Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng – Lovebird adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang memiliki banyak sekali penggemarnya. Hal ini karena Lovebird memiliki warna bulu yang indah dan juga memiliki suara merdu serta bervariasi.

Sama seperti halnya jenis burung Parkit, Lovebird juga memiliki berbagai ragam variasi warna yang sangat indah. Salah satu jenis Lovebird yang sudah banyak diketahui oleh para kicau mania adalah Lovebird Kacamata Topeng. Ia memiliki ciri khas yang banyak kemiripannya dengan jenis Lovebird lainnya, misalnya saja jenis Lovebird Kacamata Nyasa.

Bagi kalian yang ingin belajar beternak burung Lovebird dengan cepat, maka kalian dapat memilih jenis Lovebird Kacamata Topeng ini. Ini karena Lovebird Kacamata Topeng adalah salah satu jenis Lovebird yang cukup mudah di pelihara atau dikembangbiakan.

Ciri Khas Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis Personata)

Lovebird Kacamata Topeng
Sumber Gambar: i0.wp.com/hobiburung.org

Jenis Lovebird Kacamata Topeng ini memiliki ciri khas yaitu terletak pada ukuran tubuhnya dimana rata-rata panjangnya adalah sekitar 14,5 cm dan berat antara 43-47 gram. Ketika sudah berusia dewasa, Lovebird Kaca Mata ini umumnya memiliki bulu yang didominasi dengan warna hijau.

Pada bagian ubun-ubun dan pipi bagian depan nampak berwarna hitam kecokelatan. Sementara untuk bagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman yang terlihat sedikit pudar.

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh Lovebird ini adalah terletak pada bagian kerongkongannya yang berwarna oranye kemerahan serta pada bagian atas dada dan kerah di sekeliling leher berwarna kuning.

Untuk bagian bulu ekor berwarna hijau serta memiliki lingkar putih yang terdapat di sekeliling kedua bola matanya sehingga mirip seperti kacamata. Ia juga memiliki paruh berwarna merah, iris berwarna cokelat, dan kaki berwarna abu-abu.

Sedangkan ciri-ciri yang dimiliki oleh Lovebird Kacamata yang masih berusia muda adalah pada bagian bulunya berwarna lebih muda daripada warna bulu yang dimiliki oleh Lovebird Kacamata dewasa.

Khusus untuk bagian kepala dan pangkal paruh bagian atas Lovebird Kacamata muda terdapat bercak kecil yang berwarna hitam.

Daerah Persebaran Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng
Sumber Gambar: choiron4664.files.wordpress.com

Daerah persebaran dari Lovebird Kacamata ini terdapat di Tanzania Utara dan bagian Tengah. Sama seperti jenis Lovebird lainnya, untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina terbilang cukup sulit sehingga kita harus benar-benar mengetahui cara membedakan Lovebird jantan dan betina dengan baik dan benar.

Untuk mutasi Lovebird Kacamata ini adalah Lovebird Kaca Mata Topeng warna biru. Adapun Lovebird Kaca Mata Topeng ini sebenarnya berasal dari timur laut Tanzania dan jenis burung ini dibudidayakan di Kenya dan Burundi.

Tingkah Laku Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng
Sumber Gambar: danadesa.id

Mutasi biru pada awalnya dijumpai pada burung liar sekitar tahun 1920 dan kebetulan mutasi yang paling awal adalah pada jenis Lovebird. Sedangkan mutasi lain adalah hasil dari penangkaran yang selektif. Contohnya Biru Cobalt yang kemudian bermutasi menjadi ungu muda atau hitam.

Terdapat berbagai macam mutasi warna, seperti warna biru, cobalt, ungu, ungu muda, lutino, dan juga Albino. Umumnya, burung ini hidup di padang rumput dan juga pada pohon Baobab.

Pohon tersebut menyediakan celah-celah lubang yang dimanfaatkan oleh burung Lovebird untuk dijadikan sebagai sarang untuk tempat berkembangbiak.

Burung Lovebird kacamata ini akan menyusun sarang menggunakan bahan yang diangkut dengan paruhnya untuk kemudian dibawa ke dalam rongga pohon yang nantinya akan digunakan untuk membuat sarang.

Sementara untuk telurnya berwarna putih dan umumnya berjumlah 4 sampai 5 butir. Biasanya indukan betina akan mengerami telur kurang lebih sekitar 23 hari. Lalu untuk anakan Lovebird akan meninggalkan sarangnya pada umur kurang dari 42 hari setelah telur menetas.

Itulah ciri-ciri Lovebird Kacamata Topeng yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah pengetahuan kalian mengenai burung Lovebird ini. Jika kalian sedang mencari informasi lainnya tentang jenis burung kicau, silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan