Jenis Burung Kicau

Jenis Burung Kicau

Berbagai jenis burung kicau dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Maka tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memiliki hobi memelihara burung kicau.

Jenis burung kicau ini biasanya dimanfaatkan untuk sekedar menjadi hewan peliharaan dirumah. Namun beberapa diantaranya juga memanfaatkan burung kicau untuk dijadikan burung kontes atau juga dapat dijadikan sebagai burung master/guru vokal untuk burung kontes.

Baca juga seputar pengetahuan lainnya di satrianesia.com.

19 Jenis Burung Kicau Bersuara Merdu Lengkap Beserta Gambarnya

Terdapat begitu banyak jenis burung kicau yang ada di negara kita ini. Dimana jenis burung dibawah ini memiliki suara atau kicauan yang begitu indah.

Maka tak heran jika beberapa diantaranya memiliki harga yang sangat tinggi. Penasaran jenis burung kicau apa saja yang mempunyai suara merdu dan sering dijadikan sebagai burung kontes? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Burung Cucak Rowo (Cucak Rawa)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: boombastis.com

Burung kicau yang pertama adalah burung Cucak Rowo. Pasti semua kicau mania tidak asing dengan burung ini bukan?

Cucak Rowo merupakan salah satu burung kicau yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Hal ini sebanding dengan suara ngerolnya yang merdu dan juga melengking.

Salah satu daya pikat burung ini yaitu terletak pada suaranya yang keras dan banyak variasi. Kelebihan burung ini bukan hanya terletak pada suaranya saja, melainkan burung Cucak Rowo juga memiliki mental juara sehingga cocok dijadikan sebagai burung kontes.

Di Indonesia sendiri, kita dapat menemukan burung Cucak Rowo di beberapa pulau, seperti pulau Sumatra, Jawa bagian barat, Kalimantan hingga Pulau Papua.

2. Burung Murai Batu

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: cdn.era.id

Burung kicau selanjutnya yang memiliki harga tidak kalah dengan Cucak Rowo adalah burung Murai batu.

Burung ini terkenal dengan kecerdasannya yaitu dapat menirukan suara burung lain. Hal ini yang menjadikan burung Murai batu menjadi salah satu burung kontes unggulan serta memiliki harga jual yang tinggi.

Diantara jenis Murai batu yang terdapat di Indonesia, burung Murai batu Medan merupakan jenis burung kicau terbaik yang diakui dunia.

3. Burung Cucak Ijo (Cucak Hijau)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: abahtani.com

Burung Cucak Ijo memiliki ciri-ciri warna bulu yang didominasi warna hijau hampir diseluruh tubuhnya. Hal ini yang menjadi alasan burung ini dinamakan burung Cucak Ijo atau Cucak hijau.

Di alam liar, kita dapat menemukan burung Cucak Ijo di pulau Jawa, Sumatra, Bali dan pulau Kalimantan. Namun diantara sekian banyak jenis burung Cucak Ijo yang ada di Indonesia, jenis Cucak Ijo Banyuwangi merupakan jenis Cucak Ijo yang menjadi primadona.

Sama seperti burung murai batu Medan, Cucak Ijo juga banyak digemari oleh para kicau mania sebagai burung kontes karena memiliki suara yang merdu dan dapat menirukan suara burung lain.

4. Burung Punglor Merah (Anis Merah)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: arenahewan.com

Burung Punglor Merah atau nama terkenalnya adalah Anis Merah merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer karena suaranya yang merdu.

Selain itu, Anis Merah juga memiliki keunikan yaitu dapat teler saat berbunyi sehingga jenis burung ini sering dijadikan sebagai burung kontes.

5. Burung Punglor Kembang (Anis Kembang)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Masih satu keluarga dengan burung Anis Merah, inilah burung Punglor Kembang atau Anis Kembang. Burung ini memiliki suara yang merdu dan nyaring sehingga banyak kicau mania yang memelihara burung ini.

Meskipun burung ini memiliki warna dan suara yang indah, namun sangat sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya apalagi jika kita masih pemula di dunia kicau mania.

