Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Gacor dan Teler

Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Gacor dan Teler

Cara merawat burung Anis Merah sebenarnya hampir sama dengan cara merawat Murai Batu, hal ini karena keduanya sama-sama tergolong ke dalam jenis burung kicau.

Anis Merah merupakan salah satu jenis burung kicau yang menjadi primadona bagi sebagian besar para kicau mania. Seperti pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, cara merawat burung Anis Merah pun bisa dibilang tidak sesulit seperti yang orang-orang katakan.

Burung Anis Merah ini dapat dengan cepat berkicau jika kita mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Gacor dan Teler

Cara Merawat Burung Anis Merah
Sumber Gambar: www.hewanpeliharaan.org

Memberikan perawatan yang baik dan benar adalah hal mutlak agar burung Anis Merah yang kita pelihara dapat berkicau dengan gacor. Bukan hanya gacor, namun jika kita bisa merawatnya dengan benar, maka Anis Merah yang kita pelihara pun akan dapat berkicau dengan cara teler seperti pada ciri khasnya.

Lalu bagaimana cara merawat burung Anis Merah yang baik dan benar agar mampu berkicau dengan gacor dan juga dapat teler? Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengkerodongan Burung Anis Merah

Pengkerodongan pada kandang Anis Merah dilakukan agar Anis Merah merasa aman dan juga nyaman pada saat berada di lingkungan yang kurang memadai.

Agar hasilnya maksimal, lakukan pengkerodongan pada burung Anis Merah yaitu sekitar 4-5 hari dalam seminggu. Waktu selebihnya tidak perlu diberikan kerodong, karena burung Anis Merah selanjutnya akan melakukan perawatan lainnya seperti pengembunan.

Pemberian Kroto dan Mandi Malam

Pakan tambahan yang tidak boleh kita lupakan adalah memberikan kroto pada burung Anis Merah. Pemberian kroto ini dapat mempercepat Anis Merah untuk berkicau.

Kita dapat memberikan kroto pada sore atau malam hari setelah kita melakukan mandi malam pada Anis Merah yang kita pelihara.

Melakukan Pengembunan Pada Burung Anis Merah

Cara selanjutnya untuk merawat burung Anis Merah adalah dengan melakukan pengembuan pada pagi hari. Caranya adalah dengan cukup menggantungkan kandang Anis Merah di luar rumah.

Pengembunan ini dilakukan pada pagi hari sebelum burung Anis Merah dimandikan. Tujuannya adalah agar Anis Merah tidak kaget karena telah beradaptasi.

Membersihkan Kandang Anis Merah

Selanjutnya adalah menjaga kebersihan kandang Anis Merah dengan cara membersihkannya setiap hari idealnya sebelum burung dimandikan. Bersihkan sangkar dari kotoran, sisa-sisa makanan dan juga bersihkan tempat makanan dan minuman Anis Merah.

Memandikan Burung Anis Merah

Cara Merawat Burung Anis Merah
Sumber Gambar: hewanesia.com

Setelah kandang Anis Merah dibersihkan, maka selanjutnya adalah memandikan Anis Merah baik dengan cara di semprot atau menggunakan keramba.

Kita dapat memandikan burung Anis Merah dengan kedua cara tersebut baik secara bergantian atau memilih salah satunya sesuai dengan karakter burung Anis Merah yang kita pelihara.

Melakukan Penjemuran Burung Anis Merah

Agar burung Anis Merah tidak kedinginan setelah dimandikan, maka dari itu kita harus menjemurnya agar bulu-bulunya cepat kering. Lakukan penjemuran pada burung Anis Merah sekitar 2 jam namun kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi cuacanya.

Hindari proses penjemuran pada Anis Merah secara bersamaan dengan jenis burung lainnya. Tempatkan burung Anis Merah secara terpisah dan berjauhan dengan burung lainnya.

Pemberian Pakan Harian Burung Anis Merah

Kita juga wajib memberikan pakan harian pada burung Anis Merah agar cepat atau rajin berkicau. Gantilah pakan voer lama dengan yang baru setiap dua hari sekali. Berikan voer yang mengandung protein sekitar 12-18%.

Pemberian pakan harian ini sebaiknya dilakukan secara bervariatif, ini bertujuan agar kebutuhan burung Anis Merah akan karbohidrat, protein, mineral dan juga vitamin tercukupi.

Agar mendapatkan asupan gizi tambahan, kita juga perlu memberikan buah-buahan untuk Anis Merah. Beberapa buah-buahan yang cocok diberikan pada Anis Merah adalah apel merah, pepaya dan juga pisang. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti air minumnya setiap hari agar terhindar dari bakteri yang terdapat di dalam air.

Pemberian Extra Fooding

Selain memberikan pakan harian, kita juga perlu memberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF). Salah satu extra fooding yang sangat baik untuk Anis Merah adalah pemberian jangkrik setiap hari.

Berikan juga cacing atau ulat hongkong dua kali dalam seminggu. Dengan memberikan pakan yang berkualitas ini maka akan dapat membuat burung Anis Merah yang kita pelihara dapat cepat berbunyi.

Mengangin-Anginkan Burung Anis Merah

Cara merawat burung Anis Merah selanjutnya adalah dengan cara mengangin-anginkannya di sekitar halaman rumah. Lakukan proses mengangin-anginkan Anis Merah cukup sekitar 20 menit saja.

Memaster Burung Anis Merah

Agar burung Anis Merah yang kita pelihara mampu berkicau dengan gacor dan memiliki beberapa variasi suara, maka kita perlu melakukan pemasteran pada burung Anis Merah.

Proses pemasteran ini dapat dilakukan dengan suara burung kicau lainnya atau dapat dengan menggunakan mp3 player yang bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai situs website di internet.

Pemasteran ini dapat kita lakukan pada siang hingga hari, yaitu sekitar pukul 10.00-15.00. Jika kita tidak punya waktu pada siang hari, maka kita dapat juga melakukan pemasteran pada burung Anis Merah di waktu malam hingga pagi hari.

Jangan lupa untuk mengerodong Anis Merah ketika kita akan melakukan pemasteran agar Anis Merah dapat dengan cepat merekam suara yang mereka dengar.

Jauhkan dari Binatang Pengganggu

Salah satu hal yang tidak boleh kita abaikan adalah melindungi atau menjauhkan burung Anis Merah yang kita pelihara dari binatang-binatang pengganggu seperti kucing, anjing, ayam, tikus, dan juga ular. Sebab jika kita lalai, maka akan dapat membahayakan burung Anis Merah yang kita pelihara.

Membuat Suasana Sekitarnya Nyaman

Cara Merawat Burung Anis Merah
Sumber Gambar: i2.wp.com/hewanpedia.com

Di alam liar, Anis Merah atau Punglor Merah tinggal di tempat yang nyaman, agar Anis Merah yang kita pelihara merasa seperti tinggal di alam liar, maka kita perlu membuat suasana di sekitarnya nyaman.

Buatlah suasana sangkar dan sekitarnya terlihat asri dan juga sejuk sehingga Anis Merah akan cepat bersuara dengan gacor dan juga teler.

Nah, demikianlah cara merawat burung Anis Merah atau Punglor Merah yang baik dan benar agar dapat rajin bersuara dengan gacor dan juga teler. Lakukanlah cara-cara tersebut diatas dengan telaten agar kerja keras kita dapat membuahkan hasil yang maksimal.