Burung Merpati Kolongan

Burung Merpati Kolongan

Burung merpati kolongan merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak penggemar di berbagai daerah di Indonesia. Ini disebabkan karena banyaknya even perlombaan burung merpati baik di tingkat daerah atau tingkat nasional.

Terdapat beberapa jenis burung merpati yang banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Misalnya saja merpati balap, merpati kolongan, jenis merpati pos, dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama-sama mengenai ciri-ciri merpati kolongan yang berkualitas dan bermental juara.

Baca Juga : Burung Cucak Biru

Ciri-Ciri Burung Merpati Kolongan Berkualitas

Burung Merpati Kolongan
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Merpati kolongan memiliki kemampuan terbang yang cukup tinggi serta mampu mendarat dengan sangat cepat dan tepat pada tempat yang telah disediakan. Namun tidak semua jenis merpati kolong mempunyai kelebihan seperti itu melainkan kita harus melatihnya secara rutin.

Sebelum kita merawat dan melatih merpati kolongan agar bermental juara, maka kita harus memiliki calon burung yang bagus. Kita wajib mengetahui ciri-ciri merpati kolong berkualitas yang memiliki mental juara. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai ciri-ciri merpati kolong yang berkualitas dan bermental juara.

Burung merpati kolong yang berkualitas umumnya memiliki ukuran kepala yang besar dimana bagian batok kepala pada bagian depan terlihat lebih tinggi daripada bagian batok kepala bagian belakang.

Ciri-ciri kepala seperti ini biasanya disebut dengan nama nonong. Burung merpati yang memiliki bentuk kepala seperti itu mempunyai kemampuan turun dengan sangat baik dengan jarak kemiringan mencapai 90 derajat ketika menukik ke bawah.

Selain itu, merpati kolongan yang berkualitas juga mempunyai bentuk paruh yang runcing dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan panjang.

Ia juga memiliki bola mata yang terlihat kering dan juga jernih seperti ada kaca di dalamnya. Memiliki pupil berwarna hitam pekat serta responsif terhadap cahaya. Dengan kondisi mata seperti itu, maka burung merpati akan memiliki kemampuan melihat dengan sangat baik.

Jenis burung merpati kolong mempunyai bentuk leher panjang dan juga tegak serta memiliki tulang yang cukup kuat. Sedangkan bentuk badannya nampak seperti jantung pisang atau terlihat mirip huruf V.

Pada bagian bahu sayap merpati lentur namun kuat dan mempunyai bahu yang tebal dan juga seimbang antara bahu kanan dan kirinya.

Burung merpati yang memiliki bentuk ekor yang rapat biasanya mempunyai kemampuan mengerem/berhenti yang sangat baik sehingga dapat meminimalisir akan benturan yang sangat keras yang dapat membahayakan burung merpati itu sendiri.

Adapun ciri lainnya terkait dengan burung merpati kolong yang baik adalah memiliki kaki yang nampak bersisik dan juga panjang. Pada saat merpati dipegang, maka secara otomatis kedua kakinya akan mendorong ke belakang sejajar dengan arah ekor.

Cara Memilih Burung Merpati Kolongan Berkualitas

Burung Merpati Kolongan
Sumber Gambar: ytimg.com

Salah satu hal yang tidak boleh di abaikan jika kita ingin memiliki burung merpati kolong yang baik dan bermental juara adalah kita wajib memilih jenis burung merpati yang berkualitas.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan ketika akan memilih merpati kolongan. Misalnya saja dengan mengamati bentuk fisik, baik dengan cara meraba atau melihatnya secara langsung.

Tips memilih merpati kolongan yang baik lainnya adalah dengan cara genotif atau memilih dari trah atau keturunannya.

Namun jika kita ragu dan tidak percaya dengan merpati yang kita pilih, maka kita dapat mendatangi ajang perlombaan burung merpati, menunggu siapa yang akan menjadi juaranya kemudian menawar dan membelinya langsung terhadap si pemilik merpati juara tersebut.

Adapun cara terakhir ini dapat dibilang paling akurat dan juga instan. Meskipun demikian, kita harus menyiapkan dana yang cukup besar karena pasti burung merpati jawara memiliki harga yang sangat mahal.

Dalam memilih merpati kolongan yang bagus dan berkualitas, kita tidak boleh mengabaikan ciri-ciri merpati kolongan seperti yang telah kita bahas bersama-sama diatas.

Dengan berpatokan pada ciri-ciri merpati yang berkualitas, maka pasti ketika akan memilih, kita juga akan dapat mengamatinya secara langsung seperti apa merpati yang akan kita pilih.

Maka dari itu, mempelajari dengan baik dan benar mengenai ciri-ciri burung merpati kolongan yang bagus merupakan suatu hal yang penting sehingga tidak akan tertipu dan menyesal setelah mendapatkan burung merpati yang kita pilih sendiri. Semoga bermanfaat.