Selain sulit untuk membedakan jenis kelamin, perawatan burung ini ini juga terbilang sulit karena burung ini tergolong ke dalam burung pemalu. Jadi burung ini sangat jarang berkicau ketika ada orang di dekatnya.

6. Burung Kacer

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Burung Kacer atau beberapa orang menyebutnya burung Koci memiliki ciri fisik yang khas, yaitu memiliki bulu berwarna hitam pada bagian kepala sampai dada, dan warna putih di bagian perut dan sebagian sayapnya.

Burung jenis ini juga merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh kicau mania karena memiliki suara yang merdu dan harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis burung Murai Batu.

7. Burung Tledekan

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: hargaburung.id

Selanjutnya adalah jenis burung Tledekan. Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang sedang naik daun dan sudah diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung.

Keunikan burung ini yaitu dapat menirukan suara suling yang merdu. Terdapat beberapa jenis burung Tledekan yang popouler, seperti jenis burung Tledekan Gunung, Tledekan Bakau dan Tledekan Laut.

8. Burung Cendet atau Pentet

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: arenahewan.com

Cendet atau Pentet merupakan jenis burung yang memiliki kicauan yang sangat keras serta dapat menirukan suara burung lain yang menjadikan burung ini banyak digemari oleh para pecinta burung.

Di alam liar, burung ini merupakan burung predator dan tergolong kedalam jenis burung teritorial. Cendet tidak segan-segan membunuh burung lain yang memasuki wilayahnya bahkan sempat beredar foto/video burung Cendet yang sedang bertarung melawan seekor ular yang mendekati sarangnya.

9. Burung Pleci (Kacamata)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: arenahewan.com

Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang awalnya tidak tenar dan bukan menjadi pilihan sebagai burung peliharaan. Namun belakangan ini, burung Pleci menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai burung kontes.

Meskipun memiliki postur tubuh yang kecil, burung Pleci memiliki suara kicauan yang khas yaitu ‘ngeriwik’ sehingga banyak kicau mania yang memeliharanya.

10. Burung Kolibri Ninja

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: omkicau.com

Kolibri Ninja merupakan jenis burung yang tergolong ke dalam keluarga kolibri (colibri). Sebenarnya terdapat banyak jenis burung yang tergolong kedalam keluarga kolibri seperti Kolibri Ninja, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Wulung, Kolibri Kelapa dan masih banyak lagi jenis Kolibri lainnya.

Namun dari sekian banyak jenis burung yang tergolong kedalam jenis Kolibri, Kolibri Ninja merupakan yang paling sering dijadikan sebagai burung kontes. Hal ini karena Kolibri Ninja memiliki suara yang khas dan juga enak didengar.

11. Burung Robin (Panca Warna)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: hargaburung.id

Burung Robin merupakan salah satu burung kicau yang memiliki warna yang begitu indah. Selain memiliki berbagai perpaduan warna, burung ini juga mempunyai suara kicauan yang merdu.

Setidaknya terdapat 5 perpaduan warna pada burung ini, yaitu warna kuning, cokelat, oranye, biru dan hitam.

12. Burung Trucukan

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: hewanpedia.com

Jenis burung kicau selanjutnya adalah burung Trucukan. Jika dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya, burung yang satu ini memiliki harga yang paling murah yaitu sekitar Rp. 20.000-300.000. Namun harga tersebut dilihat dari kondisi burungnya sendiri.

Burung Trucukan biasanya hanya dijadikan sebagai burung peliharaan. Tetapi belakangan ini, sudah banyak kontes burung yang menyediakan khusus kategori burung Trucukan. Sehingga harganya tidak dapat dipatok dengan harga tersebut diatas.

13. Burung Jalak Suren

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com

Jalak Suren merupakan salah satu burung dari keluarga Jalak yang paling populer dan banyak digemari oleh kicau mania.

Hal ini karena Jalak Suren memiliki kicauan yang nyaring dan bisa menirukan suara burung lain. Selain itu, burung ini juga memiliki sifat yang ramah terhadap pemiliknya.

Bahkan dari beberapa jenis burung Jalak Suren yang dipelihara, diantaranya ada yang mampu berbicara layaknya burung Beo. Namun hal ini sangat jarang ditemukan dan harus melakukan perawatan khusus sedari masih anakan.

Burung ini biasanya dijadikan sebagai master/guru vokal untuk jenis burung lainnya yang dijadikan sebagai burung kontes.

14. Burung Cucak Jenggot

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Jika diliat dari fisiknya, Cucak Jenggot memiliki postur tubuh yang sangat mirip dengan burung Trucukan. Perbedaannya terletak pada jenggot yang dimiliki oleh jenis burung Cucak Jenggot dimana jenggot ini tidak dimiliki oleh burung Trucukan.

Cucak Jenggot juga merupakan burung kicau yang menjadi pilihan untuk dipelihara karena selain perawatannya yang mudah, burung ini juga memiliki harga bakalan yang terbilang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 150.000-300.000, tergantung dari kondisi burungnya.

15. Burung Pelatuk

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: hargaburung.id

Dahulu, burung ini hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, burung ini malah menjadi salah satu burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Ya, inilah burung Pelatuk.

Burung ini memiliki kicauan yang merdu serta menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai burung master atau guru vokal untuk burung kontes, misalnya burung Murai Batu, Cucak Ijo atau burung kontes lainnya.

16. Burung Ciblek

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: Jenis Burung Kicau

Siapa yang tidak mengenal jenis burung ini. Burung yang memiliki suara sangat keras ini biasanya dijadikan sebagai burung master atau bahkan dijadikan sebagai burung kontes. Inilah burung Ciblek.

Di Indonesia, burung ini tersebar di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan beberapa pulau lainnya.

17. Burung Sirtu (Cipoh)

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: hargaburung.id

Jenis burung kicau selanjutnya adalah burung Sirtu atau Cipoh atau Cito. Banyak kicau mania yang menggemari burung ini, salah satunya Saya. Hehe. Hal ini karena burung Sirtu memiliki suara yang merdu dan sangat enak didengar.

Selain dijadikan sebagai burung peliharaan, burung Sirtu juga dijadikan sebagai master untuk burung yang biasa dijadikan sebagai burung kontes.

18. Burung Branjangan

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Mungkin diantara jenis burung kicau lainnya, burung Branjangan merupakan burung kicau yang tidak banyak dipelihara atau bisa dikatakan hanya beberapa orang saja yang memelihara burung Branjangan ini.

Alasannya mungkin karena jika ingin memelihara jenis burung ini harus memiliki tingkat kesabaran yang ekstra, apalagi jika memeliharanya sedari masih bakalan.

Namun dibalik itu, Branjangan merupakan burung yang memiliki corak bulu yang sangat indah, yaitu bermotif batik dan ciri khas burung ini dapat mengepakkan sayapnya ketika bertarung/berbunyi.

Burung Branjangan juga pandai ‘ngeriwik’ dan dapat menirukan suara burung lain.

Di alam liar, burung ini menyukai tempat terbuka seperti di area persawahan atau di ladang. Branjangan tergolong kedalam keluarga Alaudidae dan berasal dari bangsa Passeriformes.

Harga jenis burung Branjangan ini tergantung dari kualitas dan darimana asalnya. Kualitas burung Branjangan terbaik yaitu berasal dari Kaliori-Banyumas dimana harga bahan/bakalannya bisa mencapai Rp.900.000.

19. Burung Gelatik

Jenis Burung Kicau
Sumber Gambar: arenahewan.com

Jenis burung kicau yang terakhir adalah jenis burung yang memiliki ciri-ciri yaitu postur tubuh yang kecil. Namun jangan salah, burung ini juga memiliki banyak peminatnya lho! Dialah si burung Gelatik.

Biasanya para kicau mania memanfaatkan suara burung gelatik yang melengking ini untuk dijadikan sebagai kombinasi suara burung lainnya atau dijadikan sebagai burung master.

Meskipun demikian, harga burung ini juga terbilang cukup terjangkau tergantung dari kondisi burung dan wilayah juga mempengaruhi harga jualnya.

Itulah ulasan lengkap mengenai 19 jenis burung kicau yang dapat kami jelaskan. Kami sarankan untuk memelihara burung kicau hasil tangkaran/ternakan ya teman-teman agar ekosistem di alam liar tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan