Jenis Burung Kicau Kecil

Terdapat berbagai jenis burung kicau kecil dan jenis burung kicau lainnya yang dapat dipelihara dan dijadikan sebagai burung kontes.

Berbagai macam jenis burung baik itu yang berukuran kecil atau besar dapat dengan mudah dijumpai disekitar kita. Biasanya para kicau mania memiliki kegemaran berbeda-beda untuk memelihara burung kicau ini.

Diantaranya ada yang menyukai jenis burung kicau besar namun ada juga yang lebih memilih jenis burung kicau yang berukuran kecil.

5 Jenis Burung Kicau Kecil Paling Populer

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Ya, meskipun memiliki ukuran tubuh yang mungil, jenis burung di bawah ini juga memiliki suara yang tidak kalah indah dan keras jika dibandingkan dengan jenis burung kicau yang berukuran besar.

Burung yang memiliki ukuran tubuh kecil ini juga sekarang banyak dijadikan sebagai burung kontes lho!

Penasaran jenis burung apa saja yang memiliki ukuran kecil namun populer dan beberapa diantaranya dijadikan sebagai burung kontes? Berikut ulasannya.

1. Burung Pleci (Kacamata)

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar: image.winudf.com

Jenis burung kicau kecil yang pertama adalah jenis burung Pleci. Kalian pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan burung kicau kecil yang memiliki ciri-ciri bulu berwarna hijau di seluruh tubuhnya dan terdapat kacamata putih di sekitar matanya ini?

Sebenarnya itu bukanlah kacamata yang seperti dipakai oleh orang-orang ya. Hehe. Kacamata yang terdapat di burung Pleci ini sebenarnya merupakan bulu-bulu halus yang mungkin berguna sebagai pelindung bola matanya.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun burung Pleci menjadi salah satu burung kicau kecil yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para kicau mania.

Hal ini karena burung Pleci memiliki suara yang sangat nyaring dan dapat membuka paruhnya dengan lebar. Kebiasaan dari burung ini yaitu dapat meriwik.

Dimana suara riwikan ini dapat membuat orang yang mendengarkannya akan terasa lebih nyaman. Selain itu, Pleci juga dapat menembakkan suaranya dengan keras atau biasa disebut “ngalas”.

Selain dapat dijadikan sebagai burung kontes, Pleci juga biasanya dimanfaatkan sebagai burung master atau guru vokal untuk burung kontes lainnya seperti burung Murai Batu.

2. Burung Prenjak

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Selanjutnya adalah burung Prenjak. Burung Prenjak termasuk ke dalam jenis burung kicau yang memiliki ukuran kecil. Seperti halnya burung Pleci, Prenjak merupakan salah satu burung kecil yang sangat populer untuk dijadikan sebagai burung kontes atau burung master.

Ya, meskipun burung Prenjak memiliki bentuk tubuh yang kecil namun jangan salah dengan suaranya, karena burung Prenjak dapat mengeluarkan suara yang sangat melengking/keras.

Karena memiliki suara yang keras, maka burung ini cocok dijadikan sebagai burung master atau burung kontes.

Dari sekian banyak jenis burung Prenjak, mungkin jenis burung Prenjak kepala merah merupakan jenis yang paling populer karena suaranya yang keras dan melengking.

Banyak kicau mania termasuk Saya sendiri yang tertarik untuk memelihara burung ini untuk sekedar dijadikan sebagai burung peliharaan atau dijadikan sebagai burung masteran.

Sedikit tips, jika kita ingin membeli burung Prenjak bakalan atau anakan, maka pilihlah Prenjak yang berjenis kelamin jantan.

Hal ini karena hanya Prenjak jantan yang dapat mengeluarkan suara kicauan yang sangat keras serta memiliki beberapa variasi suara kicauan (tidak monoton).

3. Burung Kolibri Ninja

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar: suarakicaumania.blogspot.com

 

Jenis burung kicau selanjutnya adalah jenis burung Kolibri Ninja. Sekedar informasi, sebenarnya Kolibri Ninja merupakan burung yang berpostur tubuh kecil yang dilindungi oleh pemerintah, namun saat ini banyak orang yang memeliharanya.

Beberapa faktornya mungkin karena bentuk tubuh Kolibri Ninja yang sangat indah serta memiliki banyak variasi suara dan juga dapat “ngobra” saat berkicau.

Kami sarankan jika ingin memelihara burung yang satu ini maka harus melakukan perawatan yang benar-benar ekstra. Karena jenis burung Kolibri Ninja ini gampang-gampang susah jika dipelihara.

Selain itu, berhentilah mengambil Kolibri Ninja di alam liar mengingat burung ini merupakan burung yang dilindungi serta untuk menghindari agar populasinya tidak terus berkurang.

4. Burung Tledekan

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar; abahtani.com

Burung Tledekan termasuk ke dalam jenis burung kicau yang berukuran kecil. Terdapat beberapa jenis burung Tledekan yang biasanya dipelihara oleh para kicau mania, seperti Tledekan Gunung, Tledekan Bambu dan juga Tledekan Laut.

Namun Tledekan Gunung merupakan jenis yang paling populer dipelihara karena dapat mengeluarkan suara sulingan yang sangat khas.

Selain itu, Tledekan Gunung memiliki perpaduan warna bulu yang indah sehingga enak untuk dipandang.

5. Burung Samyong (Kancilan Flores)

Jenis Burung Kicau Kecil
Sumber Gambar: hargaburung.id

Jenis burung kicau yang tergolong ke dalam ukuran kecil yang terakhir adalah burung Samyong atau Kancilan Flores.

Burung ini memiliki suara yang sangat nyaring serta dijuluki sebagai burung 1001 suara. Hal ini karena burung Samyong memiliki keahlian yaitu dapat menirukan suara burung jenis lainnya.

Sebenarnya terdapat lebih dari 5 jenis burung kicau yang memiliki tubuh kecil. Pembahasan diatas merupakan jenis burung kicau kecil yang paling populer menurut satrianesia.com.

Kita boleh memelihara jenis burung kicau kecil seperti yang telah dijelaskan diatas. Namun alangkah baiknya jika kita memelihara burung kicau kecil ini hasil dari tangkaran/ternakan saja supaya populasi di alam liarnya tetap terjaga.

Tinggalkan komentar