Makanan Khas Lombok

Makanan Khas Lombok

Makanan Khas Lombok – Tidak dapat dipungkiri lagi jika Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai potensi wisata yang sangat kaya dan juga beragam dari Sabang sampai Merauke. Salah satu surga dunia yang dimiliki oleh Indonesia adalah terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Selain Bali, pulau Lombok juga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia yang menjadi pilihan utama baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk memanjakan diri dan juga memadu kasih dengan keindahan alam-Nya. Namun selain memiliki wisata alam yang sangat indah, pulau ini juga memiliki berbagai kuliner khas yang terkenal sangat nikmat.

11 Makanan Khas Lombok yang Terkenal Paling Lezat

Pada tahun 2015, Lombok pernah dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award. Berstatus sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu Lombok juga memiliki sejumlah kuliner khas yang sangat terkenal akan kelezatannya.

Buat kamu yang akan merencanakan wisata ke pulau Lombok namun belum begitu mengetahui makanan khas apa saja yang terkenal nikmat, berikut adalah 11 makanan khas Lombok yang terkenal paling lezat dan paling banyak diburu oleh wisatawan menurut satrianesia.com.

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok
www.masakapahariini.com

Ayam Taliwang menjadi kuliner khas Lombok pertama paling terkenal yang memiliki citarasa sangat lezat. Jika Kota Khatulistiwa memiliki burung punai goreng sebagai salah satu makanan khas Pontianak paling nikmat, maka Lombok juga memiliki kuliner khas ayam Taliwang yang sangat menggugah selera.

Saking terkenalnya ayam Taliwang ini, maka kamu dapat dengan mudah menjumpainya hampir di seluruh kota di Indonesia.

Pada umumnya ayam Taliwang disajikan dengan cara digoreng dan dibakar. Untuk membuat ayam Taliwang ini maka ayam yang dipilih adalah ayam yang masih berusia muda sehingga tekstur dagingnya empuk dan mudah dilepaskan dari tulang-tulangnya.

Selain nikmat, olahan ayam Taliwang juga terkenal karena kepedasannya yang menggambarkan ciri khas masakan pulau Lombok. Beberapa varian rasa dari ayam Taliwang ini adalah ayam Taliwang pedas manis, bakar kecap, sambal lima, bakar madu, plecingan, goreng asam, dan goreng biasa.

Biasanya ayam Taliwang disajikan dengan nasi hangat, plecing kangkung yang dikombinasikan dengan kacang tanah, tauge, parutan kelapa, dan juga sambal.

2. Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok
uprint.id

Pulau yang masuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga terkenal akan kuliner olahan satenya. Nah salah satu olahan sate yang banyak diburu oleh wisatawan adalah sate Bulayak.

Sate Bulayak merupakan hidangan sate yang menggunakan daging ayam jeroan dan juga daging sapi sebagai bahan utamanya. Sekilas sate Bulayak memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan sate-sate pada umumnya.

Namun jika dilihat dengan seksama, maka akan terdapat perbedaan yang terletak pada bulayaknya. Bulayak ini merujuk pada lontong yang dililit atau dibungkus menggunakan daun aren atau enau dimana bentuknya mirip seperti lepet yang merupakan makanan khas Kudus.

Ukuran Bulayak lebih kecil jika dibandingkan dengan lontong serta mempunyai teksur yang lembut dan gurih.

Pada umumnya, bulayak disajikan langsung bersama sate yang telah diberi bumbu kacang. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai kemudian ditumbuk lalu direbus bersamaan dengan santan dan juga bumbu rempah lainnya sehingga menjadikan citarasa yang pedas dan mantap.

3. Sate Tanjung

Makanan Khas Lombok
prasmanan.com

Ada lagi sate khas Lombok yang terkenal, tepatnya berasal dari Lombok Utara kecamatan Tanjung. Kuliner khas ini dikenal dengan nama sate Tanjung. Sate Tanjung merupakan kuliner yang telah ada sejak tahun 1977.

Adapun penggagas sate Tanjung yang pertama adalah seorang perempuan bernama ibu Salimah yang dahulu menjajakan sate ini di jalan utama Tanjung Lombok Utara.

