Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung – Selain terkenal karena memiliki wisata alamnya yang sangat indah, Bangka Belitung juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah lezatnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Karena dikelilingi lautan, maka kebanyakan kuliner khas Bangka Belitung ini berbahan dasar ikan atau produk-produk hasil laut lainnya.

Kuliner khas Bangka Belitung memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Adapun kuliner khas pulau ini didominasi oleh makanan berbahan seafood dengan perpaduan cita rasa Melayu dan Tionghoa dan ini sama seperti halnya makanan khas Pontianak.

13 Makanan Khas Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

Beberapa kuliner khas Bangka Belitung dapat dengan mudah dijumpai di berbagai sudut kota di Indonesia.

Salah satu kuliner khas Bangka yang paling terkenal adalah martabak Bangka dan bakmi Bangka. Namun ternyata masih banyak kuliner khas Bangka Belitung yang rasanya tidak kalah nikmat dari dua makanan khas tersebut.

Dibawah ini adalah 13 makanan khas Bangka Belitung yang bercita rasa nikmat dan wajib kamu coba jika berkunjung ke kepulauan Bangka Belitung.

1. Lempah Kuning

Makanan Khas Bangka Belitung
i.ytimg.com

Kuliner pertama yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bangka Belitung adalah lempah kuning. Lempah kuning merupakan kuliner khas Babel yang terbuat dari olahan hasil laut.

Makanan khas yang satu ini sangat terkenal di pulau Bangka dan sekitarnya. Saking terkenalnya lempah kuning, bahkan kuliner ini dimasukkan ke dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda.

Biasanya lempah kuning terbuat dari ikan kakap merah dan ikan tenggiri. Cara pembuatannya sendiri ikan tersebut dimasak dengan bumbu berwarna kuning yang berasal dari kunyit.

Bukan hanya kunyit, terdapat rempah lainnya untuk membuat bumbu lempah kuning, yaitu lengkuas, dan terasi.

Selain itu, lempah kuning biasanya diberi bumbu tambahan berupa cabai untuk menambah cita rasanya agar semakin nikmat.

2. Martabak Bangka

Makanan Khas Bangka Belitung
tukangreview.com

Dari sekian banyak kuliner khas Bangka, mungkin martabak Bangka menjadi salah satu kuliner yang paling terkenal bukan hanya di Bangka saja namun juga di berbagai daerah di Indonesia.

Pasalnya, martabak Bangka sangat mudah dijumpai baik di kota besar atau bahkan di daerah pelosok sekalipun. Namun apakah kamu tahu bahwa di tempat asalnya, martabak manis ini disebut Hok Lo Pan?

Ya, hal ini karena martabak Bangka pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Hok Lo Pan. Hok Lo Pan disini merujuk pada orang Hakka dan bukan orang Hok Lo.

Martabak Bangka memiliki cita rasa yang manis hingga banyak orang yang menyebut martabak ini sebagai martabak manis.

Kuliner khas Bangka ini dibuat dari tepung terigu dan mentega yang kemudian dibuat adonan bulat membentang. Di bagian atas adonan tepung yang sudah mengembang ini nantinya dapat diberi banyak topping seperti keju, kacang tanah, meises, susu kental manis, dan juga wijen.

3. Mie Ayam Bangka

Jika kamu berkunjung ke Bangka, maka jangan lupa untuk mencicipi mie ayam Bangka yang cukup terkenal. Hal ini karena mie ayam Bangka memiliki tekstur mienya yang lebih kenyal daripada mie jenis lainnya serta terdapat sayur tauge sebagai pelengkapnya.

Pada umumnya, dalam satu porsi mie ayam Bangka biasanya berisi bakso, ayam, dan juga pangsit. Untuk rasanya sendiri, mie ayam Bangka mempunyai cita rasa yang sangat nikmat karena berasal dari bumbu khusus yang hanya dapat dirasakan jika kamu menyantap langsung mie ayam Bangka.

Baca Juga : Makanan Khas Lombok

4. Lakso Bangka

Makanan Khas Bangka Belitung
upload.wikimedia.org

Lakso merupakan sebuah kuliner yang diciptakan dari perpaduan antara masakan Melayu dengan Tionghoa. Kuliner ini sendiri terdiri dari mie putih yang berbahan dasar sagu dan tepung beras.

Mie Lakso disajikan bersama potongan daging dan disiram dengan kuah santan kuning. Pada awalnya, Lakso merupakan kuliner khas Melayu Bangka yang hanya berupa kuah santan.

Namun orang Tionghoa Bangka Belitung kemudian menyempurnakannya dengan tambahan mie putih kenyal yang terbuat dari sagu dan tepung beras.

5. Pempek Panggang

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa pempek merupakan makanan khas Palembang. Selain Palembang, Bangka Belitung ternyata juga memiliki kuliner khas berupa pempek lho!

