Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina
Sumber Gambar: i0.wp.com/hewanpedia.com

Mengetahui cara membedakan Trucukan jantan dan betina atau cara membedakan Branjangan jantan dan betina merupakan suatu hal yang lazim diketahui oleh kicau mania.

Burung Trucukan atau nama ilmiahnya Pycnonotus goiavier merupakan jenis burung kicau yang masih berkerabat dengan burung Kutilang serta termasuk ke dalam jenis burung cucak-cucakan seperti Cucakrawa, Cucak Gunung, Cucak Kerinci atau jenis burung cucak lainnya.

Trucukan memiliki nama asli Merbah Cercukcuk dimana ukuran tubuhnya sekitar 20 cm dan bukan tergolong ke dalam jenis burung kicau kecil.

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Sebenarnya cara membedakan Trucukan jantan dan betina terbilang gampang-gampang susah, ini  hampir mirip pada cara membedakan Prenjak jantan dan betina.

Maka dari itu, kita harus benar-benar jeli untuk mengetahui bagaimana caranya membedakan burung Trucukan yang berjenis kelamin jantan dan betina ini.

Berikut ini merupakan cara paling mudah untuk mengetahui jenis kelamin burung Trucukan.

Melihat Jambul Burung Trucukan

Burung Trucukan jantan memiliki jambul yang lebih tegak sehingga terlihat lebih gagah, sedangkan Trucukan betina memiliki jambul namun kurang begitu tegak dan terlihat tidak lebih panjang daripada jambul Trucukan jantan.

Lingkaran Hitam Disekitar Mata

Pada tiap-tiap burung Trucukan memiliki lingkaran hitam disekitar matanya. Umumnya, Trucukan jantan memiliki lingkaran hitam yang terlihat lebih tebal, berbeda dengan Trucukan betina yang memiliki lingkaran hitam tipis atau tidak terlalu tebal.

Bulu di Telinga

Baik pejantan dan betina tentu memiliki bulu yang terdapat disekitar telinganya. Burung Trucukan jantan akan memiliki bulu disekitar telinga yang terlihat panjang dan juga keluar.

Berbeda dengan burung Trucukan betina dimana bulunya tidak terlalu panjang serta tidak tertutup rapat.

Bulu Halus Di Belakang Kepala

Burung Trucukan jantan memiliki bulu halus di belakang kepalanya yang akan terlihat ketika berusia 2-3 bulan. Ini berbeda dengan Trucukan betina yang tidak memiliki bulu halus pada bagian belakang kepala.

Postur Tubuh

Kita dapat membedakan jenis kelamin burung Trucukan dengan melihat postur tubuhnya. Trucukan jantan memiliki postur tubuh yang lebih panjang serta terlihat tegak. Berbeda dengan betina yang memiliki bentuk tubuh pendek serta ekornya tidak terlalu panjang.

Suara Kicauan

Pada dasarnya, baik Trucukan jantan dan betina sama-sama dapat berkicau, namun ini berbeda dengan jenis burung Jalak karena hanya Trucukan jantan yang mampu bersuara dengan keras dan tidak monoton.

Sedangkan Trucukan betina hanya mampu bersuara dengan pelan dan terdengar monoton.

Kondisi Mabung

Meskipun dalam kondisi mabung, Trucukan jantan mampu tetap berkicau dengan rajin berbanding terbalik dengan yang berjenis kelamin betina yang akan lebih suka diam ketika dalam kondisi mabung.

Anggapan Kurang Tepat Mengenai Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Trucukan Jantan dan Betina
Sumber Gambar: arenahewan.com

 

Didaerah Jawa Barat, burung ini disebut dengan burung Jogjog, berbeda dengan daerah Jawa Tengah, kebanyakan menyebutnya dengan nama burung Trocokan atau Trucukan.

Burung Trucukan tergolong salah satu burung yang cerdas meskipun bukan tergolong ke dalam jenis burung paruh bengkok.

Jika kita memeliharanya sedari anakan maka burung Trucukan akan sangat akrab terhadap pemiliknya. Seperti burung Cucakrowo, Trucukan juga mampu mengeluarkan suara khasnya yaitu ropel.

Selain itu, burung Trucukan juga mampu menirukan suara burung lainnya yang menjadikannya sangat digemari oleh para kicau mania.

Adapun burung Trucukan jantan dan betina sama-sama mampu berkicau namun perbedaanya terletak pada volume dan variasi suaranya.

Trucukan yang mampu berkicau dengan keras maka dapat dipastikan bahwa itu Trucukan jantan dan yang berkicau dengan suara lirih dan lembut adalah Trucukan yang berjenis kelamin betina.

Namun cara tersebut tentu masih kurang maksimal jika kita ingin mengetahui jenis kelamin burung trucukan ini melainkan terdapat beberapa cara lainnya agar kita mengetahui jenis kelamin burung trucukan.

Dibawah ini adalah anggapan kurang tepat tentang cara membedakan trucukan jantan dan betina yang harus kita ketahui.

Melihat Warna Lidah dan Mulut Burung Trucukan

Banyak yang beranggapan jika di bagian lidah dan mulut burung Trucukan yang berwarna kuning maka jenis kelaminnya adalah jantan serta mampu berkicau dengan bagus.

Sebenarnya warna kuning pada bagian mulut dan lidah burung Trucukan itu menandakan bahwa usia Trucukan sudah dewasa.

Jadi dengan melihat warna kuning pada mulut bukanlah menandakan bahwa itu Trucukan berjenis kelamin jantan atau betina melainkan burung Trucukan tersebut sudah berusia dewasa.

Warna Bulu Burung Trucukan

Beberapa orang menganggap jika melihat warna bulu pada burung Trucukan dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui bagaimana cara membedakan Trucukan jantan dan betina.

Faktanya adalah jika burung Trucukan memiliki warna bulu yang bersih dan mengkilap merupakan salah satu tanda bahwa burung dalam kondisi sehat dan cukup akan gizi.

Bulu yang mengkilap ini sebenarnya menandakan burung Trucukan dalam kondisi fit sehingga mampu memproduksi lebih banyak lapisan minyak seperti lilin yang menyelimuti bagian bulunya sehingga jika dilihat nampak berkilau/mengkilap.

Bentuk Ekor Burung Trucukan

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa burung Trucukan yang memiliki bentuk ekor V rapat/mengumpul merupakan tanda untuk mengetahui jenis kelamin burung Trucukan.

Padahal sebenarnya itu menandakan jika burung Trucukan sedang dalam kondisi terbaik atau on fire.

Postur Tubuh Burung Trucukan

Postur/ukuran tubuh besar atau kecil bukanlah penentu jenis kelamin burung Trucukan. Hal ini karena baik burung Trucukan jantan dan betina sama-sama memiliki ukuran tubuh yang besar atau kecil.

Tetapi untuk burung Trucukan jantan biasanya memiliki postur tubuh dan ekor yang lebih panjang dan ketika berdiri akan terlihat lebih tegap sehingga nampak gagah.

Ngleper

Ngleper juga bukan termasuk ke dalam cara membedakan Trucukan jantan dan betina, melainkan ngleper merupakan perilaku burung Trucukan pada saat dalam kondisi birahi.

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai cara membedakan Trucukan jantan dan betina yang dapat kita coba terapkan ketika ingin membelinya di pasar burung.