Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Cara membedakan Jalak Putih jantan dan betina atau cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina sebenarnya dapat dilakukan dengan mengamati ciri fisiknya.

Jalak Pito atau kebanyakan orang menyebutnya dengan nama Jalak Putih merupakan salah satu jenis burung Jalak endemik Indonesia yang semakin hari semakin populer karena suaranya yang merdu.

Dapat dikatakan, burung Jalak Putih ini mendapat perhatian lebih jika dibandingkan dengan Jalak Kebo meskipun memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina
Sumber Gambar:hargaburung.id

Saat ini banyak kicau mania yang memelihara jenis burung kicau yang termasuk ke dalam keluarga jalak-jalakan ini, baik untuk sekedar dijadikan burung peliharaan atau bahkan untuk dijadikan sebagai burung ternakan.

Berbicara tentang beternak, maka pasti kita harus memelihara burung Jalak Putih yang berjenis kelamin jantan dan betina (sepasang).

Akan tetapi seperti halnya cara membedakan Beo jantan dan betina, jika dilihat secara sekilas, burung Jalak Putih jantan dan betina terlihat sangat mirip.

Hal ini karena burung Jalak Putih tergolong ke dalam jenis burung monomorfik atau jika dilihat secara fisik hampir tidak memiliki perbedaan.

Meskipun tergolong ke dalam jenis burung yang susah untuk dilihat perbedaan jenis kelaminnya, tetapi bukan berarti diantara tidak memiliki perbedaan.

Nah, agar kita tidak keliru dalam memilih jenis kelamin burung Jalak Putih, maka kita dapat melihat dari ciri-ciri fisiknya. Namun hal ini memerlukan ketelitian.

Berikut ini adalah cara membedakan Jalak Putih jantan dan betina berdasarkan ciri fisiknya.

Baca Juga : Cara Mudah Membedakan Sirtu Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Jalak Putih Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina
Sumber Gambar: www.jalaksuren.net
  • Postur Tubuh

Pada saat berusia sekitar 1-3 bulan, burung jalak Putih jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada Jalak Putih betina. Ini karena anakan Jalak Putih jantan tingkat pertumbuhannya sedikit lebih cepat daripada anakan Jalak Putih betina.

Sedangkan burung Jalak Putih betina memiliki postur tubuh yang tidak lebih besar daripada Jalak Putih jantan. Meskipun perbedaannya tidak begitu signifikan, namun akan tetap terlihat perbedaannya jika diantara keduanya disandingkan.

Dengan demikian, cara membedakan Jalak Putih jantan dan betina hanya dapat dilakukan yaitu dengan cara menyandingkan minimal dua atau lebih burung Jalak Putih.

Akan tetapi jika kita membelinya di pasaran (ombyokan) dan yang akan kita cari/butuhkan adalah yang berjenis kelamin betina, maka pastikan bahwa kita memilih burung yang ukuran tubuhnya paling kecil. Hal ini agar nantinya kita tidak keliru dalam membelinya.

  • Ukuran Kepala Burung Jalak Putih

Kita juga dapat mengetahui jenis kelamin burung Jalak Putih dengan cara melihat ukuran kepalanya.

Burung Jalak Putih jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran kepala Jalak Putih betina.

  • Mata Burung Jalak Putih

Ciri fisik lainnya untuk mengetahui jenis kelamin burung Jalak Putih adalah dengan mengamati matanya. Jalak Putih jantan memiliki warna kuning disekitar matanya yang terlihat lebih pekat.

Sedangkan burung Jalak Putih betina memiliki warna kuning disekitar mata yang sedikit lebih pudar.

  • Cara Berdiri

Burung Jalak Putih jantan cara berdirinya terlihat tegak, berbeda dengan Jalak Putih betina yang terlihat lebih pendek dan tidak begitu tegak.

  • Kloaka Burung Jalak Putih

Kloaka merupakan nama lain dari dubur. Jika kita lihat bagian duburnya, maka Jalak Putih jantan umumnya memiliki kloaka berwarna biru keunguan. Berbeda dengan Jalak Putih betina yang memiliki dubur berwarna putih kemerahan.

Namun ciri fisik ini dapat kita praktekkan pada Jalak Putih yang sudah berumur diatas 1 tahun.

  • Suara

Burung Jalak Putih  jantan memiliki ciri khas yaitu jika dipegang maka akan berbunyi “krek”. Maka jika ingin memastikannya, kita harus memegangnya secara langsung.

Namun perlu di ingat, cara memegangnya harus dengan hati-hati jangan sampai membuatnya takut karena dapat mengakibatkan stress. Ini berbeda dengan burung Jalak Putih betina, pada saat dipegang maka ia akan berbunyi “kik”.

Baca Juga : Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Dengan kita mengetahui ciri-ciri burung Jalak Putih, maka kita yakin dapat memilih dengan lebih akurat. Sedikit saran, jika burung Jalak Putih  hanya dijadikan sebagai burung peliharaan, maka pilihlah yang berjenis kelamin jantan.

Nah, itulah tips mudah dan akurat mengenai cara membedakan Jalak Putih jantan dan betina. Dengan pembahasan tersebut, semoga kita tidak lagi bingung jika ingin membelinya di pasaran.