Makanan Khas Kudus

Makanan Khas Kudus

Makanan Khas Kudus – Kudus merupakan salah satu daerah yang terletak di Jawa Tengah yang sudah terkenal akan wisata religinya. Namun kota ini juga terkenal akan kuliner khasnya yang banyak diminati baik oleh wisatawan lokal atau mancanegara.

Kuliner sendiri merupakan salah satu hal yang umumnya paling banyak dicari dan diminati oleh orang-orang ketika berkunjung ke suatu tempat. Hal ini karena pada setiap daerah memiliki keunikan masing-masing pada tiap makanan khasnya.

Dari sekian banyak jenis makanan khas Jawa Tengah yang tersebar di berbagai wilayah, Kudus merupakan salah satu kabupaten/kota yang memiliki banyak kuliner dimana cita rasanya terbilang cukup menggoda selera.

10 Makanan Khas Kudus Terpopuler yang Menggugah Selera

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Salah satu ikon dari suatu daerah adalah adanya kuliner atau makanan khas. Pada umumnya suatu daerah akan lebih dikenal jika memiliki makanan khas dimana rasanya cukup unik dan lezat.

Maka tak heran jika setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya yang menarik bukan hanya bagi warga lokal saja, namun juga menjadi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu daerah yang terkenal akan makanan khasnya yang bermacam-macam dan memiliki cita rasa yang lezat adalah Kudus.

Nah bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke kota Kudus, maka Anda wajib mengetahui makanan apa saja yang paling populer di kota yang dijuluki kota kretek ini. Dibawah ini adalah 10 makanan khas kota Kudus terpupuler yang wajib Anda cicipi.

1. Soto Kudus

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: sudahsarjana.com

Soto Kudus merupakan satu dari sekian banyak kuliner khas Kudus yang paling populer dan banyak dicari oleh warga lokal atau warga dari luar kota. Berbeda dengan soto-soto lainnya, soto Kudus berisi daging kerbau yang dimasak sedemikian rupa sehingga menjadikan cita rasanya cukup khas dan juga gurih.

Selain isian daging kerbau, ada juga soto Kudus dengan isian daging ayam sehingga bagi Anda yang tidak menyukai daging kerbau maka dapat memilih soto Kudus dengan varian daging ayam.

Berdasarkan sejarah, pada awalnya soto Kudus hanya dibuat menggunakan daging kerbau saja. Namun seiring berjalannya waktu, kini soto Kudus juga dibuat menggunakan isian daging ayam dimana cita rasanya tidak kalah nikmat dari daging kerbau.

Alasan lainnya kenapa menggunakan daging kerbau adalah ketika pada masa Sunan Kudus melarang mengadakan penyembelihan sapi dengan maksud untuk menghormati agama Hindu yang saat itu menjadi mayoritas di kota Kudus.

Adapun isian dari soto Kudus ini adalah terdiri dari seledri, tauge, irisan kol, dan bawang goreng sebagai taburannya. Meskipun memiliki rasa yang cukup lezat, namun soto Kudus merupakan jenis soto dimana cara pembuatannya terbilang cukup mudah dan simpel jika dibandingkan dengan jenis soto lainnya.

2. Garang Asem

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: i0.wp.com/goodtimes.id

Bagi Anda yang gemar memakan masakan dengan cita rasa pedas dan asam, maka Anda wajib untuk mencoba mencicipi makanan khas kota kretek yang satu ini. Makanan khas yang dimaksud adalah garang asem. Garang asem sendiri merupakan makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus hingga matang.

Terdapat beberapa isian dari garang asem ini, misalnya saja garang asem isian daging ayam atau jeroan, ikan, dan juga tahu. Meskipun berasal dari Kudus, namun saat ini garang asem juga sudah banyak dijual di beberapa daerah lain seperti Demak, Pati dan Solo meski dalam penyajiannya berbeda-beda.

3. Nasi Pindang

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Makanan khas Kota santri (julukan kota Kudus) selanjutnya adalah nasi pindang yang berasal dari desa Colo Kudus. Nasi pindang merupakan makanan khas yang berasal dari daging kerbau dengan kuah pindang berwarna kecokelatan. Rasa dari makanan khas ini adalah gurih dan manis

Pada umumnya, nasi pindang disajikan menggunakan wadah yang telah dialasi menggunakan daun pisang. Bagi Anda yang mempunyai rencana ke kota Kudus, maka sempatkan ke desa Colo untuk mencoba kuliner khas nan nikmat ini.

4. Pecel Pakis Colo

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Selain terkenal akan nasi pindang, desa Colo juga terkenal dengan makanan khas lainnya, yaitu pecel pakis Colo. Sesuai dengan namanya, pecel ini terbuat dari tanaman pakis yang diambil dari lereng gunung Muria.

Didalam pengolahannya sendiri tanaman pakis akan diambil daunnya untuk kemudian dilengkapi dengan bahan lainnya seperti tauge, mentimun dan juga kacang panjang yang telah dipotong-potong.

Pada awalnya, pecel pakis Colo merupakan makanan khusus untuk keluarga keraton Kasunanan Surakarta yang sangat menyukai pecel pakis yang dibuat oleh pemuda yang berasal dari desa Colo di Kudus.

5. Lentog Tanjung

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

Lentog Tanjung merupakan kuliner khas Kudus yang biasanya dijadikan sebagai menu untuk sarapan dan juga makan siang. Diambil dari namanya, lentog Tanjung berasal dari desa Tanjung Karang kecamatan Jati.

