Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina

Cara membedakan Branjangan jantan dan betina memang dapat dikatakan cukup sulit, berbeda dengan jenis burung kicau lainnya yang terbilang cukup mudah.

Burung Branjangan memiliki nama latin Mirafra javanica, merupakan jenis burung yang termasuk kedalam keluarga Alaudidae dari genus Mirafra dimana secara fisik jantan dan betinanya terlihat sangat mirip.

Ini seperti pada cara membedakan burung Pleci jantan dan betina yang harus membutuhkan ketelitian khusus untuk memastikan jenis kelaminnya.

Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah dan Akurat

Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Berbeda dengan jenis burung Jalak yang mampu berkicau baik jantan atau betina, burung Branjangan merupakan jenis burung kicau dimana yang mampu berkicau dengan gacor dan bervariasi hanyalah yang berjenis kelamin jantan.

Jadi kita wajib mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung yang terkenal dengan suara ngeriwiknya ini.

Dibawah ini adalah cara paling mudah untuk membedakan Branjangan jantan dan betina.

Berdasarkan Jambul Burung Branjangan

Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Seperti yang diketahui, burung Branjangan memiliki jambul di kepala yang menjadikannya terlihat lebih sangar daripada jenis burung lainnya.

Pada umumnya, burung Branjangan jantan memiliki jambul yang lebih panjang daripada Branjangan betina. Namun cara ini akan sulit diterapkan jika usia burung Branjangan masih cukup muda.

Berdasarkan Paruh Burung Branjangan

Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com

Selain melihat jambul, kita juga dapat membedakan jenis kelamin burung Branjangan dengan melihat bentuk paruhnya.

Burung Branjangan jantan memiliki paruh yang sedikit terang di bagian bawah, sedangkan yang berjenis kelamin betina warna paruh cenderung lebih gelap dengan perpaduan antara warna hitam dan sedikit kecokelatan.

Berdasarkan Mata Burung Branjangan

Pada bagian mata burung Branjangan jantan terlihat lebih tajam dan memiliki bulu halus disekitarnya yang berwarna hitam.

Berdasarkan Bulu Dada Burung Branjangan

Branjangan jantan memiliki ciri khas dimana bulu dadanya terlihat lebih halus dan juga mengkilap, berbanding terbalik dengan Branjangan betina dimana bulu dadanya terlihat biasa-biasa saja.

Berdasarkan Warna Bulu Burung Branjangan

Warna bulu burung Brajangan jantan umumnya terlihat lebih mengkilap daripada Branjangan betina dimana bulunya terlihat lebih kusam.

Berdasarkan Ekor Burung Branjangan

Selain melihat warna bulu, kita juga dapat membedakan jenis kelamin burung Branjangan dengan melihat bagian ekornya. Ekor burung Branjangan jantan terlihat lebih mekar dan lebih terbuka.

Melihat Anakan Burung Branjangan

Bentuk kepala burung Branjangan anakan yang berjenis kelamin jantan umumnya lebih besar daripada yang berjenis kelamin betina.

Selain itu, anakan burung Branjangan jantan juga memiliki warna bulu yang lebih tajam dan juga lebih tegas jika dibandingkan dengan anakan Branjangan betina.

Berdasarkan Suara Burung Branjangan

Ketika burung Branjangan masih berusia muda, biasanya yang berjenis kelamin betina akan sukar untuk berbunyi. Ini berbeda dengan Branjangan jantan dimana ketika masih berusia muda maka akan lebih sering untuk ngeriwik.

Tetapi jika sudah dewasa, burung Branjangan betina akan mampu bersuara dengan lantang/keras namun suara kicauannya terdengar monoton. Sedangkan Branjangan jantan dewasa mampu bersuara dengan lantang dan suara kicauannya pun sangat bervariasi.

Setelah kita mengetahui mengenai cara membedakan Branjangan jantan dan betina seperti pada pembahasan diatas, maka kita pasti sudah tidak kesulitan lagi jika kita ingin membelinya di pasaran.