Namun kali ini berbeda, jika pempek Palembang diolah dengan cara digoreng atau direbus, maka pempek Bangka diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Pempek Bangka umumnya berbentuk bulat tidak sempurna serta ukurannya kecil-kecil. Pada umumnya, pempek Bangka dibakar diatas bara api dan selanjutnya pada bagian tengahnya di belah kemudian diisi dengan abon ikan, cabai serta kecap.

Cara penyajiannya sendiri pempek panggang diberi kuah cuka seperti halnya pempek Palembang.

6. Rusip

Makanan Khas Bangka Belitung
i2.wp.com

Rusip merupakan makanan khas Bangka yang terbuat dari ikan teri yang telah difermentasi di dalam pot atau guci. Untuk memfermentasi Rusip, biasanya menggunakan garam dan gula merah sebagai perasa. Selain dapat dinikmati langsung, Rusip juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pulau Bangka.

7. Mie Koba

Terdapat satu lagi olahan mie yang berasal dari Bangka Belitung, yaitu mie Koba. Mie Koba merupakan sejenis mie yang di dalamnya terdapat isian ikan tenggiri.

Selain itu, mie Koba juga diberi isian telur, seledri, dan juga bawang goreng. Sementara untuk kuahnya sendiri dibuat dari ikan tenggiri sebagai kaldu. Dengan tambahan perasan jeruk kunci membuat mie Koba terasa semakin nikmat.

8. Kecalo

Kecalo merupakan udang rebon yang telah difermentasi dengan garam sehingga mendapatkan cita rasa asin. Biasanya Kecalo dijadikan sebagai bumbu untuk membuat sambal.

Hal ini bertujuan agar sambal dapat menghasilkan rasa pedas dan asin yang sangat menggoda selera. Masyarakat Bangka biasanya menjadikan Kecalo sebagai teman lalapan.

9. Sambal Lingkung

Sambal lingkung adalah sejenis abon atau serundeng yang terbuat dari ikan, santan kelapa, dan rempah-rempah lainnya. Biasanya sambal lingkung dapat dengan mudah dijumpai di momen-momen lebaran.

Kuliner ini sangat nikmat untuk dijadikan sebagai lauk atau isian kue. Seperti halnya Rusip, sambal lingkung juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung.

10. Pantiaw

Sekilas, makanan khas yang diberi nama Pantiaw terlihat mirip dengan kwetiaw, namun faktanya Pantiaw berbeda dengan kwetiaw. Bentuk Pantiaw sendiri berwarna putih serta biasanya disantap dengan ikan serta diberi kuah yang dibuat dari rempah-rempah pilihan.

Sementara itu, terdapat dua jenis Pantiaw, yaitu Pantiaw beras dan Pantiaw gandum. Diantara keduanya sama-sama memiliki perpaduan rasa yang sangat nikmat, yaitu pedas, manis, dan juga gurih.

11. Berego

Makanan Khas Bangka Belitung
ratnadewi.me

Berego merupakan kuliner khas Belitung yang memiliki ciri fisik mirip seperti lontong. Jika lontong dibuat dari beras yang diaron menjadi nasi, berbeda dengan Berego yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu.

Sedangkan penyajiannya sendiri sama seperti halnya lontong, yaitu sama-sama disajikan bersama lauk yang berkuah. Adapun masyarakat Belitung biasanya menyantap Berego bersama dengan Lakse, Gangan, dan Mie Belitung.

12. Sup Gangan

Sup Gangan merupakan kuliner berkuah khas Bangka yang menggunakan bahan dasar ikan laut. Dalam hal ini, ikan yang dipakai adalah ikan tenggiri yang masih segar.

Ikan tenggiri kemudian dengan campuran rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, dan lengkuas.

Dengan berbagai jenis rempah ini yang menjadikan sup Gangan memiliki cita rasa yang nikmat sekaligus menghilangkan bau amis dari ikan tenggiri.

Karena menggunakan kunyit, maka sup Gangan berwarna kuning serta memiliki perpaduan antara rasa pedas, asam, dan gurih yang berasal dari jenis rempah lainnya.

13. Lokan Laut

Makanan Khas Bangka Belitung
cdn-brilio-net.akamaized.net

Kuliner terakhir yang berasal dari Bangka Belitung adalah lokan laut. Makanan khas ini merujuk pada binatang laut sejenis kerang yang umumnya hidup di sekitar muara sungai atau di kawasan vegetasi rawa yang banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman air.

Cara memasaknya, lokan sebelumnya harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian dimasak bersama air yang diberi daun serai dan santan serta bumbu saus tiram.

Karena menggunakan saus tiram dan santan, maka kuah lokan mempunyai rasa yang sangat nikmat perpaduan antara asam, gurih, dan pedas.

Dari ke -13 makanan khas Bangka Belitung yang telah dijelaskan diatas, tentunya masih banyak kuliner khas Babel lainnya yang tidak dapat kami jelaskan satu per satu. Sehingga jika berkunjung ke Babel, setidaknya kamu telah menikmati beberapa kuliner khas Babel yang sangat nikmat ini.

Tinggalkan Balasan