Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara merawat burung Kacer mabung tentunya berbeda dengan cara perawatan burung yang tidak mabung seperti misalnya cara merawat burung Anis Merah.

Bagi kicau mania yang sudah berpengalaman, tentunya dalam cara merawat burung Kacer mabung akan terasa mudah. Namun ini berbeda bagi kita yang masih pemula, bahwa dalam merawat burung Kacer mabung biasanya akan mengalami sedikit kesulitan.

Hampir semua jenis burung kicau atau jenis burung paruh bengkok pasti akan mengalami fase dimana bulunya akan rontok. Tujuannya adalah untuk mengganti bulu lama yang telah kusam dengan bulu-bulu yang baru.

Ciri-Ciri Burung Kacer Mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung
Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com

Sebelum kita menuju pada pembahasan utama mengenai cara merawat burung Kacer mabung, alangkah baiknya kita mengetahui ciri-ciri pada saat burung Kacer sedang dalam fase mabung.

Beberapa ciri-ciri burung Kacer mabung adalah sebagai berikut:

  • Memiliki sifat yang cenderung pasif atau tidak banyak bergerak.
  • Jarang Berkicau.
  • Warna bulu terlihat kusam dan kotor.
  • Bulu akan terus berkurang/rontok setiap harinya.
  • Matanya terlihat sayup dan juga tidak terlihat bergairah.
  • Burung Kacer akan terlihat seperti ketakutan atau terancam ketika di dekati oleh manusia.
  • Nafsu makan berkurang serta terlihat sangat giras ketika akan diberi makanan.

Proses mabung ini bertujuan untuk membuat burung Kacer dapat beristirahat dan juga tidak bunyi secara terus menerus.

Dalam proses mabung ini, burung akan merasakan kesakitan yang luar biasa. Hal inilah yang menjadikan kita sebagai pemilik burung Kacer agar bisa bertindak supaya proses mabung dapat terlewati dengan cepat.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Murai Batu

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Kita dapat membantu burung Kacer agar lebih cepat dalam melewati proses mabungnya ini. Berikut ini adalah tahapan atau cara merawat burung Kacer yang sedang mengalami fase mabung.

Menghentikan Sementara Pemberian Extra Fooding

Tahapan awal yang harus kita lakukan ketika burung Kacer yang kita pelihara sedang mengalami fase mabung adalah dengan menghentikan sementara pemberian extra fooding, misalnya kroto dan juga jangkrik.

Jika kita memberikan extra fooding pada Kacer mabung maka dapat membuatnya menjadi over birahi. Over birahi sendiri dapat membuat burung Kacer menjadi gelisah serta tidak dapat melewati masa mabungnya dengan tenang.

Melakukan Pengerodongan

Pada saat burung Kacer sedang dalam fase mabung, maka kita harus melakukan pengerodongan secara full. Hal ini bertujuan agar burung Kacer yang kita pelihara dapat beristirahat dengan tenang.

Menaruh Sangkar Burung Kacer Pada Tempat yang Sepi dan Tenang

Selain mengerodong sangkar, sebaiknya kita juga menempatkan sangkar burung Kacer pada tempat yang sepi dan juga tenang. Hal ini bertujuan agar Kacer yang kita pelihara tidak mudah stres.

Jaga Kebersihan Sangkar

Pada saat mabung, burung Kacer akan merontokkan bulunya setiap hari, sehingga kita wajib untuk menjaga kebersihan sangkarnya. Bersihkan sangkar dari kotoran dan juga bulu-bulu yang telah rontok setiap 2 hari sekali.

Memberikan Voer yang Memiliki Kandungan Nutrisi Cukup

Agar burung Kacer mabung yang kita pelihara tidak kelaparan dan tidak kekurangan gizi, maka kita harus memberinya pakan berupa voer yang berkualitas yang mengandung nutrisi cukup.

Cara Merawat Burung Kacer Mabung Saat Mulai Tumbuh Bulu Baru

Setelah kita mengetahui mengenai bagaimana caranya merawat Kacer dalam keadaan mabung, selanjutnya adalah mengetahui tahapan atau cara merawat Kacer pada saat bulu barunya mulai tumbuh.

Melakukan Pemasteran

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Ketika burung Kacer yang kita pelihara telah terlihat bulu-bulu baru yang sudah mulai tumbuh, maka kita seharusnya melakukan pemasteran secara rutin.

Pada saat burung Kacer mabung, ia biasanya akan memiliki sifat yang pasif, yaitu lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bertengger di tangkringannya.

Kita harus memanfaatkan momen ini yaitu dengan cara memasternya. Kondisi seperti ini akan membuat burung Kacer lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan suara. Dalam melakukan pemasteran, kita dapat menggunakan jenis burung lainnya atau dapat juga menggunakan mp3.

Memandikan Burung Kacer

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Burung Kacer yang sudah terlihat nyulam pada bulunya selanjutnya dapat kita mandikan. Kita bisa menambahkan shampo khusus untuk burung yang dicampurkan ke dalam air yang digunakan untuk memandikan burung Kacer.

Dengan kita menambahkan shampo khusus maka dapat membuat bulu jagung yang terlihat seperti ketombe yang terdapat pada kulit Kacer akan mudah terkelupas. Sehingga kebersihannya dapat terjaga.

Melakukan Penjemuran

Sama seperti pada perawatan jenis burung Lovebird atau jenis burung Kenari, setelah burung Kacer dimandikan maka kita juga perlu menjemur burung Kacer agar bulu-bulunya yang basah dapat dengan cepat kering.

Angin-anginkan burung Kacer terlebih dahulu sekitar 15-25 menit hingga bulunya terlihat setengah kering. Setelah itu kita dapat menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.

Perlu diingat, dalam menjemur burung Kacer, pastikan kita menjemurnya di bawah pukul 10.00. Jika lewat dari waktu tersebut, matahari akan terasa sangat panas yang menjadikan burung Kacer dapat kepanasan.

Berikan Extra Fooding

Cara Merawat Burung Kacer Mabung
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Ketika burung Kacer dalam keadaan mabung, sebaiknya kita tidak memberikan extra fooding, namun berbeda jika bulu burung Kacer sudah mulai nyulam. Bisa dikatakan, kita malah wajib untuk memberinya extra fooding.

Extra fooding ini berguna agar kebutuhan nutrisinya dapat tercukupi. Makanan tambahan yang baik untuk burung Kacer yang sedang nyulam bulu adalah jangkrik. Berikan jangkrik sekitar 6 ekor per hari.

Selain itu, kita juga dapat menambahkan minyak ikan, caranya yaitu dengan menyuntikannya ke dalam perut jangkrik. Pemberian minyak ikan cukup hanya 1 butir saja per harinya. Minyak ikan ini berguna untuk membantu agar bulu Kacer dapat tumbuh dengan maksimal.

Melakukang Pengerodongan Pada Malam Hari

Setelah kita melakukan beberapa tahapan-tahapan tersebut diatas, maka waktunya kita mengistirahatkan burung Kacer. Agar waktu istirahatnya lebih maksimal, maka kita perlu mengerodongnya di malam hari.

Bagaimana, mudah bukan untuk merawat burung Kacer yang sedang mabung? Jika burung Kacer yang kita pelihara mengalami hal tersebut, maka kita tidak perlu khawatir dan panik. Karena jika kita panik malah dapat membuat proses mabungnya akan terhambat.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara merawat burung Kacer mabung yang baik dan benar. Semoga dapat menambah pengetahuan kita akan cara perawatan burung Kacer dalam kondisi mabung ini.