Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

Cara membedakan burung Pleci jantan dan betina memang sangat penting untuk diketahui oleh kicau mania, terlebih lagi bagi para pecinta burung kacamata.

Disebut burung kacamata karena burung Pleci mempunyai klep atau corak warna putih yang melingkar disekitar bola matanya sehingga mirip dengan kacamata.

Burung Pleci tergolong kedalam jenis burung kicau kecil yang memiliki suara kicauan atau tembakan yang begitu indah.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina Dengan Mudah dan Akurat

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Burung Pleci saat ini telah menjadi salah satu burung peliharaan yang selalu diikutsertakan dalam lomba kontes burung.

Meskipun bukan tergolong kedalam jenis burung paruh bengkok atau jenis burung kicau yang berukuran besar, namun saat ini sangat banyak yang menggemarinya bahkan sudah ada beberapa kicau mania yang berhasil untuk membudidayakannya layaknya jenis burung Lovebird.

Karena permintaan akan pasar yang begitu tinggi terkait burung Pleci ini, maka dengan mengembangbiakkannya dirumah menjadi salah satu hal yang sangat positif.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengembangbiakkan burung Pleci adalah pertama kita dapat menjaga agar ekosistem di alam liar tetap terjaga. Kedua kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan karena permintaan akan pasar terkait burung Pleci ini sangat tinggi.

Terdapat beberapa perbedaan kualitas dan harga yang sangat mencolok antara burung Pleci jantan dan betina.

Hal ini karena hanya burung Pleci jantan yang mampu berkicau dengan keras, dan bervariasi. Sehingga kita wajib mengetahui cara membedakan burung Pleci jantan dan betina ketika kita ingin membelinya di pasar baik itu untuk dikembangbiakkan atau hanya sekedar dijadikan sebagai burung peliharaan.

Nah dibawah ini adalah berbagai tips cara mudah untuk membedakan burung Pleci jantan dan betina dengan sangat akurat.

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri Fisik

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Cara paling mudah untuk membedakan burung Pleci jantan dan betina adalah dengan melihat berdasarkan ciri fisiknya. Berikut ulasan selengkapnya.

  • Berdasarkan Bentuk Kepala Burung Pleci

Untuk membedakan jenis kelamin burung Pleci jantan dan betina adalah kita dapat memperhatikan bentuk kepalanya. Jika bentuk kepalanya terlihat besar dan juga bulat maka bisa dikatakan itu adalah Pleci berjenis kelamin jantan.

Namun jika kepalanya terlihat lebih kecil dan ramping maka kita dapat mengatakan bahwa itu Pleci yang berjenis kelamin betina.

  • Berdasarkan Bentuk Mata Burung Pleci

Burung Pleci jantan biasanya memiliki pola lingkaran di sekitar mata yang terlihat lebih tebal dan terputus-putus. Berbeda dengan Pleci betina yang memiliki pola lingkaran atau klep tebal namun tidak terputus-putus.

  • Berdasarkan Bentuk Paruh Burung Pleci

Bentuk paruh burung Pleci jantan cenderung lebih pendek dan terkesan tebal. Namun untuk Pleci betina memiliki bentuk paruh yang terlihat tidak lebih tebal jika dibandingkan dengan burung Pleci jantan.

  • Berdasarkan Postur Tubuh Burung Pleci

Selain melihat bentuk paruh, kita juga dapat melihat postur tubuh burung Pleci untuk membedakan jenis kelaminnya.

Umumnya, Pleci jantan memiliki postur tubuh yang terlihat lebih panjang, padat namun terlihat lebih kecil daripada Pleci betina.

Sedangkan Pleci betina memiliki ukuran tubuh yang cenderung terlihat lebih bulat serta terkesan lebih besar dan berisi daripada Pleci jantan namun terlihat lebih pendek jika dibandingkan dengan Pleci jantan.

  • Berdasarkan Bentuk Ekor Burung Pleci

Dengan kita memperhatikan bentuk ekor burung Pleci juga dapat menjadi acuan untuk mengetahui jenis kelamin burung Pleci.

Untuk burung Pleci jantan memiliki bentuk atau ukuran ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan Pleci betina.

Selain itu, jika kita perhatikan dengan seksama, burung Pleci jantan memiliki ekor yang berbentuk huruf “V” ketika dalam kondisi diam.

