Makanan Khas Kediri

Makanan Khas Kediri

Makanan Khas Kediri – Kediri merupakan salah satu kabupaten/kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dan Malang serta dikenal sebagai produksi gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Selain itu, Kediri juga terkenal sebagai kota yang kondusif dan banyak menyimpan kekayaan alam, religi dan juga kuliner.

Berbicara mengenai kekayaan kuliner, Kediri juga banyak menyimpan berbagai macam makanan khas yang tentunya menggugah selera seperti halnya makanan khas Aceh.

11 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Enak dan Wajib Kamu Coba

Kota ini juga dijuluki sebagai Kota Tahu. Hal ini karena Kediri memiliki beberapa kuliner khas yang berbahan dasar tahu. Namun ternyata terdapat kuliner lainnya yang terkenal enak dan wajib dicoba ketika Kamu berkunjung ke Kediri.

Nah, jika Kamu akan merencanakan berkunjung ke Kediri, maka dibawah ini akan kami uraikan mengenai 11 makanan khas Kediri yang terkenal enak sehingga wajib dicoba.

1. Soto Kediri

Makanan Khas Kediri
wikimedia.org

Kuliner khas Kediri pertama adalah Soto Kediri. Soto Kediri menjadi salah satu kuliner paling terkenal khas kota Kediri.

Berbeda dengan soto yang berasal dari daerah lain, misalnya Soto Sokaraja yang merupakan makanan khas Banyumas, Soto Kediri merupakan masakan berkuah santan yang dimana didalamnya terdapat berbagai isian seperti suwiran daging ayam, mie, tauge dan bahan pelengkap lainnya.

Sehingga jika Kamu berkunjung ke Kediri, maka salah satu kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan adalah Soto Kediri.

2. Tahu Poo

Makanan Khas Kediri
www.goodnewsfromindonesia.id

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Kota Kediri diberi julukan sebagai Kota Tahu. Hal ini senada dengan beberapa kuliner khasnya yang berbahan dasar tahu. Nah, salah satu olahan tahu yang cukup terkenal di Kota Kediri adalah Tahu Poo.

Tahu Poo memiliki keunikan yaitu ketika digoreng maka bagian tengahnya akan mengembang dan kosong. Soal rasanya sendiri tentu sangat gurih sehingga cocok dijadikan sebagai lauk. Selain itu, Tahu Poo juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Kediri.

3. Tahu Takwa

Makanan Khas Kediri
.kompasiana.comsant

Kuliner khas Kediri lainnya yang juga berasal dari olahan tahu adalah Tahu Takwa. Tahu Takwa juga menjadi salah satu rekomendasi untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kediri.

Berbeda dengan Tahu Poo, Tahu Takwa memiliki keunikan dimana ketika digoreng maka Tahu Takwa akan memiliki tekstur kulit luar yang sangat krispi dan enak.

4. Stik Tahu

Makanan Khas Kediri
3.bp.blogspot.com

Berkunjung ke Kota Tahu, maka sudah pasti akan dapat dengan mudah menemui kuliner khas yang berasal dari olahan tahu. Selain Tahu Poo dan Tahu Takwa, ternyata Kediri juga memiliki olahan tahu lainnya yang juga memiliki rasa yang cukup enak, yaitu Stik Tahu.

Stik Tahu biasanya dijual dalam bentuk kemasan karena makanan khas ini termasuk ke dalam makanan ringan dan cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Adapun bahan dasar dalam pembuatan Stik Tahu juga menggunakan tahu yang berkualitas yaitu yang berasal dari kedelai pilihan.

Untuk proses pengolahannya sendiri masih dilakukan dengan cara tradisional agar cita rasa khasnya tetap terjaga.

5. Carang Mas

Makanan Khas Kediri
i.ytimg.com

Jika di makanan khas Magelang terdapat Grubi, maka di Kediri pun terdapat kuliner khas yang serupa dengan Grubi, Kuliner ini diberi nama Carang Mas.

Carang Mas merupakan kuliner tradisional khas Kediri yang terbuat dari ubi jalar. Biasanya kuliner khas ini dijadikan sebagai camilan, ini karena Carang Mas memiliki rasa manis dan juga gurih.

Karena memiliki rasa manis dan gurih, maka Carang Mas sangat digemari oleh anak-anak. Selain itu, Carang Mas juga memiliki harga yang cukup terjangkau serta dapat dengan mudah ditemukan baik di pasar tradisional atau supermarket sekalipun.

Namun bagi Kamu yang akan berkunjung ke Kediri dan ingin menjadikan Carang Mas sebagai oleh-oleh, maka Kamu dapat menemukan jajanan khas ini di pusat oleh-oleh yang umumnya terdapat di Jawa Timur khususnya di Kediri.

6. Sate Emprit

Makanan Khas Kediri
live.staticflickr.com

Emprit merupakan burung pemakan biji-bijian yang juga biasa dikenal dengan nama burung pipit. Karena di Kediri banyak lahan pertanian padi, maka populasi burung emprit di Kediri pun terbilang sangat banyak dan masyarakat menganggap burung ini sebagai salah satu hama padi.

