Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina

Cara membedakan prenjak jantan dan betina memang dapat dibilang cukup sulit, berbeda dengan cara membedakan merpati jantan dan betina.

Burung prenjak sendiri merupakan jenis burung kicau kecil asli yang berasal dari Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika banyak pecinta burung yang memeliharanya.

Meskipun bukan tergolong ke dalam jenis burung kicau yang berukuran besar, namun jangan sekali-kali meremehkan suara burung prenjak ini. Terlebih lagi ketika prenjak sedang mengeluarkan suara tembakannya, pasti terdengar sangat nyaring di telinga.

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina
Sumber Gambar: anekaburungberkicau.files.wordpress.com

Burung prenjak juga memiliki suara kicauan yang sangat nyaring dan juga keras. Selain itu, burung prenjak juga tidak pernah absen di dalam lomba kontes burung.

Meskipun burung prenjak sangat populer di kalangan para kicau mania, namun masih banyak juga yang tidak mengetahui bagaimana cara membedakan prenjak jantan dan betina.

Jenis burung prenjak sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya seperti jenis prenjak kepala merah, prenjak sawah dan juga prenjak lumut.

Dari sekian banyak jenis burung prenjak, prenjak kepala merah atau prenjak kebun merupakan jenis burung prenjak yang paling populer atau paling banyak diminati meskipun memiliki harga yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa cara paling gampang untuk membedakan prenjak jantan dan betina.

  • Bentuk Kepala

Cara pertama untuk membedakan prenjak jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk kepalanya.

Prenjak jantan memiliki bentuk kepala yang lebih ceper sedangkan prenjak betina bentuk kepalanya cenderung lebih melengkung.

  • Bentuk Mata

Cara selanjutnya untuk mengetahui jenis kelamin burung prenjak adalah dengan melihat bentuk matanya. Biasanya burung prenjak jantan memiliki mata lebih menonjol sedangkan prenjak betina bentuk mata lebih ceper.

  • Warna Paruh

Dengan melihat warna paruh burung prenjak juga dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui jenis kelamin burung prenjak. Seperti yang diketahui, bahwa burung prenjak memiliki warna paruh yang berbeda antara jantan dan betinanya.

Burung prenjak jantan biasanya memiliki warna paruh yang lebih hitam sedangkan burung prenjak betina memiliki warna paruh lebih terang atau putih.

  • Postur Tubuh

Cara selanjutnya untuk mengetahui jenis kelamin burung prenjak yaitu dengan melihat postur tubuhnya. Burung prenjak jantan dan betina memang memiliki ukuran tubuh yang sangat jauh berbeda.

Dimana prenjak jantan pada umumnya memiliki ukuran atau postur tubuh yang lebih besar dan juga panjang. Berbanding terbalik dengan prenjak betina yang memiliki postur tubuh lebih kecil.

  • Tes DNA

Cara terakhir untuk mengetahui jenis kelamin burung prenjak adalah dengan melakukan tes DNA. Cara ini merupakan cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin burung prenjak. Bahkan tingkat keakuratan tes DNA mencapai 99%.

Setelah mengetahui bagaimana caranya untuk membedakan burung prenjak jantan dan betina, maka selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri burung prenjak jantan dan betina berdasarkan fisiknya.

Baca juga: Jenis Burung Paruh Bengkok

Ciri-Ciri Prenjak Jantan

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina
Sumber Gambar: omkicau.com
  • Mempunyai warna merah tegas dan menyala di bagian kepala.
  • Memiliki dua buah bulu di bagian ekor yang lebih panjang. Pada umumnya bulu ekornya lebih panjang daripada prenjak betina
  • Memiliki rongga mulut serta paruh tebal berwarna hitam.
  • Dapat berkicau dengan beberapa variasi suara (tidak monoton).
  • Mempunyai warna bulu di bagian dada yang lebih pekat serta gelap.
  • Burung prenjak jantan mempunyai ekor dengan bentuk bulat serta mengembang.

Baca juga: Jenis Burung Lovebird

Ciri-Ciri Prenjak Betina

Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina
Sumber Gambar: hewanbinatang.com
  • Suara kicauan monoton.
  • Paruh tipis.
  • Memiliki dua buah bulu di bagian ekor yang lebih pendek daripada bulu ekor lainnya.
  • Memiliki warna merah pudar dan tidak menyala di bagian kepala.
  • Bulu di bagian dada lebih terang.
  • Burung prenjak betina memiliki ekor yang berbentuk lancip serta terlihat kuncup.

Nah, itulah cara membedakan prenjak jantan dan betina dengan mudah namun akurat. Semoga dengan pembahasan kali ini, kita tidak lagi kesulitan untuk memilih burung prenjak jantan atau betina ketika akan membelinya di pasar.