Cara Merawat Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird

Cara merawat burung Lovebird sebenarnya sangat mudah. Namun berbeda jika burung Lovebird akan dijadikan sebagai burung kontes karena Lovebird kontesan harus membutuhkan perawatan khusus.

Seperti pada pembahasan sebelumnya mengenai cara menjodohkan burung Lovebird juga sudah di jelaskan cara merawatnya.

Namun pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas lebih tuntas mengenai cara merawat burung Lovebird agar burung Lovebird mampu ngekek dengan panjang.

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: www.jalaksuren.net

Beberapa kicau mania memelihara burung Lovebird hanya untuk sekedar dijadikan sebagai burung peliharaan. Akan tetapi saat ini juga banyak para pecinta burung Lovebird yang sudah mengikutsertakan jenis burung paruh bengkok ini ke dalam lomba kontes burung.

Meskipun tergolong ke dalam jenis burung yang sangat mudah untuk di pelihara, namun kita juga harus tetap memperhatikan bagaimana cara yang benar untuk merawat burung Lovebird ini.

Berikut ini adalah cara memelihara burung Lovebird agar dapat ngekek dengan panjang.

Pengembunan Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Sama seperti jenis burung kicau pada umumnya, dengan melakukan pengembunan secara rutin juga sangat baik untuk jenis burung Lovebird ini.

Kita dapat melakukan pengembunan ini dimulai pada pukul 4 pagi hingga matahari terbit. Caranya sangat mudah, kita hanya cukup menggantungkan kandang Lovebird di teras atau halaman sekitar rumah.

Dengan melakukan pengembunan secara rutin, maka burung Lovebird kita akan tetap sehat, tenang serta tidak mudah stress. Tetapi perlu diingat, lakukan pengembunan hanya ketika pada saat cuaca sedang baik saja.

Memandikan Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Cara memelihara burung Lovebird selanjutnya adalah dengan melakukan pemandian/penyemprotan burung Lovebird hingga basah kuyup.

Dengan kita memandikan Lovebird sampai basah kuyup ternyata dapat mempengaruhi stamina burung agar lebih kuat.

Dalam proses memandikan Lovebird juga sama seperti memandikan jenis burung kicau lainnya yaitu dilakukan pada waktu pagi atau siang hari.

Tetapi perlu diingat, jika kita memandikan Lovebird sampai basah kuyup, maka lebih baik dilakukan dengan waktu yang sedikit siang agar terkena sinar matahari.

Memandikan burung Lovebird dapat dilakukan dengan cara disemprot atau juga dapat menggunakan keramba. Waktu yang tepat untuk memandikan burung Lovebird adalah sekitar pukul 07.00.

Penjemuran Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Sesudah Lovebird dimandikan, maka selanjutnya adalah melakukan penjemuran. Penjemuran sendiri dilakukan dalam waktu sekitar 3 jam, yaitu antara pukul 07.00-10.00.

Setelah dilakukan penjemuran selama 3 jam, selanjutnya adalah mengangin-anginkan burung Lovebird sekitar 15 menit dengan cara menggantungkan kandang di teras rumah atau di gantung di bawah pohon yang teduh dan rindang.

Jika ada waktu luang, sempatkan untuk memaster burung Lovebird pada waktu sore hari. Kita dapat memberinya master dengan suara Lovebird MP3.

Makanan Burung Lovebird Agar Gacor

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: suarasiber.com

Memberikan makanan yang kaya akan gizi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan burung Lovebird.

Agar Lovebird mampu berkicau dengan gacor dan ngekek panjang, maka nutrisi yang dibutuhkan juga harus tercukupi dengan sempurna. Maka sangat dianjurkan untuk memberikan makanan bergizi pada Lovebird agar mampu bersuara gacor dan bervariasi.

Beberapa makanan yang mampu mempengaruhi agar Lovebird cepat gacor dan ngekek panjang diantaranya adalah milet, biji kenari, biji oat, jagung manis. kangkung, juwawut, toge atau kecambah, kwaci, tulang sotong, sawi putih/hijau, buah apel merah, pokcoy dan terasi.

