Makanan Khas Maluku

Makanan Khas Maluku

Makanan Khas Maluku – Berbicara tentang kepulauan Maluku, pasti yang terbayang pertama kali adalah keindahan alamnya  yang sangat memanjakan mata.

Namun, selain memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya ini, Maluku juga dikenal sebagai kepulauan yang kaya akan rempah-rempah sejak zaman kolonial. Seperti yang diketahui, rempah-rempah merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan agar bercita rasa lezat.

Selain itu, Maluku juga terkenal akan hasil lautnya yang sangat melimpah sehingga terdapat beberapa makanan khas Maluku yang dibuat dengan bahan utama hasil laut.

11 Makanan Khas Maluku Terfavorit yang Banyak Diburu Oleh Para Wisatawan

Maluku merupakan salah satu povinsi yang masuk ke dalam wilayah Indonesia Timur. Seperti yang diketahui, makanan pokok daerah Indonesia Timur kebanyakan menggunakan sagu, jagung atau umbi-umbian. Contohnya makanan khas NTT dimana makanan pokoknya kebanyakan berbahan dasar jagung.

Meskipun demikian, provinsi yang beribukota di Kota Ambon ini tetap menyimpan kekayaan kuliner yang dapat membuat Anda ketagihan. Hal ini karena kuliner khas Maluku dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang cukup beragam.

Dari sekian banyak kuliner yang ada di Maluku, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai 11 makanan khas Maluku terfavorit dan banyak diburu oleh para wisatawan.

1. Papeda

Makanan Khas Maluku
upload.wikimedia.org

Papeda menjadi kuliner khas Maluku pertama paling terkenal dan sudah tersebar dimana-mana. Saking terkenalnya makanan khas ini, bahkan Anda juga dapat menemukannya di Jawa karena banyak penjual papeda keliling.

Bahan dasar utama dalam pembuatan papeda adalah tepung sagu yang dimasak hingga terlihat seperti bubur. Karena terbuat dari tepung sagu, maka papeda memiliki tekstur yang kental dan lengket serta berwarna putih dan rasanya tawar. Sekilas, penampilannya mirip seperti lem kertas.

Kuliner yang termasuk ke dalam makanan tradisional ini biasanya disantap bersama ikan tongkol atau mubara yang sudah ditambahkan bumbu kunyit.

Adapun kandungan serat di dalam papeda terbilang cukup tinggi namun rendah kalori. Untuk menikmatinya juga unik, yaitu dengan cara menyerutupnya dari piring. Selain itu juga dapat menggulungnya menggunakan sumpit.

2. Ikan Asar

Makanan Khas Maluku
inisayadanhidupsaya.files.wordpress.com

Ikan asar atau ikan asap diolah dengan cara diasap. Meski diolah dengan cara diasap, namun ikan asar ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Umumnya makanan khas ini menggunakan ikan tuna dan ikan cakalang. Ini karena kedua ikan tersebut memiliki daging yang lebih tahan meski telah dilakukan pengasapan.

Selain dapat disantap langsung, ternyata ikan asar ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Maluku. Hal ini karena ikan asar dapat bertahan hingga tujuh hari.

Agar semakin sempurna dalam menikmati ikan asar maka sebaiknya ditemani bersama nasi hangat dan sambal colo-colo khas Maluku.

3. Ikan Kuah Pala Banda

Karena Maluku terkenal akan hasil lautnya yang sangat melimpah, membuat masyarakatnya sangat pandai dalam mengolah hasil laut. Pala Banda merupakan salah satu kreasi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Provinsi Maluku.

Sesuai dengan namannya, makanan khas ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Kudapan lezat ini biasanya menggunakan ikan kakap atau ikan kerapu sebagai bahan dasar utamanya.

Untuk bumbunya sendiri menggunakan berbagai macam rempah-rempah, seperti pala, merica, dan beberapa jenis rempah lainnya sehingga menciptakan rasa asam yang berpadu dengan rasa pedas.

Dahulu, kuliner ini merupakan hidangan istimewa untuk para pejabat Belanda, namun saat ini siapapun dapat menikmati makanan khas yang bercita rasa sangat lezat ini.

Baca Juga : Makanan Khas Magelang

4. Gohu Ikan

Makanan Khas Maluku
www.primarasa.co.id

Di Jepang, terdapat makanan khas yang terbuat dari daging mentah, yaitu sashimi. Nah, Indonesia juga memiliki kuliner khas yang terbuat dari daging ikan mentah. Tepatnya berasal dari Maluku Utara yang diberi nama gohu ikan.

Gohu ikan merupakan kuliner khas Maluku yang berbahan dasar utama dari daging ikan mentah. Biasanya dalam membuat gohu ikan, maka daging yang dipilih adalah daging ikan cakalang dan ikan tuna.

Cara pembuatannya sendiri terbilang mudah, yaitu daging cukup dipotong-potong seperti dadu, kemudian cuci hingga bersih lalu lumuri daging dengan garam dan perasan lemon.

Setelah itu, tambahkan daun kemangi, diamkan beberapa saat. Agar makin sempurna, tambahkan juga tumisan cabe rawit dan bawang merah yang dirajang kecil.

5. Halua Kenari

Halua kenari dapat dengan mudah dijumpai di Maluku Utara. Ini karena Maluku Utara memiliki daerah yang disebut Pulau Makian yang terkenal sebagai penghasil kenari.

Olahan makanan khas ini terbuat dari campuran gula merah dan biji kenari. Karena memiliki rasa yang manis dan bertekstur legit, maka halua kenari sangat cocok untuk menu diet karena kenari faktanya rendah lemak dan banyak mengandung protein.