Hal ini menjadikan ide tersendiri bagi beberapa masyarakat Kediri untuk mencoba mencari jalan keluar agar populasi burung emprit dapat terkendali sekaligus dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan tambahan.

Maka terciptalah kuliner khas Kediri yang terbuat dari burung emprit, yaitu Sate Emprit. Meski memiliki bentuk yang kecil, namun Sate Emprit memiliki tekstur yang empuk dan gurih.

Biasanya Sate Emprit disajikan bersama bumbu kacang dan nasi putih hangat yang dilengkapi dengan beberapa jenis sayuran untuk dijadikan sebagai lalapan.

7. Sate Bekicot

Makanan Khas Kediri
gudeg.net

Beberapa orang mungkin setuju bahwa bekicot merupakan binatang yang memiliki fisik yang menjijikan, namun berbeda bagi masyarakat Kediri.

Di kota ini, beberapa masyarakatnya mengolah bekicot menjadi kuliner khas yang memiliki cita rasa yang cukup lezat, yaitu Sate Bekicot.

Makanan khas yang satu ini dapat ditemui di desa Djengkol, tepatnya berjarak 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Di desa Djengkol ini, Kamu dapat menjumpai berbagai olahan makanan khas yang berbahan dasar bekicot.

Seperti misalnya sate bekicot, oseng bekicot, keripik bekicot dan krengsengan bekicot. Pada umumnya, sate bekicot dijual dengan harga Rp. 15.000 per bungkusnya. Dalam satu bungkus, biasanya berisi sekitar 50an tusuk sate bekicot. Cukup terjangkau bukan?

Baca Juga : Makanan Khas Wonogiri

8. Pecel Tumpang

Makanan Khas Kediri
sifu.unileversolutions.com

Provinsi Jawa Timur terkenal sebagai provinsi yang memiliki berbagai olahan pecel, nah salah satunya terdapat di Kabupaten atau Kota Kediri ini. Kediri memiliki kuliner khas yang diberi nama Pecel Tumpang.

Pecel Tumpang biasanya disajikan bersama nasi hangat diatas pincuk/wadah yang beralaskan daun pisang. Untuk isiannya sendiri sebenarnya sama seperti halnya pecel pada umumnya.

Namun Pecel Tumpang memiliki perbedaan yaitu terletak pada sambalnya. Sambal untuk membuat Pecel Tumpang disebut Sambal Tumpang yang terbuat dari tempe busuk.

Meski menggunakan tempe busuk, namun dengan perpaduan berbagai bumbu membuat rasanya sangat nikmat.

9. Nasi Goreng Arang

Makanan Khas Kediri
pergikuliner.com

Pada umumnya, nasi goreng dimasak menggunakan kompor gas, ya kan? Akan tetapi jika Kamu berkunjung ke Kediri, maka akan menjumpai nasi goreng yang dimana dalam memasaknya masih menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan arang.

Sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama nasi goreng arang. Disana, penjual nasi goreng arang biasanya selalu ramai diserbu oleh para pembeli. Ini karena nasi goreng arang dibuat tanpa menggunakan penyedap rasa buatan pabrik.

Nah sebagai gantinya, para penjual nasi goreng arang menggunakan bumbu murni yang berasal dari rempah-rempah pilihan serta hanya menambahkan garam dan juga kecap.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, nasi goreng arang juga menggunakan isian suwiran ayam kampung sehingga menjadikan rasanya semakin sempurna.

10. Cenil

Makanan Khas Kediri
nusadaily.com

Cenil merupakan kuliner khas Kediri yang mirip seperti klepon. Jajanan pasar ini memiliki berbagai bentuk seperti kotak persegi, persegi panjang dan bulat.

Selain memiliki berbagai bentuk, cenil juga memiliki beragam warna yang dihasilkan dari pewarna makanan. Untuk bahan dasarnya sendiri menggunakan pati singkong.

Disebut mirip dengan klepon adalah karena cenil juga disajikan bersama taburan kelapa parut. Akan tetapi, cenil juga biasanya disiram dengan cairan gula merah atau ditaburi dengan gula pasir.

Baca Juga : Makanan Khas Pontianak

11. Getuk Pisang

Makanan Khas Kediri
cf.shopee.co.id

Kebanyakan makanan berupa getuk itu terbuat dari singkong, namun apa jadinya jika terdapat sebuah kuliner khas Kediri berupa getuk tetapi terbuat dari buah pisang?

Ya, kuliner khas nan unik ini dapat Kamu jumpai di Kediri. Didalam pengemasannya sendiri terbilang unik karena dikemas menggunakan daun pisang dan mirip seperti lontong.

Tekstur daripada getuk pisang ini sedikit padat dan keras serta memiliki rasa yang manis sehingga banyak digemari baik oleh anak-anak maupun dewasa. Meski dapat dinikmati langsung, namun getuk pisang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Kediri.

Demikianlah penjelasan mengenai 11 makanan khas Kediri yang wajib dicoba jika Kamu berkunjung ke Kota Tahu ini. Semoga dapat menjadi referensi bagi Kamu yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Kediri.

Tinggalkan Balasan