Lovebird Kacamata Nyasa

Lovebird Kacamata Nyasa

Terdapat banyak sekali jenis burung Lovebird yang ada di dunia, salah satunya adalah jenis Lovebird kacamata Nyasa atau Lovebird Lilianae Nyasa. Jenis Lovebird ini pertama kali diidentifikasi di alam liar sekitar tahun 1864, yang merupakan hasil mutasi langsung dari peach face.

Jenis Lovebird lilianae Nyasa baru mendapat tempat tersendiri dalam taksonomi Lovebird yaitu pada tahun 1894, tepatnya ketika Shelley berhasil membuktikan bahwa Lilianae Nyasa merupakan spesies tersendiri yang berbeda dengan jenis Lovebird lainnya.

Diberi nama Agapornis Lilianae atau Lilianae Nyasa adalah sebagai bentuk dukungan kepada Miss Lilian Sclater, yang merupakan saudara perempuan dari WL Sclater, seorang ahli oritologi terkenal.

Burung Lovebird Kacamata Nyasa (Lilianae Nyasa)

Lovebird Kacamata Nyasa
Sumber Gambar: i0.wp.com

Habitat alami jenis Lovebird Lilianae Nyasa ini berada di Tanzania selatan, Zimbabwe utara, dan bagian timur Zambia. Ia hidup secara berkoloni besar dengan jumlah lebih dari 100 ekor dalam setiap koloninya.

Selain itu, Lovebird Nyasa juga memiliki kebiasaan mandi untuk mendinginkan tubuhnya karena ia hidup di daerah dengan iklim panas. Untuk makanannya sendiri, Lovebird Nyasa sering memakan biji-bijan seperti milet, beras, biji rumput, dan juga buah segar.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Kenari

Ciri-Ciri Lovebird Kacamata Nyasa

Lovebird Kacamata Nyasa
Sumber Gambar: image.cermati.com

Cara membedakan Lovebird jantan dan betina memang terbilang sulit, terlebih lagi jika kita masih sebagai pemula di dunia kicau mania khususnya pecinta jenis burung paruh bengkok. Hal ini karena jika dilihat secara sekilas, maka penampilan fisiknya terlihat sangat mirip.

Namun untuk menilai usia Lovebird Nyasa, maka kita dapat mengamati pada ciri-ciri seperti pada pembahasan dibawah ini.

Ciri-Ciri Lovebird Kacamata Nyasa Dewasa

Warna hijau merupakan warna dominan yang dimiliki oleh Lovebird Nyasa serta terlihat lebih kekuningan di bagian bawah dan juga bagian tunggirnya.

Sementara pada bagian dahi, kerongkongan berwarna oranye dan akan berubah menjadi merah muda kekuningan pada saat waktu tiba di bagian mahkota, lorus, pipi dan bagian atas dadanya. Sedangkan pada bagian ekor dominan berwarna hijau.

Ciri-ciri Lovebird Nyasa dewasa selanjutnya adalah terletak pada bagian klep atau lingkar putih disekitar matanya dengan paruh yang berwarna merah tua. Sedangkan di bagian irisnya berwarna kecokelatan dan lebih mengarah ke warna merah tua. Adapun untuk bagian kaki berwarna abu-abu kecokelatan.

Baca Juga : Perawatan Kenari Mabung

Ciri-Ciri Lovebird Kacamata Nyasa Muda

Setelah mengetahui ciri-ciri Lovebird Nyasa dewasa, selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri yang dimiliki oleh Lovebird Nyasa yang masih berusia muda.

Lovebird Nyasa yang berusia muda memiliki ciri yaitu pada bagian bulu di pipinya berwarna kehitaman. Sedangkan pada bagian pangkal paruhnya terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Burung Lovebird Nyasa ini memiliki perpaduan warna yang cukup menarik, yaitu berwarna hijau terang dengan kepala yang didominasi oleh warna oranye yang mengarah pada warna merah di bagian dahinya.

Meskipun dalam membedakan jenis kelaminnya terbilang cukup sulit, namun untuk mengetahui usia Lovebird Nyasa terbilang cukup mudah. Lovebird Nyasa yang berusia muda jelas memiliki penampakan yang terlihat jauh berbeda dengan yang telah berusia dewasa.

Jika pada bagian kepala burung Lovebird Nyasa berwarna kehitaman, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah burung Lovebird kacamata Nyasa yang masih berusia muda. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kalian yang saat ini sedang mencari referensi tentang jenis Lovebird Nyasa ini.

Tinggalkan Balasan