6. Kohu-Kohu

Makanan Khas Maluku
www.reddoorz.com

Sekilas, kohu-kohu mirip seperti urap yang banyak ditemukan di Jawa, khususnya di makanan khas Jawa Tengah. Akan tetapi kohu-kohu memiliki isian yang berbeda dengan urap.

Hal ini karena kohu-kohu berisi sayuran seperti kacang panjang, tauge dan daun kemangi. Semua sayuran tersebut diolah ketika masih dalam mentah karena tidak melalui perebusan dan ini berbeda dengan pecel sayur dimana sayurnya harus direbus terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

Meski menggunakan sayuran mentah, namun rasanya terbilang nikmat karena diberi bumbu pilihan. Bahan dasar tersebut nantinya dicampur dengan parutan kelapa, suwiran ikan cakalang, irisan bawang merah mentah dan perasan lemon Cina.

Perasan lemon Cinta ini yang membuat kudapan khas Maluku terasa gurih yang berpadu dengan rasa asam segar. Disana, masyarakat Ambon biasanya menjadikan Kohu-Kohu sebagai santapan harian.

Selain terbuat dari sayuran mentah, terdapat juga kohu-kohu yang terbuat dari sayuran rebus. Sayuran rebus ini nantinya diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan perasan jeruk nipis. Kohu-kohu akan terasa semakin lengkap jika dinikmati bersama kasbi rebus atau singkong rebus.

7. Woku Komo-Komo

Makanan Khas Maluku
radiodms.com

Jika Anda berkunjung ke Maluku, olahan khas selanjutnya yang wajib dicoba adalah woku komo-komo yang terbuat dari bahan utama sagu. Woku komo-komo akan lebih cocok jika disajikan sebagai lauk untuk makanan utama/pokok.

Sebelumnya, dalam pembuatan woku komo-komo diawali dengan merendam sagu di dalam air. Untuk bumbunya sendiri terdiri dari bawang putih, jahe, daun serai, dan jeroan ikan yang telah ditumis.

8. Kasbi Komplet

Banyak masyarakat Maluku yang mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun ada juga olahan kasbi atau singkong yang biasanya dipilih sebagai alternatif untuk makanan pokoknya.

Biasanya mereka mengolah singkong menjadi makanan khas yang diberi nama kasbi komplet. Bahan utama dalam pembuatan kudapan ini adalah singkong rebus.

Singkong rebus biasanya diberi tambahan sayur jantung pisang, ikan bakar bumbu rica-rica, tumisan kangkung dan bunga pepaya serta kohu-kohu ikan pari.

9. Sambal Colo-Colo

Sambal Colo-Colo
id.tastemade.com

Ada satu olahan sambal khas Maluku yang cukup terkenal, sambal ini diberi nama colo-colo. Sambal colo-colo biasanya menjadi pilihan untuk menemani santap besar masyarakat Maluku agar makanan utamanya semakin menggugah selera.

Colo-colo sangat mirip dengan dabu-dabu yang berasal dari Manado. Pada umumnya, sambal colo-colo menggunakan campuran bawang merah, tomat, cabai rawit serta diberi perasan jeruk nipis.

Selain itu, sambal ini juga kerap kali diberi tambahan daun kemangi. Kebanyakan, masyarakat Maluku menggunakan kecap asin. Namun menurut cerita, dahulu para orang tua di Maluku dalam membuat sambal colo-colo mereka tidak menggunakan kecap.

Kudapan sambal ini sangat cocok dijadikan sebagai cocolan untuk olahan ikan goreng atau ikan bakar. Salah satu olahan ikan yang paling cocok diberi sambal khas ini adalah ikan asar.

10. Sagu Gula

Makanan Khas maluku
3.bp.blogspot.com

Karena di Maluku terdapat banyak pohon sagu sehingga membuat masyarakatnya seakan-akan tidak dapat terlepas dari yang namanya sagu.

Rata-rata makanan khasnya terbuat dari sagu. Di provinsi ini, terdapat jajanan pasar yang sangat digemari yang terbuat dari sagu, yaitu sagu gula. Sagu gula sendiri pada umumnya berbentuk persegi panjang dimana pada bagian atasnya diberi gula merah cair yang telah meresap ke dalam sagu.

Biasanya, mereka menikmati sagu gula dengan ditemani kopi sibu-sibu sebagai bukti atau bentuk kecintaannya terhadap tanah Maluku.

11. Kopi Sibu-Sibu

Makanan Khas Maluku
www.reddoorz.com

Kuliner khas Maluku terakhir adalah termasuk ke dalam jenis minuman, yaitu kopi sibu-sibu. Minuman ini terbuat dari biji kopi asli asal Maluku. Sibu-sibu sendiri memiliki arti angin sepoi-sepoi dalam bahasa Maluku.

Akan tetapi jika diartikan dalam bahasa Melayu Ambon maka artinya adalah rumah tempat melepas penat. Kopi khas Maluku ini terbuat dari jenis kopi robusta yang digiling dengan cara tradisional agar tidak menghilangkan aroma asli kopi.

Sehingga aromanya dapat terus menempel meski telah dibuat menjadi minuman. Penyajiannya sendiri biasanya kopi sibu-sibu diberi tambahan cacahan biji ketapang dan sedikit campuran bubuk cengkeh halus.

Aroma kopi yang cukup kuat ini akan berpadu dengan biji ketapang dan bubuk cengkeh sehingga menciptakan rasa yang berbeda dari kopi biasa.

Itulah 11 makanan khas Maluku terfavorit yang banyak diburu oleh para wisatawan. Selain terkenal, makanan khas tersebut diatas memiliki rasa yang lezat sehingga wajib Anda coba ketika berkunjung ke Provinsi Maluku.

Tinggalkan Balasan