Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari

Mengetahui cara merawat burung Kenari yang baik dan benar memang sangat diperlukan bagi kita yang ingin memelihara burung yang terkenal dengan warna dan suara kicauannya yang indah ini.

Bisa dikatakan dalam cara merawat burung Kenari ini hampir sama seperti cara merawat burung Lovebird.

Namun jika kita telusuri lebih jauh, maka akan terlihat perbedaanya dalam merawat burung Kenari ini, baik dari pakan, cara penjemuran atau lainnya.

Cara Merawat Burung Kenari Khusus Untuk Pemula

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: www.ternakburung.com

Setidaknya terdapat 14 cara utama merawat burung Kenari khusus untuk pemula. Ini merupakan suatu hal yang harus diutamakan agar burung Kenari yang kita pelihara dapat bertahan hidup dan tentunya dapat bersuara dengan gacor seperti halnya jenis burung kicau lainnya.

Dibawah ini adalah 14 cara utama untuk merawat burung Kenari.

1. Pengembunan Burung Kenari

Cara pertama untuk memelihara burung Kenari adalah dengan melakukan pengembunan. Melakukan pengembunan pada burung Kenari merupakan salah satu hal yang penting untuk burung Kenari. Tujuannya adalah untuk merangsang agar Kenari dapat rajin berkicau, bernafas panjang dan sehat.

Kita dapat melakukan pengembunan dimulai pukul 04.30 sampai pukul 06.00. Lakukan proses pengembunan dengan rutin sehingga kualitas burung Kenari tetap terjaga.

2. Memandikan Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: hewanesia.com

Setelah kita melakukan proses pengembunan dan dirasa matahari sudah mulai bersinar terang, maka selanjutnya kita dapat merawat Kenari harian dengan cara memandikannya.

Beberapa manfaat jika kita rutin memandikan burung Kenari adalah tubuh Kenari lebih sehat, bersih, dapat mengatasi birahi yang berlebihan dan juga terbebas dari segala jenis kutu.

Kita dapat memandikan burung kenari dengan cara yaitu cukup menyiapkan air ke dalam wadah (cepuk). Biarkan Kenari mandi dengan sendirinya.

Cara lainnya adalah dengan menyemprot Kenari menggunakan alat semprot. Semprot ke seluruh bagian tubuh Kenari hingga basah kuyup. Dengan kita menyemprot Kenari maka dapat membuatnya lebih jinak.

3. Membersihkan Kandang Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: udikhangeblog.files.wordpress.com

Setelah kita memandikan burung Kenari, maka alangkah baiknya kita juga membersihkan kandang atau sangkar Kenari. Kebersihan kandang memang harus kita perhatikan karena jika kandang Kenari kotor maka dapat mengundang berbagai bakteri yang menyebabkan Kenari sakit.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan tempat air dan tempat makanannya agar Kenari sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Melakukan Penjemuran Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Jika kita telah selesai memandikan burung Kenari, maka selanjutnya adalah melakukan penjemuran burung Kenari. Untuk proses penjemurannya sendiri dapat dilakukan sekitar 1-2 jam saja.

Hindari Menjemur Kenari di atas jam 10, ini karena dapat berdampak pada kesehatan Kenari sendiri. Dengan menjemur kenari terlalu lama dalam keadaan sinar matahari yang sangat menyengat, maka dapat mengakibatkan warna bulu pudar, menurunnya volume suara bahkan dapat mengakibatkan Kenari mati.

5. Hindari Hembusan Angin Kencang Pada Burung Kenari

Ketika kita menggantung sangkar Kenari, usahakan agar sangkar aman dari terpaan angin kencang. Angin kencang dapat membahayakan burung Kenari, hal ini karena sangkar dapat terjatuh yang menjadikan Kenari berpotensi untuk stress.

6. Memberikan Makanan Pada Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: wikicau.com

Jangan lupa untuk selalu cek ketersediaan makanan. Berikan makanan Kenari seperti misalnya biji-bijian, milet merah, milet putih, kuaci, niger atau jika kita malas membelinya satu per satu maka dapat membeli canary seed di toko atau kios burung.

7. Memberikan Extra Fooding

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Selain memberikan biji-bijian, kita juga perlu menambahkan pakan tambahan (extra fooding) untuk Kenari. Beberapa extra fooding yang cocok diberikan pada Kenari adalah sayuran (sawi, wortel, brokoli dll), buah-buahan (apel), kroto, telur puyuh dan juga asinan.

8. Memberikan Multivitamin dan Suplemen Tambahan’

Cara Merawat Burung Kenari
Sumber Gambar: cf.shopee.co.id

Saat kita telah memberikan makanan berupa biji-bijian atau extra fooding lainnya pada Kenari, maka kita juga sesekali perlu memberikan multivitamin tambahan. Multivitamin ini dapat kita beli di kios burung.

Namun perlu diingat, sebelum kita memberi multivitamin ke Kenari, maka pastikan untuk memberikan multivitamin yang cocok untuk Kenari. Kita dapat bertanya kepada teman kita yang sudah paham akan multivitamin apa yang pas untuk Kenari.

9. Melakukan Pemasteran

Melakukan pemasteran terhadap Kenari merupakan salah satu cara yang dianggap ampuh agar burung Kenari memiliki kemampuan dapat menirukan suara burung lainnya.

Dengan melakukan pemasteran terhadap Kenari juga dapat menjadikannya mampu berkicau dengan suara kicauan yang bagus dan juga bervariasi.

10. Mengerodong Kenari

Pada saat kita memaster Kenari, maka alangkah baiknya kandang di kerodong menggunakan kain. Manfaat lainnya daripada mengkerodong Kenari adalah agar Kenari dapat istirahat dengan nyenyak. Lakukan pengkerodongan pada waktu sore hingga pagi hari.

11. Mengumbar Kenari

Seperti halnya jenis burung kicau lainnya, jenis burung Kenari juga dapat kita umbar di kandang yang besar. Terlebih lagi jika Kenari yang kita miliki akan diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung.

Melakukan umbar pada Kenari dapat menjaga stamina serta dapat menambah panjang nafas dan juga dapat menstabilkan birahi. Kita dapat mengumbar Kenari dua kali dalam seminggu.

12. Menghindari Kenari dari Pengganggu

KIta juga harus memastikan agar Kenari terbebas dari pengganggu. Faktor pengganggu juga sangat berpengaruh terhadap Kenari itu sendiri, dengan adanya pengganggu maka dapat mengakibatkan Kenari stress bahkan mati. Pengganggu yang dimaksud dapat berupa tikus, kucing, ular atau binatang buas lainnya.

13. Menggunting Kuku yang Panjang

Cek juga kuku pada burung Kenari. Jangan biarkan kuku kenari terlalu panjang karena dapat melukai fisik Kenari itu sendiri. Terlebih lagi jika kita ingin menangkar Kenari, maka sebelum kita menjodohkannya, pastikan agar kuku-kuku Kenari tidak terlalu panjang.

14. Konsisten

Cara terakhir untuk merawat burung Kenari bagi pemula agar menjadikannya sebagai Kenari yang mampu berkicau dengan gacor adalah konsisten dan juga telaten dalam perawatan tersebut diatas.

Nah, itulah 14 tips cara merawat burung Kenari untuk pemula. Sayangi dan rawatlah Kenari kita seperti pada penjelasan diatas agar Kenari dapat terus bertahan hidup serta dapat bersuara dengan gacor.