Cara Menurunkan Birahi Kenari

Cara Menurunkan Birahi Kenari

Cara Menurunkan Birahi Kenari – Jenis burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang hingga saat ini masih memiliki banyak penggemar. Hal ini lantaran Kenari memiliki suara kicauan yang indah serta memiliki warna bulu bervariasi seperti halnya jenis burung Lovebird.

Selain itu, Kenari juga merupakan salah satu jenis burung yang mudah untuk dipelihara. Meskipun mudah, namun bukan berarti di dalam cara merawat burung Kenari tidak akan terbebas dari masalah.

Nah masalah yang sering dihadapi bagi pemilik burung kenari adalah masalah tentang kenari over birahi. Jika masalah itu terjadi pada burung Kenari yang kita pelihara, maka hal yang wajib kita ketahui adalah mengetahui bagaimana cara menurunkan birahi Kenari.

Tips Mudah Cara Menurunkan Birahi Kenari

Cara Menurunkan Birahi Kenari
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Sebelum membahas pada pembahasan inti, ada baiknya kita mengetahui karakteristik atau ciri-ciri ketika burung Kenari sedang dalam kondisi over birahi. Mengetahui karakteristik Kenari yang sedang over birahi merupakan hal yang cukup penting karena nantinya akan berkaitan dengan bagaimana cara perawatannya.

Ciri-Ciri Burung Kenari Over Birahi

Cara Menurunkan Birahi Kenari
Sumber Gambar:i1.wp.com

Kondisi Kenari yang over birahi sudah tentu bukanlah hal yang diinginkan. Sebab hal ini akan mengganggu para pecinta burung Kenari, terlebih lagi jika burung Kenari yang sedang mengalami over birahi ini merupakan burung Kenari yang sering diikutsertakan ke dalam lomba.

Burung Kenari yang sedang mengalami over birahi umumnya dapat dilihat dari ciri-ciri atau tingkah lakunya. Salah satu ciri-ciri Kenari over birahi adalah ia akan sering menabrak jeruji, tangkringan, atau berperilaku naik-turun dari satu tangkringan ke tangkringan yang lainnya.

Adapun burung Kenari yang diperuntukkan khusus untuk lomba, maka harus memiliki level birahi yang pas sehingga dinilai sangat baik. Hal ini karena saat Kenari dalam kondisi birahi yang tidak stabil, maka dapat menyebabkan burung tidak dapat kerja maksimal.

Misalnya saja ketika di gantangkan, burung tidak ngotot serta lebih sering diam atau ngetem. Keadaan burung Kenari yang sedang dalam kondisi over birahi ini memang tidak ada untungnya. Malah dapat berdampak pada kondisi burung yang kerap berubah menjadi lebih agresif sehingga tenaganya lebih cepat terkuras.

Banyaknya tenaga yang terkuras ini membuat burung Kenari tidak dapat konsentrasi dalam berkicau sehingga hasilnya burung Kenari yang diikutsertakan dalam lomba akan tidak dapat memperoleh respon yang baik dari para juri.

Cara menurunkan birahi Kenari ini sebenarnya dapat dilakukan dalam perawatan harian atau perawatan menjelang lomba. Nah agar kita dapat lebih memahaminya, berikut ini adalah tips mudah cara menurunkan birahi Kenari yang dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Menurunkan Birahi Kenari

Cara Menurunkan Birahi Kenari
Sumber Gambar:1.bp.blogspot.com

Cara untuk menurunkan birahi Kenari adalah dapat dilakukan dengan mengurangi porsi pemberian pakan berupa biji-bijian terhadap burung Kenari yang kita pelihara. Berikanlah mentimun dan buah pir secara rutin setiap hari dengan cara bergantian.

Selain itu, kurangi juga dalam memberikan makanan yang membuat birahi Kenari semakin tinggi, seperti telur puyuh rebus, kroto, egg food, dan buah apel. Kita juga perlu mengurangi waktu penjemuran dari yang pada umumnya kita lakukan.

Tambahkan frekuensi mandi pada burung Kenari menjadi 3 kali sehari menggunakan air bersih biasa atau mencampurkannya dengan sampo yang mengandung Aloe vera.

Untuk mengatasi Kenari over birahi yang lainnya adalah dengan cara mengawinkannya, yaitu cukup menyatukan antara Kenari jantan yang sedang dalam kondisi birahi tinggi dengan Kenari betina dalam satu sangkar.

Jangan lupa untuk mengawasinya hingga terlihat Kenari jantan mengawini si betina. Jika sudah mengawininya, selanjutnya adalah mengambil dari sangkar yang sebelumnya berisi Kenari betina. Setelah itu, pastikan juga agar burung Kenari jantan tidak melihat atau mendengar suara Kenari betina.

Lakukan cara menurunkan birahi Kenari seperti yang telah kita bahas bersama-sama ini setiap hari sampai burung Kenari yang kita pelihara dapat kembali normal seperti biasanya.

Tinggalkan Balasan