Makanan Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Makanan Khas Magelang – Magelang merupakan salah satu kabupaten/kota di Jawa Tengah yang cukup terkenal sebagai salah satu daerah dengan tradisi budaya daerah, kesenian dan objek wisatanya yang sangat beragam.

Selain itu, Magelang ternyata juga terkenal di kalangan para food traveler sebagai salah satu daerah yang memiliki berbagai macam kuliner lezat yang wajib dicoba ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Di kota ini, Anda juga dapat dengan mudah menjumpai berbagai macam makanan khas yang bercita rasa lezat baik di sudut-sudut kota atau bahkan di pelosok desa sekalipun.

13. Makanan Khas Magelang yang Terkenal Enak

Mungkin bagi masyarakat Magelang sendiri sudah mengetahui makanan khas apa saja yang terkenal enak. Namun lain cerita bagi Anda yang bukan asli Magelang melainkan sebagai warga luar kota.

Nah bagi Anda yang akan berkunjung atau berwisata ke Magelang namun belum mengetahui kuliner apa saja yang biasanya diburu oleh wisatawan karena memiliki rasa yang enak?

Dibawah ini adalah akan kami jelaskan mengenai 13 makanan khas Magelang yang terkenal enak dan rekomendasi para pecinta kuliner.

1. Mangut Lele

Makanan Khas Magelang
www.masakapahariini.com

Kuliner pertama yang wajib dicoba jika Anda berkunjung ke Magelang adalah mangut lele. Sebenarnya mangut lele juga dapat dijumpai di Yogyakarta. Hal ini karena dua kota tersebut secara wilayah berdampingan sehingga bukan hal yang aneh jika terdapat beberapa makanan khas yang sama.

Di Magelang, Anda dapat menemukan olahan mangut lele di dusun Tangklingan, kelurahan Pabean, Mungkid Magelang. Mangut lele ini mempunyai rasa yang gurih, pedas dan manis yang berpadu dengan kuah santan berwarna kuning kemerahan.

Sementara itu, dalam membuat mangut lele, maka dibutuhkan beberapa bumbu rempah-rempah. Beberapa bumbu rempah yang digunakan untuk membuat mangut lele adalah cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kencur, daun serai, daun salam, lengkuas, santan kelapa dan jeruk purut.

2. Mangut Beong

Makanan Khas Magelang
2.bp.blogspot.com

Sebagai salah satu makanan khas Jawa Tengah yang terkenal lezat, mangut beong juga merupakan kuliner khas Magelang yang juga wajib dicoba jika Anda berkunjung ke daerah yang terkenal akan candi Borobudur nya ini.

Mangut beong merupakan makanan khas yang mirip seperti gulai dengan kuah kaldu encer dan memiliki cita rasa pedas. Dalam membuat mangut beong sendiri menggunakan bahan baku ikan beong yang merupakan ikan air tawar bersungut mirip seperti ikan lele.

Adapun bagian kepala ikan beong merupakan bagian utama yang biasanya digunakan untuk membuat kuliner khas ini. Awalnya, ikan beong digoreng hingga kemudian dicampur bersama kuah pedas hingga bumbunya meresap.

3. Sego Godog

Makanan Khas Magelang
blue.kumparan.com

Sego godog jika dalam bahasa Indonesia berarti nasi rebus. Namun dalam merebus nasi ini tidak sembarangan asal rebus, melainkan dalam merebusnya, nasi rebus diberi bumbu seperti lada, bawang putih, mie dan beberapa jenis sayuran sebagai pelengkap.

Jika Anda berkunjung ke Magelang, maka sego godog dapat ditemukan di sekitar Noyoditan, Banjarnegoro, Magelang.

4. Sego Megono

Makanan Khas Magelang
2.bp.blogspot.com

Sebenarnya, sego megono merupakan makanan khas Wonosobo. Karena dua kabupaten ini bersebelahan sehingga kuliner yang satu ini juga dapat ditemukan di Magelang.

Sego megono sendiri merupakan makanan khas berupa nasi yang disajikan/dicampur bersama megono atau kluban. Di Magelang, megono adalah sayuran yang dikukus dan diberi bumbu seperti kencur, cabai, dan perasan jeruk purut.

Selain itu, megono juga biasanya diberi taburan ikan teri goreng atau bakar. Untuk jenis sayuran dalam membuat sego megono sendiri terbilang cukup beragam, seperti misalnya daun pepaya, nangka muda, daun singkong, daun kacang panjang, bayam, kecambah dan rebung.

5. Kupat Tahu

Makanan Khas Magelang
3.bp.blogspot.com

Sebenarnya kupat tahu dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, namun kupat tahu khas Magelang memiliki perbedaan dengan kupat tahu yang berasal dari daerah lain.

Perbedaan ini terletak pada bumbu dan bahan pelengkapnya. Biasanya kupat tahu khas Magelang berisi isian kol, tauge, mie, bakwan, dan bahan utama yang berupa tahu putih.

Sedangkan untuk bumbunya sendiri menggunakan bumbu sambal kacang dan diberi pelengkap kerupuk dan irisan mentimun ketika akan disajikan.

6. Slondok

Makanan Khas Magelang
api.omiyago.com

Slondok menjadi camilan khas Magelang yang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Camilan khas ini merupakan makanan ringan berbentuk kerupuk yang terbuat dari singkong.

Kerupuk slondok biasanya diolah dalam berbagai varian rasa, seperti slondok balado, slondok keju dan beberapa varian rasa lainnya.

7. Buntil Daun Talas

Makanan Khas Magelang
www.inibaru.id

Buntil merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal di daerah Jawa Tengah. Umumnya terdapat dua olahan buntil yang terkenal, yaitu buntil daun pepaya dan buntil daun talas.

Kota Magelang terkenal sebagai salah satu daerah yang mempunyai olahan buntil daun talas dengan cita rasa yang sangat nikmat.

Dalam pembuatannya sendiri, mula-mula dengan memilih daun talas yang masih muda. Sementara untuk isiannya sendiri berupa parutan kelapa, biji petai dan udang asin.

Untuk membuat makanan khas yang satu ini terbilang cukup mudah karena hanya memerlukan peralatan dapur yang sederhana. Buntil daun talas biasanya disajikan bersama kuah santan yang berisi cabai dan beberapa jenis rempah-rempah sehingga menciptakan warna kuah yang kemerahan.

8. Grubi

Makanan Khas Magelang
cdn.idntimes.com

Grubi adalah camilan khas Magelang yang terbuat dari ubi jalar serta biasanya dibentuk seperti bola-bola yang digoreng dan diberi bumbu menggunakan gula merah atau gula aren.

Karena diolah menggunakan ubi jalar dan gula merah, maka grubi memiliki cita rasa yang renyah dan manis. Camilan yang diberi nama grubi ini juga menjadi rekomendasi sebagai oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Magelang.

9. Getuk Cotot

Makanan Khas Magelang
food.grab.com

Getuk adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong rebus yang digoreng. Makanan khas ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung, karena singkong dipercaya mampu membantu pencernaan sehingga akan terasa nyaman di lambung.

Namun kuliner khas Magelang yang diberi nama getuk cotot ini berbeda dengan getuk goreng Sokaraja sebagai makanan khas Banyumas.

Hal ini karena getuk cotot terbuat dari singkong dan gula pasir. Sedangkan getuk goreng khas Purwokerto menggunakan gula merah atau gula aren yang diberi sedikit parutan kelapa.

10. Nasi Lesah

Makanan Khas Magelang
3.bp.blogspot.com

Nasi lesah menjadi kuliner khas Magelang yang sudah sangat langka, hal ini diperkuat oleh banyaknya warga Magelang yang merasa asing dengan kuliner khas ini.

Biasanya nasi lesah disajikan di atas piring dengan isian bihun, suwiran ayam, kecambah, irisan kubis, seledri, tahu bacem, bawang goreng, telur dan di siram menggunakan kuah kuning.

Kuah kuning ini terbuat dari rempah pilihan yang dicampur dengan santan. Aroma yang dikeluarkan oleh makanan khas ini terasa sangat sedap dan menyegarkan yang berasal dari bumbu-bumbu tersebut.

11. Geblek

Makanan Khas Magelang
pbs.twimg.com

Makanan khas yang diberi nama geblek ini juga terkenal sebagai salah satu makanan khas Purworejo dan Kulonprogo. Bahan untuk membuat geblek ini menggunakan tepung khusus agar adonannya tidak putus.

Sekilas geblek mirip seperti cireng, bedanya terletak pada rasanya yang lebih gurih dan tidak mengembang. Untuk bahan utamanya sendiri menggunakan pati singkong, gula, kelapa parut dan garam.

Apabila Anda berkunjung ke Magelang dan ingin mencoba kuliner unik ini, maka Anda dapat membelinya di angkringan atau di pasar-pasar tradisional. Biasanya geblek dijual selagi masih dalam keadaan hangat sehingga tidak cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga : Makanan Khas NTT

12. Tape Ketan Muntilan

Makanan Khas Magelang
i2.wp.com

Terdapat olahan tape khas Magelang yang cukup terkenal, yaitu tape ketan Muntilan. Biasanya tape ketan Muntilan dijual mulai dari Rp. 20.000 per 250 gram.

Tape ketan Muntilan umumnya dikemas dengan daun pisang dan plastik, sehingga lebih praktis jika ingin dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

13. Nasi Goreng Magelangan

Makanan Khas Magelang
i1.wp.com

Kuliner khas Magelang terakhir yang wajib dicoba jika berkunjung ke Magelang adalah nasi goreng magelangan. Nasi goreng magelangan disajikan bersama menu yang tidak biasa, yaitu mie basah dan balungan ayam.

Soal rasa, nasi goreng magelangan memiliki cita rasa sangat gurih karena dicampur dengan kuah kaldu ayam. Selain itu, keunikan lainnya dari nasi goreng ini adalah cara memasaknya yang menggunakan tungku arang sehingga menciptakan rasa yang sangat khas.

Demikian 13 makanan khas Magelang yang terkenal dan memiliki rasa yang nikmat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Magelang Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan