Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina
Sumber Gambar: www.pexels.com

Siapa disini yang tidak mengetahui jenis burung merpati? Kami yakin 100% pasti semua orang mengetahuinya. Meskipun burung merpati sangat populer, apakah kita mengetahui cara membedakan merpati jantan dan betina?

Jika belum mengetahuinya, maka pada pembahasan kali kita akan membahas bersama mengenai cara membedakan merpati jantan dan betina seperti pada pembahasan sebelumnya yaitu tentang cara membedakan parkit jantan dan betina.

Sejak dahulu kala, burung merpati memang sudah sangat arab dengan manusia bahkan kehadirannya sangat membantu manusia. Hal ini karena pada jaman dahulu, merpati digunakan sebagai sarana untuk mengirim surat.

Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

Seiring berjalannya waktu, burung merpati tidak lagi dijadikan sebagai media untuk mengirim surat karena telah diciptakannya transportasi yang dapat dijadikan sebagai media untuk mengirim surat.

Berbeda dengan saat ini, meskipun merpati bukan tergolong ke dalam jenis burung kicau, burung merpati juga sudah banyak dijadikan sebagai burung kontes atau perlombaan.

Meskipun burung merpati sudah sangat populer di kalangan para pecinta burung, namun beberapa diantaranya masih ada yang belum bisa membedakan antara merpati jantan dan betina.

Sebenarnya, untuk membedakan jenis kelamin burung merpati itu terbilang sangat mudah dan berbeda dengan cara membedakan lovebird jantan dan betina yang terbilang lebih sulit.

Dibawah ini adalah tiga cara paling gampang untuk membedakan jenis kelamin burung merpati.

1. Ukuran Tubuh

Cara pertama untuk mengetahui jenis kelamin burung merpati adalah dengan melihat ukuran atau postur tubuhnya.

Burung merpati jantan memiliki bentuk tubuh lebih kekar dan terlihat lebih besar dan panjang. Hal ini disebabkan karena merpati jantan lebih sering beraktivitas terbang lebih banyak daripada jenis merpati betina.

Sedangkan burung merpati betina dapat dipastikan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dan lebih ramping jika dibandingkan dengan jenis merpati jantan.

2. Perhatikan Bagian Capit Udang

Selain itu, kita juga dapat melihat perbedaan burung merpati jantan dan betina dengan cara memperhatikan atau memegang bagian capit udangnya.

Merpati jantan akan memiliki capit udang yang lebih sempit serta rapat, sedangkan merpati betina memiliki ukuran capit udang lebih lebar.

3. Membekur

Untuk membedakan jenis kelamin burung merpati yang terakhir adalah dengan memperhatikan kebiasaan membekurnya.

Burung merpati jantan akan lebih sering membekur daripada merpati betina. Meskipun merpati betina dapat membekur, namun dapat dipastikan tidak akan sesering seperti merpati jantan.

Baca juga: Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Cara Mudah Menjodohkan Burung Merpati

Cara Membedakan Merpati Jantan da
Sumber Gambar: i.pinimg.com

Sebagai informasi tambahan, kami akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk menjodohkan burung merpati.

Hal pertama untuk menjodohkan burung merpati adalah dengan memilih pejantan dan betina yang sudah berusia dewasa. Selanjutnya adalah dengan menempatkan merpati jantan dan betina dalam satu kandang sekitar 3 hari.

ketika dalam proses penjodohan, sebaiknya kedua burung merpati jangan di keluarkan dari kandangnya serta berikan saja pakan dan minuman di dalam kandang.

Setelah 3 hari, cobalah keluarkan kedua burung merpati tersebut. Jika diantara keduanya saling berdekatan setelah di keluarkan dari kandang, maka dapat dipastikan kedua burung merpati tersebut sudah berjodoh.

Selain itu, kita juga dapat memegang burung merpati betina kemudian memancing merpati jantan untuk mendekat. Misal burung merpati jantan mendekat maka bisa dipastikan keduanya sudah berjodoh.

Dengan kita telah mengetahui cara membedakan merpati jantan dan betina seperti yang telah dijelaskan diatas maka sekarang kita pasti tidak kesulitan lagi untuk membedakan antara burung merpati jantan dan betina. Sehingga lebih mudah ketika kita ingin menjodohkannya.