Seiring berjalannya waktu, sate Tanjung ibu Salimah semakin hari semakin dikenal oleh masyarakat Lombok hingga banyak pembeli yang berbondong-bondong untuk menikmati sate Tanjung ini.

Sate Tanjung terbuat dari ikan cakalang dan laguan. Untuk mengolahnya, daging ini diberi berbagai bumbu rempah sehingga menciptakan rasa pedas khas Lombok.

Pada tahun 2011, pemerintah daerah Lombok Utara pernah mengikutsertakan sate Tanjung untuk dipromosikan dalam acara yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah dan hanya dalam waktu 2 menit saja sate Tanjung terjual hingga ribuan tusuk.

4. Sate Rembiga

Makanan Khas Lombok
objekwisatapopuler.com

Seolah tak puas dengan dua kuliner khas Lombok yang berupa olahan sate, terdapat satu lagi sate khas Lombok yang juga sangat terkenal, yaitu sate Rembiga.

Beberapa orang menyebut bahwa nama sate Rembiga diambil dari nama jalan yang berada di kota Mataram, yaitu jalan Rembiga. Kuliner khas ini memiliki rasa yang manis, gurih dan pastinya pedas sebagai ciri khas kuliner yang berasal dari Lombok.

5. Bebalung

Makanan Khas Lombok
2.bp.blogspot.com

Masyarakat Lombok menyebut makanan yang diberi nama Bebalung sebagai makanan penambah stamina dan penumbuh vitalitas. Penggunaan makna Bebalung merupakan istilah yang dalam bahasa Sasak berarti tenaga.

Kuliner khas Lombok ini sekilas mirip seperti gulai atau soto daging. Namun faktanya Bebalung terbuat dari tulang iga sapi sehingga diberi nama Bebalung sapi.

Selain menggunakan iga sapi, kamu juga dapat menjumpai kuliner ini dengan isian iga kerbau. Kuliner khas Bebalung terbuat dari bumbu halus berupa cabai rawit, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah dan juga bawang putih. Masyarakat Sasak menyebut bumbu ini sebagai ragi rajang.

Makanan khas Bebalung paling nikmat dinikmati selagi masih hangat dengan ditemani nasi putih, plecing, dan tidak lupa sambal.

6. Plecing Kangkung

Makanan Khas Lombok
upload.wikimedia.org

Plecing kangkung menjadi kuliner khas Lombok selanjutnya yang tergolong ke dalam jenis sayuran yang umumnya dihidangkan bersama lauk utama dan juga nasi. Lebih tepatnya, plecing kangkung dijadikan sebagai menu pendamping atau pelengkap.

Kuliner khas ini berbahan dasar utama sayur kangkung yang direbus dan dimasak serta disajikan bersama sambal tomat. Biasanya plecing kangkung dijadikan sebagai menu pendamping seperti ayam Taliwang.

Bahan lainnya untuk membuat plecing kangkung khas Lombok adalah kacang panjang, tauge, dan juga kacang tanah goreng. Sedangkan jenis kangkung yang umumnya digunakan untuk membuat plecing kangkung adalah jenis kangkung air.

7. Nasi Puyung

Makanan Khas Lombok
gudeg.net

Jika kamu berwisata ke Lombok, maka salah satu kuliner khas yang wajib dicoba adalah nasi Puyung. Di Nusa Tenggara Barat, nasi Puyung merupakan makanan khas yang sangat populer dan hampir seluruh penduduknya mengenal makanan khas yang satu ini.

Nasi Puyung berasal dari kampung Puyung yang terletak di Lombok Tengah. Hal inilah yang menjadi alasan makanan khas ini diberi nama nasi Puyung. Kuliner ini umumnya disajikan menggunakan wadah yang beralaskan daun pisang.

Keistimewaan nasi Puyung ini terletak pada lauknya yang sangat beragam. Beberapa lauk yang terdapat pada nasi Puyung adalah sambal, suwiran daging ayam dengan taburan kelapa parut, taburan rebon kering dan kedelai goreng.

8. Poteng Jaje Tujak

Makanan Khas Lombok
blue.kumparan.com

Didalam bahasa Indonesia, Poteng Jaje Tujak berarti tape jajan tumbuk yang merupakan kuliner khas Lombok yang dimana bahan dasar utamanya adalah tape yang dijadikan sebagai makanan dan umumnya dapat dengan mudah dijumpai hanya ketika lebaran.