  • Berdasarkan Warna Bulu Burung Pleci

Burung Pleci jantan umumnya memiliki warna bulu yang terlihat lebih mencolok, cerah dan menawan. Berbeda dengan Pleci betina dimana warnanya terlihat lebih kusam.

  • Melihat Bagian Dubur atau Pen Burung Pleci

Untuk membedakan jenis kelamin burung Pleci berdasarkan ciri fisiknya yang terakhir adalah dengan memperhatikan/memeriksa bagian dubur atau pen.

Burung Pleci jantan memiliki bentuk dubur yang memanjang serta memiliki banyak bulu di sekitarnya. Ini berbeda dengan Pleci betina dimana bentuk pen atau duburnya cenderung lebih kecil serta hanya memiliki sedikit bulu disekitarnya.

Baca Juga : Cara Membedakan Murai Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina
Sumber Gambar: arenahewan.com

Selanjutnya adalah mengetahui jenis kelamin burung Pleci dengan melihat dari tingkah lakunya seperti pada penjelasan dibawah ini:

  • Suara

Burung Pleci jantan mampu berkicau dengan nyaring, keras serta mengkristal dan ini berbeda dengan Pleci betina dimana suara kicauannya terdengar lebih pelan dan tidak sejernih suara Pleci jantan.

Namun kita harus perhatikan, untuk membedakan suara burung Pleci jantan dan betina tentu membutuhkan ketelitian dan kejelian yang lebih ekstra.

  • Kelincahan

Pleci jantan memiliki pergerakan yang lebih aktif dan terlihat lebih agresif daripada Pleci betina yang terlihat lebih suka diam, kalaupun bergerak juga tidak se aktif Pleci jantan.

Selain itu, burung Pleci jantan kadang suka bertarung dengan sesama burung Pleci lainnya jika diletakkan dalam satu tempat atau ombyokan. Ini jelas berbeda dengan Pleci betina yang terlihat acuh terhadap jenis Pleci lainnya.

  • Semprotan Air

Kita juga dapat membedakan jenis kelamin burung Pleci jantan dan betina dengan cara menyemprotkan air pada bagian kepala burung Pleci.

Jika setelah kita menyemprotkan air ke bagian kepalanya lantas terlihat jambul dan pupilnya mengecil, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah burung Pleci jantan.

Baca Juga : Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina
Sumber Gambar: arenahewan.com

Agar kita lebih mudah untuk mengetahui jenis kelamin burung Pleci, maka kita dapat melihat rangkuman beberapa ciri-ciri burung Pleci jantan dan betina seperti pada pembahasan dibawah ini:

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan

  • Bentuk/ukuran kepala terlihat lebih besar dan bulat.
  • Klep atau lingkaran putih disekitar mata terlihat putus-putus dan tebal di bagian bawah.
  • Memiliki paruh yang terlihat lebih pendek.
  • Ukuran tubuhnya ramping namun panjang.
  • Bentuk ekor lancip dan ujungnya berbentuk huruf ‘V”.
  • Warna bulu terlihat lebih cerah dan tajam.
  • Tenggorokan berwarna hitam pada bagian kanan dan kirinya.
  • Dubur/pen terlihat lebih panjang dan memiliki banyak bulu di sekitarnya.

Ciri-Ciri Burung Pleci Betina

  • Bentuk/ukuran kepala terlihat lebih kecil.
  • Klep atau lingkaran putih disekitar mata tidak terputus dan tebal.
  • Paruh terlihat lebih panjang.
  • Ukuran tubuhnya terlihat lebih besar, bulat namun pendek.
  • Ekornya terlihat lebih pendek daripada Pleci betina dan bagian ujungnya rata.
  • Warna bulunya terlihat kusam.
  • Warna tenggorokan merah muda/pink.
  • Dubur/pen terlihat lebih kecil dan bulu di sekitarnya terlihat lebih sedikit.

Itulah tips mudah untuk membedakan jenis kelamin burung Pleci. Namun perlu diperhatikan, saat kita ingin menerapkannya, maka perlu ketelitian dan juga kejelian agar hasil pengamatannya tidak meleset.

Demikianlah cara membedakan burung Pleci jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Semoga bermanfaat.