Biji Kenari

Biji kenari mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan burung Lovebird. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah protein, lemak, dan hidrat arang.

Akan tetapi perlu diingat, jangan berikan biji kenari ini secara berlebihan. Hal ini karena kandungan lemak yang tinggi dapat mengakibatkan Lovebird obesitas.

Biji Oat

Selain biji kenari, biji oat juga dapat membantu pertumbuhan Lovebird. Biji oat ini bahkan mampu untuk menenangkan dan mempercepat proses burung Lovebird pada fase mabung.

Penggunaan biji oat ini dapat membuat struktur jaringan bulu agar diperbaiki sehingga bulu yang keluar akan terlihat lebih indah dan juga tidak mudah iritasi. Dengan kita memberikan biji oat juga dapat membantu Lovebird agar tidak stress.

Pakan Lovebird ini juga mengandung banyak protein, kalori dan karbohidrat sehingga sangat cocok jika diberikan pada indukan burung yang sedang melolohi anaknya.

Jagung Manis

Dengan memberikan jagung manis pada Lovebird juga dapat membuatnya lebih gacor. Didalam jagung manis terdapat berbagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata burung.

Beberapa nutrisi baik yang terkandung di dalam jagung manis diantaranya adalah vitamin B dan C, beta karoten, folat dan crypthoxanthin.

Selain dapat menjaga kesehatan mata, nutrisi tersebut juga dinilai mampu menjadikan otot Lovebird lebih kuat dan juga mampu menjaga kekebalan tubuh.

Perlu diingat, berilah jagung manis yang masih muda. Hal ini karena jagung muda memiliki tekstur yang lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dimakan.

Kecambah atau Toge

Siapa sangka, kecambah atau toge mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan Lovebird baik dari segi kesehatan atau dalam pengembangan kemampuan berkicaunya.

Berbagai macam zat gizi yang terdapat di dalam kecambah dipercaya mampu meningkatkan stamina burung sehingga mampu mendorong agar burung dapat lebih aktif untuk berkicau.

Terasi

Terasi juga dapat dijadikan sebagai nutrisi tambahan untuk burung Lovebird. Beberapa kicau mania percaya, dengan memberikan terasi pada Lovebird maka dapat meningkatkan gairah manggung dan baik untuk pembentukan suara kicauannya.

Ini karena terasi terbuat dari hasil fermentasi udang rebon yang mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk Lovebird.

Berikan terasi pada burung Lovebird sekali dalam seminggu dan lakukan dengan rutin. Kita dapat membentuk terasi menjadi butiran-butiran kecil sehingga memudahkannya untuk dimakan.

Memberikan Vitamin untuk Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Selain memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi, sesekali kita juga perlu memberinya vitamin tambahan. Kita dapa membeli vitamin untuk burung Lovebird yang dijual di toko burung. Namun perlu diingat, berilah vitamin dengan dosis yang sewajarnya saja.

Membersihkan Kandang Lovebird

Cara Memelihara Burung Lovebird
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Cara memelihara burung Lovebird yang terakhir adalah dengan membersihkan kandang Lovebird secara rutin.

Pastikan kandang yang berisi burung Lovebird selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan seluruh bagian kandang, misalnya bagian lantai kandang, tempat pakan, tangkringan hingga besi-besi kandangnya.

Cara merawat burung Lovebird terbilang cukup mudah terlebih lagi bagi kita yang sudah mengenal burung Lovebird sejak lama.

Bagi pecinta burung Lovebird pemula sebenarnya juga sangat mudah asalkan rajin dan juga disiplin dalam memeliharanya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara merawat burung Lovebird dengan mudah. Jika kita dapat menerapkan tentang apa yang telah kita bahas bersama tersebut diatas, maka pasti Lovebird yang kita pelihara akan mampu berkicau dengan gacor dan ngekek panjang!