Beberapa orang menyebutnya lontong karena sekilas bentuknya mirip dengan lontong. Dalam penyajiannya sendiri umumnya menggunakan tiga bahan utama yaitu lontong, sayur gori/nangka dan tahu kani.

Kani sendiri merupakan santan kental dengan cita rasa gurih. Untuk menyantap lentog Tanjung biasanya menambahkan sambal cair.  Agar lebih sempurna dalam menyantap lentog Tanjung, maka Anda dapat menambahkan sate telur puyuh, bakwan dan  kerpuk.

Keunikan lainnya dari lentog Tanjung ini adalah wadah untuk menaruhnya menggunakan piring kecil beralaskan daun pisang.

6. Opor Bakar Sunggingan

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: www.beepdo.com

Opor adalah salah satu makanan yang digemari di Indonesia. Jika Anda akan berkunjung ke kota Kudus maka Anda akan dengan mudah menjumpai kuliner khas ini baik di pedagang kecil atau besar. Makanan khas ini berasal dari desa Sunggingan dan diciptakan di tahun 1920an.

Ciri khas opor bakar Sunggingan ini adalah ayam kampung akan dimasak utuh untuk kemudian dimasukkan semua bumbunya kedalam rongga perut ayam yang sebelumnya sudah diambil jeroannya.

Ini bertujuan agar bumbu-bumbunya dapat meresap kedalam daging ayam. Jika ayam telah empuk, tandanya ayam telah matang dan kemudian ke tahap selanjutnya yaitu membakarnya hingga merata.

Setelah itu, barulah ayam di potong-potong untuk kemudian disajikan bersamaan dengan kuah opor yang kental dimana kuah opor ini dibuat dari perpaduan air rebusan ayam dan juga santan kental.

7. Ayam Gongso

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: perpus.jatengprov.go.id

Gongso merupakan tumisan di dalam bahasa Jawa. Sedangkan ayam gongso merupakan tumisan ayam yang dimasak menggunakan bumbu kecap sehingga menciptakan rasa gurih, pedas dan juga manis yang menjadikannya sangat memanjakan lidah. Ayam gongso sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

8. Sate Kerbau

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: www.makanabis.com

Sebenarnya sate kerbau dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi sate kerbau khas Kudus ini memiliki keunikan dalam cara pengolahannya. Untuk membuat sate kerbau ini awalnya daging kerbau diiris kecil-kecil kemudian dimemarkan dengan cara dipukul-pukul.

Selanjutnya adalah memberikan bumbu dan kemudian diamkan sejenak selama beberapa jam agar bumbunya meresap. Setelah itu barulah potongan daging di tusuk-tusuk untuk kemudian dibakar diatas abu panas.

Dalam cara pembakarannya pun tidak boleh terlalu lama agar daging kerbau tidak terlalu keras sehingga tidak alot ketika dimakan. Inilah kunci yang membedakan antara sate kerbau khas Kudus dan sate kerbau yang berasal dari dari daerah lain.

Adapun untuk bumbu sate kerbau Kudus ini biasanya terbuat dari campuran serundeng, bawang merah dan bawang putih, kentang dan kacang tanah yang sebelumnya telah dihancurkan kasar.

9. Lepet

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Kota Kudus memang terkenal akan wisata religinya. Banyak para wali Allah SWT yang dimakamkan di daerah Kudus ini, beberapa diantaranya adalah Sunan Kudus dan Sunan Muria. Namun selain terkenal akan wisata religi, Kudus juga terkenal memiliki banyak kuliner-kuliner yang menggugah selera makan.

Di kota ini banyak makanan khas yang dijamin dapat membuat lidah Anda bergoyang karena cita rasa yang dimilikinya. Salah satu makanan yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke kota Kudus adalah lepet.

Nama makanan khas ini diambil dari bahasa Jawa “luput” yang berarti kesalahan. Pada umumnya, lepet dapat dengan mudah dijumpai pada hari ketujuh Idul Fitri. Lepet sendiri terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa kemudian direbus seperti halnya merebus lontong.

Selain itu, terdapat juga lepet yang dicampur dengan isian kacang tolo, pisang atau ada juga lepet dengan isian buah nangka.

Meski memiliki rasa yang enak, makanan khas ini juga memiliki filosofi yang cukup unik dimana orang yang lebih muda akan memberikan lepet ke rumah keluarga yang lebih tua sebagai simbol permintaan maaf untuk kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan baik yang disengaja atau tidak.

10. Intip Ketan

Makanan Khas Kudus
Sumber Gambar: pdbifiles.sgp1.digitaloceanspaces.com

Makanan khas terakhir yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota kretek adalah intip ketan. Intip ketan merupakan makanan khas yang dibuat dari ketan yang digiling hingga halus dan kemudian dicampur dengan kelapa parut.

Meski memiliki rasa yang enak, namun intip ketan khas Kudus ini sekarang cukup sulit ditemukan karena jarang ada orang yang menjual. Sedangkan untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau.

Nah itulah 10 makanan khas Kudus yang dapat Anda cicipi ketika berkunjung ke kota santri ini. Beberapa makanan diatas merupakan makanan khas yang memiliki cita rasa nikmat dan juga unik sehingga wajib dijadikan sebagai referensi ketika akan berkunjung ke kota Kudus.

Tinggalkan Balasan