Jenis Burung Paruh Bengkok

Burung memiliki banyak jenisnya, seperti jenis burung paruh bengkok, jenis burung kicau kecil atau berbagai jenis burung kicau lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, burung merupakan salah satu binatang yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat. Beberapa alasannya yaitu hanya sekedar dijadikan sebagai binatang peliharaan atau dapat juga dijadikan sebagai burung kontes.

Salah satu jenis burung yang paling banyak dijadikan sebagai binatang/burung peliharaan adalah jenis burung paruh bengkok. Hal ini karena burung paruh bengkok memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya.

Berbagai Jenis Burung Paruh Bengkok Paling Terkenal yang Mudah Dipelihara

Selain memiliki warna yang sangat menarik, burung paruh bengkok juga memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa. Sehingga burung jenis ini dapat dilatih sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Bahkan burung paruh bengkok ini dapat dilatih untuk menirukan berbagai macam suara termasuk suara manusia! Luar biasa bukan jenis burung yang satu ini?

Penasaran jenis burung paruh bengkok apa saja yang dapat dipelihara dan dilatih sesuai dengan keinginan kita? Berikut penjelasannya.

Burung Kakatua

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: image.winudf.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan burung Kakatua ini? Pasti semuanya sudah mengetahui bukan? Burung ini merupakan salah satu burung paruh bengkok yang banyak digemari dan dipelihara oleh orang-orang.

Kakatua memiiki postur tubuh yang besar dan biasanya memiliki jambul berwarna kuning atau putih di bagian kepala.

Burung Kakatua memiliki paruh yang besar dan juga kuat yang digunakan untuk memecah biji-bijian atau makanan lain yang ditemuinya. Sebenarnya terdapat banyak jenis Kakatua ini dan diantaranya masuk ke dalam binatang yang di lindungi.

Jika kita pandai merawatnya sedari masih anakan, tidak menutup kemungkinan jika burung Kakatua mampu menirukan suara manusia.

Burung Macaw

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: www.aqua.org

Burung Macaw merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok terbesar yang banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung peliharaan. Macaw juga dapat dijadikan sebagai burung atraksi.

Hal ini menjadikan burung Macaw memiliki harga yang fantastis. Meskipun memiliki harga yang fantastis, burung Macaw tetap menjadi salah satu primadona burung paruh bengkok dan tidak menurunkan daya tarik para penghobinya.

Burung Nuri

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: cdn.qubicle.id

Burung Nuri atau beberapa orang menyebutnya dengan burung Bayan, merupakan burung yang mempunyai daya tarik tersendiri yaitu terletak pada kecerdasannya dalam menirukan berbagai suara.

Bahkan burung Nuri mampu menirukan suara manusia seperti halnya burung Kakatua. Burung ini memiliki struktur lidah yang sangat unik, sehingga memungkinkannya untuk dapat menirukan ucapan manusia.

Selain memiliki kecerdasan yang tinggi, burung Nuri juga mempunyai daya pikat yaitu mempunyai bulu yang indah dan juga berwarna-warni.

Dilihat dari postur tubuhnya, burung Nuri sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan burung Kakatua dan burung Nuri juga tidak mempunyai jambul.

Burung Betet

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: www.dictio.id

Jenis burung Betet memiliki keindahan warna bulu yang tidak kalah dengan jenis burung berparuh bengkok lainnya meskipun warna burung ini pada umumnya hanya terbatas pada warna merah dan biru.

Sedangkan penyebarannya lebih banyak jika dibandingkan dengan burung paruh bengkok lainnya.

Burung Lovebird

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: downcityjs.com

Diantara jenis burung yang memiliki paruh bengkok ini mungkin burung Lovebird merupakan burung paruh bengkok yang paling populer dan paling banyak dipelihara.

Bisa dikatakan hampir semua pecinta burung pernah memelihara burung yang satu ini. Ya, karena Lovebird merupakan burung paruh bengkok yang memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat cantik dan beragam.

Selain itu, burung Lovebird juga memiliki harga yang terjangkau serta tidak membutuhkan perawatan khusus untuk memeliharanya.

Lovebird juga sering dijadikan sebagai burung master untuk burung kicau, bahkan burung yang satu ini tidak pernah absen untuk dijadikan sebagai burung kontes.

Hal itulah yang menjadikan burung Lovebird memiliki banyak penggemar baik di daerah pedesaan atau perkotaan.

Burung yang satu ini juga memiliki banyak variasi warna dan tidak menutup kemungkinan akan keluar warna-warna baru akibat hasil persilangan antara berbagai jenis burung Lovebird.

Burung Parkit

Jenis Burung Paruh Bengkok
Sumber Gambar: www.petfoodindonesia.com

Seperti yang telah diketahui, terdapat beberapa jenis burung paruh bengkok yang statusnya dilindungi serta memerlukan beberapa prosedur yang terbilang rumit hingga pada akhirnya kita dapat memeliharanya.

Namun masih terdapat beberapa jenis burung berparuh bengkok lainnya yang dapat kita pelihara dan harganya pun terjangkau. Yaitu burung Loverbird dan burung Parkit.

Burung parkit juga memiliki warna yang tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan jenis burung Lovebird. Selain itu, Parkit juga sangat mudah untuk dipelihara serta memiliki harga yang terjangkau.

Jika dibandingkan dengan burung paruh bengkok lainnya, burung Parkit merupakan burung paruh bengkok yang memiliki harga yang sangat terjangkau (paling murah).

Kita dapat dengan mudah menemukan burung ini di pasaran. Meskipun memiliki harga yang murah, Parkit mempunyai perpaduan warna yang begitu indah sehingga enak untuk dipandang.

Kelebihan daripada burung paruh bengkok ini yaitu dapat dengan mudah untuk dijinakkan asalkan kita melatihnya dengan penuh kesabaran.

Selain berbagai macam jenis burung yang memiliki paruh bengkok tersebut diatas, tentunya masih sangat banyak jenis burung lainnya yang memiliki paruh dengan bentuk bengkok ini yang tidak dapat kami jelaskan semuanya.

Karena pada pembahasan kali ini, kami hanya menjelaskan mengenai beberapa jenis burung paruh bengkok yang paling terkenal dan umumnya yang paling mudah/banyak dipelihara.

Tinggalkan komentar