Poteng Jaje Tujak yaitu sejenis makanan ringan yang terbuat dari campuran dua bahan utama, yaitu tape dan ketan putih. Masyarakat Lombok mempercayai bahwa seseorang yang diperbolehkan untuk membuat kuliner khas ini yaitu mereka yang hanya dalam keadaan suci atau tidak dalam keadaan haid.

Jika seorang perempuan yang dalam keadaan haid memaksa untuk membuatnya maka Poteng Jaje Tujak dianggap rusak. Bahkan disarankan ketika menaburkan bubuk tape ketan, seseorang yang melakukannya adalah mereka yang dalam keadaan suci setelah berwudhu.

9. Beberuk Terong

Makanan Khas Lombok
i1.wp.com

Meski terbuat dari terong, namun Beberuk terong khas Lombok memiliki rasa yang sangat lezat. Saking melekatnya dengan masyarakat Lombok, bahkan kuliner khas yang satu ini dijadikan sebagai salah satu kuliner yang menjadi primadona.

Terong diolah menjadi lalapan khas Lombok yang dapat menjadi pendamping lauk utama seperti halnya plecing kangkung. Beberuk terong terbuat dari terong gelantik dimana terong ini berbentuk bulat kecil dan berwarna putih keunguan.

Adapun terong gelantik ini bertekstur renyah dan memiliki sedikit rasa langu. Didalam sayur Beberuk terong ini biasanya juga berisi kacang panjang yang telah disiram dengan sambal tomat.

Rasa pedas yang dihasilkan dari sambal tomat ini terbilang tidak terlalu pedas berbeda dengan kuliner khas Lombok lainnya yang biasanya mengedepankan rasa pedas. Ini karena Beberuk terong memiliki perpaduan antara rasa manis dan asam yang berasal dari bumbu rempah lainnya.

10. Sayur Ares

Makanan Khas Lombok
www.kintamani.id

Kamu pasti sepakat bahwa kebanyakan kuliner khas Lombok itu bercita rasa pedas. Ya kan? Tapi berbeda dengan kuliner khas yang satu ini, namanya sayur Ares. Sayur Ares merupakan sayuran yang dibuat dengan ares atau pelepah pisang yang masih muda.

Ares yang sudah dipilih ini kemudian diolah bersama kuah santan. Terdapat beberapa jenis rempah-rempah untuk membuat bumbu sayur Ares ini seperti ketumbar, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, dan juga jintan.

Meski bahan dasar utamanya adalah Ares, namun sayuran ini juga biasanya dilengkapi dengan daging untuk menambah cita rasanya agar semakin nikmat. Rasa sayur Ares ini memiliki perpaduan antara manis dan gurih hasil perpaduan dari santan dan bumbu-bumbu lainnya.

Dahulu sayur Ares menjadi makanan tradisional Suku Sasak yang merupakan suku asli pulau Lombok dan biasanya disajikan hanya pada saat acara-acara tertentu seperti misalnya acara pernikahan.

11. Ayam Rarang

Makanan Khas Lombok
foodnesia.net

Satu lagi olahan ayam yang juga tidak kalah nikmatnya dengan ayam Taliwang, inilah ayam Rarang. Ayam Rarang termasuk ke dalam ikon kuliner khas Lombok yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Lombok.

Pada umumnya, ayam Rarang menggunakan ayam kampung yang dimasak dan digoreng terlebih dahulu sesaat sebelum disajikan. Kuliner khas ini berasal dari desa Rarang yang berada di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kuliner ayam Rarang juga menggambarkan ciri khas masakan Lombok yang kebanyakan bercita rasa pedas. Baluran bumbu sambal yang berpadu dengan cabai rawit membuat makanan ini terlihat sangat pedas. Namun ketika dicoba, maka daging ayam Rarang tidak sepedas seperti penampilannya.

Menikmati makanan khas Lombok yang sebagian bercita rasa pedas memang sangat cocok dengan suasana alam yang ditawarkan oleh pulau yang mengandalkan sektor wisata sebagai pemasukan utama daerah tersebut. Maka jika kamu berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mencoba salah satu kuliner khas tersebut diatas ya!

Tinggalkan Balasan