Burung Kolibri Kelapa

Burung Kolibri Kelapa

Jenis burung kolibri yang ada di Indonesia memang sangat banyak, sebut saja burung kolibri kelapa, sogok ontong atau yang lebih familiar adalah burung kolibri ninja.

Seperti halnya jenis kolibri lainnya, kolibri kelapa juga mempunyai warna bulu mengkilap metalik yang sangat indah. Kolibri kelapa memiliki warna metalik yang menghiasi dari bagian kepala hingga ke bagian tengkuk dengan gradasi warna biru yang mewah.

Berbicara mengenai suara kicauannya, kolibri kelapa juga memiliki suara kicauan yang tidak kalah merdu jika dibandingkan dengan jenis burung kicau kecil lainnya.

Baca Juga : Burung Pelatuk Bawang

Mengenal Jenis Burung Kolibri Kelapa

Burung Kolibri Kelapa
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Di daerah Jawa Tengah, burung ini terkenal dengan nama Wiceh. Ini karena burung yang berjenis kelamin jantan mampu berkicau dengan suara yang terdengar seperti suara “wiceh… wiceh… wiceh”.

Selain itu, kolibri kelapa juga dapat mengeluarkan suara crecetan atau besetan yang cukup rapat, melengking dan juga kencang sehingga sering dimanfaatkan oleh kicau mania untuk dijadikan sebagai burung master untuk memaster jenis burung kicau yang biasa dijadikan sebagai burung kontes.

Untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya juga terbilang cukup mudah, berbeda dengan cara membedakan kenari jantan dan betina yang terbilang cukup sulit.

Ketika sudah dewasa, kolibri kelapa jantan memiliki warna biru metalik yang mengkilap di bagian punggungnya serta memiliki mahkota di atas kepala. Berbeda dengan kolibri kelapa betina yang tidak memiliki warna metalik seperti si jantan.

Di alam liar, kolibri kelapa memiliki sifat yang terbilang agresif. Biasanya, ia akan mengusir jenis burung pemakan madu lainnya bila ada yang mendekati untuk mencari madu di sekitar wilayahnya.

Ia juga memiliki keunikan yang terletak pada sarangnya dimana sarangnya membentuk seperti kantung yang menggantung. Sarang ini terbuat dari serat rumput yang sudah kering.

Kolibri kelapa atau kolibri manggar memiliki nama latin Anthreptes Singalensis. Jenis kolibri ini dapat dijumpai di daerah perkebunan yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, hutan mangrove dan di sekitar pesisir pantai.

Selain memakan madu atau nektar bunga, kolibri kelapa juga suka memakan berbagai jenis serangga, seperti kupu-kupu dan juga laba-laba.

Persebaran Kolibri Kelapa

Persebaran kolibri kelapa terbilang cukup luas. Kita dapat menemukannya di semenanjung Malaysia, Filipina dan juga Indonesia. Di Indonesia sendiri, kolibri kelapa dapat dengan mudah dijumpai di Pulau Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Baca Juga : Burung Opior Jawa

Cara Merawat Kolibri Kelapa

Burung Kolibri Kelapa
Sumber Gambar: bakicau.com

Dalam perawatan harian kolibri kelapa sendiri terbilang cukup mudah, bahkan lebih mudah daripada merawat kolibri ninja.Kita cukup memberikan pakan berupa air gula atau dapat juga memberinya madu.

Selain itu, ia juga suka memakan voer yang di campur dengan serangga kecil, misalnya jangkrik atau ulat hongkong/kandang.

Dengan kita lebih mengetahui tentang burung kolibri kelapa ini berikut dengan ciri khas dan penyebarannya, maka sekarang kita semakin tahu dan mengenal seperti apa kolibri kelapa itu. Meskipun bukan tergolong ke dalam jenis burung kontes, namun kolibri kelapa sangat cocok dijadikan sebagai burung master.