini juga dapat mempengaruhi bumbu agar dapat mudah meresap ke dalam daging sehingga membuat rasanya semakin sempurna.

3. Nasi Udang

Makanan Khas Kalimantan Utara
live.staticflickr.com

Kabupaten Malinau memiliki kuliner khas yang sangat menggoda selera, yaitu nasi udang. Daerah ini memang dilalui oleh sungai yang masih terawat sehingga mudah menemukan udang.

Dalam menyajikan kuliner khas ini terbilang cukup sederhana, yaitu udang sebelumnya digoreng kemudian dijadikan sebagai menu pelengkap nasi pulen serta diberi tambahan sambal pedas.

4. Nasi Subut

Kuliner khas Kaltara selanjutnya adalah nasi subut. Nasi subut merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Kabupaten Tana Tidung. Ciri-Ciri daripada nasi subut adalah berwarna ungu dan bukan berwarna putih seperti halnya nasi biasa.

Warna ungu ini didapat dari bahan dasarnya yang berupa nasi, jagung dan ubi ungu. Sedangkan dalam memasaknya sendiri sebelumnya ubi dipotong dadu kemudian direbus bersamaan dengan jagung.

Jika semuanya telah matang, maka kemudian campur semua bahan dengan diberi sedikit garam dan penyedap rasa sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

5. Tumis Kapah

Makanan Khas Kalimantan Utara
selerasa.com

Tarakan adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Kaltara. Nah jika Anda berkunjung ke Kota Tarakan, maka sempatkan untuk mencicipi kuliner khasnya yang diberi nama Tumis Kapah. Kapah sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang.

Tumisan Kapah menjadi kuliner khas Tarakan yang cukup terkenal karena bahan dasarnya banyak mengandung protein, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti namanya, makanan khas ini sudah pasti di tumis dan dicampur dengan beberapa bumbu sehingga menambah kelezatannya. Beberapa bumbu yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, jeruk nipis dan juga diberi penyedap rasa.

6. Sate Ikan Pari

Sate ikan pari merupakan salah satu kuliner khas Kaltara yang sangat tersohor karena kenikmatannya. Biasanya, sate ikan pari juga sering dijadikan sebagai menu pelengkap untuk nasi subut.

Dalam pengolahannya sendiri mula-mula ikan pari dibersihkan terlebih dahulu serta dipisahkan antara daging dan kulitnya.

Setelah itu potong daging ikan pari berbentuk dadu lalu rendam menggunakan air jeruk untuk menghilangkan bau amis. Proses perendaman ini cukup dilakukan dalam beberapa menit saja.

Jika semuanya telah dilakukan, maka tusuk daging seperti halnya sate pada umumnya hingga kemudian dilumuri dengan bumbu rempah-rempah untuk kemudian dibakar.

Karena menjadi makanan khas yang sangat terkenal, maka jika berkunjung ke Kaltara, Anda wajib untuk mencobanya.

7. Sate Temburung

Makanan Khas Kalimantan Utara
resepkoki.id

Bukan hanya sate ikan pari, Kaltara juga memiliki kuliner khas berupa sate lainnya yang diberi nama sate temburung.

Temburung merupakan hewan laut yang mirip seperti kerang. Bedanya adalah temburung memiliki bentuk cangkang yang melingkar mirip seperti bentuk terompet. Masyarakat setempat biasanya menjadikan sate temburung sebagai sajian saat acara pergantian tahun baru.

8. Tudai

Makanan Khas Kalimantan Utara
borneo24.b-cdn.net

Sama seperti halnya kapah, tudai juga merupakan hewan laut sejenis kerang yang banyak dijumpai di Kalimantan Utara, tepatnya di Tanjung Selor.

Tudai memiliki daging yang cukup tebal serta memiliki cangkang berwarna jingga dan hitam. Sementara itu, untuk memasak tudai ini terbilang sederhana yaitu cukup direbus atau disajikan bersama sambal goreng.

Makanan khas yang satu ini biasanya disajikan dalam acara-acara tertentu, seperti pada acara pernikahan. Meski demikian, Anda juga dapat menemukannya di beberapa rumah makan yang ada di Tanjung Selor.

9. Ikan Asin Richa

Makanan Khas Kalimantan Utara
borneo24.com

Kuliner yang satu ini berasal dari Kota Tarakan dan diberi nama ikan asin richa. Masyarakat sekitar juga menyebut ikan asin richa dengan sebutan ikan asin pedas atau gami.

Biasanya, kuliner khas ini dijadikan sebagai menu pelengkap makanan pokok serta sangat cocok jika disajikan bersama sayur singkong tumis.

10. Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Meski kebanyakan kuliner khas Kaltara berbahan dasar olahan hasil laut dan memiliki rasa pedas, namun ternyata ada juga lho makanan khas Kaltara yang identik dengan rasa manis.

Nah kuliner khas ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh, yaitu dodol cempedak dan rumput laut. Di Kaltara, dodol ini juga sering disebut dengan nama lempok karena biasa dijadikan sebagai camilan dengan rasa manis.

Bahan dasarnya sendiri berasal dari buah cempedak, yaitu masih tergolong ke dalam keluarga dari buah nangka dan buah durian. Ciri khas buah ini memiliki rasa yang sangat manis seperti halnya buah nangka, bedanya adalah cempedak memiliki aroma seperti buah durian.

Bukan hanya dodol cempedak, di Kaltara juga mempunyai kuliner khas berbahan dasar rumput laut. Dodol rumput laut namanya. Dodol ini sangat baik untuk kesehatan sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet namun tetap ingin ngemil.

Karena baik untuk kesehatan, maka Anda tidak perlu khawatir karena makanan khas ini termasuk makanan sehat serta tidak menyebabkan berat badan naik.

Itulah 10 makanan khas Kalimantan Utara yang terkenal enak dan sangat rekomendasi bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke provinsi yang berbatasan langsung dengan negara bagian Malaysia ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan