Lovebird Euwing

Jenis burung Lovebird yang ada di dunia memang cukup banyak, salah satunya adalah jenis Lovebird Euwing atau Ewing. Lovebird jenis ini tergolong cukup sulit di temukan di Indonesia karena memiliki keunikan tersendiri pada warnanya sehingga menjadikannya memiliki harga yang cukup mahal.

Berbicara tentang Lovebird Ewing, ternyata Lovebird ini mempunyai banyak varian mutasi warnanya lho! Beberapa varian mutasi warna Lovebird Ewing adalah Lovebird Biola Ewing, Lovebird Ewing biru, Lovebird Ewing Dark Violet Fischeri, Lovebird Ewing Violet, Lovebird Parblue Ewing, dan masih banyak lagi.

Banyak para kicau mania yang menggemari jenis burung paruh bengkok ini karena memiliki suara kicauan yang khas serta memiliki perpaduan warna yang sangat indah.

Mengenal Jenis Lovebird Euwing atau Ewing

Lovebird Euwing
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Lovebird Euwing merupakan akronim dari Eumelanin dan Wing dimana artinya adalah bagian sayap mengalami peningkatan Eumelanin atau faktor gelap. Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa sayap jenis Lovebird Ewing terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan Lovebird Kacamata Topeng atau jenis Lovebird lainnya.

Karena memiliki sayap yang terlihat lebih gelap, maka pada bagian punggungnya terlihat lebih cerah. Sehingga jika diperhatikan dengan seksama, maka bagian punggung Lovebird Ewing ini terlihat seperti terdapat simbol dengan huruf V.

Sejarah Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
Sumber Gambar: zenhobbies.net

Lovebird Ewing pertama kali ditemukan oleh Piet Verhijde yang berasal dari Belanda pada tahun 2004. Konon, jenis Lovebird ini terlahir dari indukan Lovebird hijau atau ijo standar (Jostan) dengan Lovebird Lutino Fischeri.

Sekilas, Lovebird Ewing terlihat mirip seperti Lovebird Olive, namun Lovebird Ewing memiliki warna kuning kehijauan yang terlihat lebih menyala dan tegas, berbeda dengan Lovebird Olive dimana warnanya terlihat lebih kusam.

Dinamakan Lovebird Euwing atau Ewing karena jenis Lovebird ini terjadi peningkatan warna gelap atau hitam di bagian sayap sehingga membentuk huruf V pada bagian punggung.

Karena peningkatan warna gelap pada sayapnya ini yang disebabkan oleh Eumelanin, maka Lovebird Euwing disebut dengan Eumelanin on the wing atau disingkat Euwing.

Ciri-Ciri Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
Sumber Gambar: s0.bukalapak.com

Nah, untuk mengetahui ciri Lovebird Ewing, kita tidak cukup hanya dengan melihat dari bagian punggungnya saja yang berbentuk huruf V, namun kita juga perlu melihat ciri-ciri lainnya yang dimiliki oleh Lovebird Ewing ini. Berikut ini adalah ciri-ciri lengkap yang dimiliki oleh Lovebird Ewing.

  • Bagian kepala Lovebird Ewing umumnya berwarna hitam mirip seperti kepala Lovebird Dakori. Meski kebanyakan berwarna hitam, namun ada juga Lovrbird Ewing yang kepalanya berwarna merah atau oranye seperti kepala Lovebird Biola.
  • Paruh burung Lovebird Ewing kebanyakan berwarna merah.
  • Jika dilihat pada bagian punggungnya, sayap Lovebird Ewing akan membentuk huruf V dan ini terlihat cukup kontras karena warna punggung dan kedua sayapnya berbeda.
  • Lovebird Ewing memiliki sayap yang bermotif trotol-trotol seperti jenis Lovebird blorok serta memiliki warna hitam dengan gradasi warna kuning di bagian sayapnya.
  • Bagian dada Lovebird Ewing memiliki warna lebih cerah, misalnya warna kuning cerah atau putih.
  • Pigmen bulu Lovebird Ewing tidak sempurna yang menjadikan bagian punggungnya membentuk V-Forming. Sementara untuk Lovebird SF V-Forming tanda huruf V hanya terlihat kecil, sedangkan pada DF C-Forming terlihat semakin besar dan melebar.
  • Pada mutasi Lovebird Ewing Green Series warna V-Forming, bagian dada dan perut akan berubah menjadi warna kuning (DF lebih berwarna kuning daripada SF).
  • Sedangkan pada mutasi Ewing Blue Series dengan warna V-Forming, bagian dada dan perut akan berubah menjadi warna kelabu (DF lebih berwarna putih daripada SF).
  • Jika Lovebird Ewing ditingkatkan warna gelapnya (Dark Factor) menjadi warna Dark Ewing (D Ewing) atau Double Dark Ewing (DD Ewing) maka pada bagian bulu dadanya akan terlihat lebih gelap.
  • Ekor Lovebird Ewing berwarna kehitaman dengan gradasi warna kuning.
  • Lovebird Ewing rata-rata berwarna kuning kehitaman.

Harga Burung Lovebird Euwing

Jenis Lovebird Ewing ini memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis Lovebird yang lainnya. Hal ini karena ia termasuk ke dalam jenis Lovebird yang langka, khususnya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, harga pasarannya pada tahun 2017 berada di kisaran Rp. 2,3-5,5 juta. Dilansir dari Komunitas Lovebird Euwing Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa kisaran harga jenis Lovebird Ewing yang terdapat di Indonesia.

  • Lovebird Ewing Green Perso usia 3 bulan memiliki harga sekitar Rp. 2,3 juta.
  • Lovebird Ewing Fischeri usia 3 bulan memiliki harga sekitar Rp. 3,2 juta.
  • Lovebird Pied Ewing Sable usia 3 bulan memiliki harga sekitar Rp. 4 juta.
  • Lovebird Ewing Dark Blue atau Vio Fischeri usia 7 bulan memiliki harga sekitar Rp. 5.5 juta.

Harga tersebut merupakan harga yang berasal dari penjual Lovebird Ewing saja dan di beberapa daerah di Indonesia memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari kondisi dan usia burungnya itu sendiri.

Cara Mencetak Anakan Lovebird Euwing

Setelah kita mengetahui jenis Lovebird yang langka ini, lantas bagaimana caranya jika kita ingin mencetak anakan Lovebird Ewing? Sebenarnya caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengawinkan indukan yang juga sama-sama memiliki trah Euwing.

Misalnya saja jika kita menginginkan anakan Lovebird Ewing Blue, maka kita perlu mengawinkan pejantan Ewing Blue dengan betina Ewing Blue.

Sedangkan jika kita ingin mendapatkan anakan Ewing Green, maka kita juga perlu mengawinkan antara pejantan Ewing Green dengan betina Ewing Green.

Cara mengawinkan indukan tersebut diatas dipercaya memiliki tingkat keakuratan mencapai 80%, sehingga kemungkinan besar anakannya akan sama seperti indukan yang di kawinkan.

Demikianlah sekilas tentang Lovebird Euwing atau Ewing lengkap beserta sejarah, ciri, harga, dan cara mencetak anakannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar