Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Jika kalian sedang mencari referensi tentang bagaimana cara membedakan Lovebird jantan dan betina, maka kalian tepat berada di website ini!

Seperti halnya ciri-ciri Murai Batu Medan, cara membedakan Lovebird jantan dan betina pun dapat dikatakan gampang-gampang susah.

Hal ini karena jika kita hanya melihat secara sekilas, maka akan sangat sulit untuk membedakan jenis kelamin burung Lovebird ini.

Baca juga: Jenis Burung Merpati

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Sumber Gambar: apollo-singapore.akamaized.net

Burung Lovebird merupakan salah satu dari jenis burung paruh bengkok yang bersifat sangat setia terhadap pasangannya. Hal inilah yang menjadikannya diberi nama “Lovebird” atau “Burung Cinta”.

Jenis dan warna dari burung Lovebird ini sangat beragam, mulai dari jenis Lovebird klep, non-klep, Lovebird paruh putih, paruh oranye atau bahkan paruh merah.

Selain memiliki banyak ragam jenis dan warna, Lovebird juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung, yaitu terdapat pada suara kicauannya yang biasa disebut dengan “ngekek“.

Jika Lovebird memiliki suara “ngekek” yang panjang, maka dapat dipastikan akan memiliki harga jual yang sangat tinggi. Karena saat ini sudah sangat banyak burung Lovebird yang diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh burung Lovebird ini, namun apakah kita dapat membedakan jenis Lovebird jantan dan betina dengan mudah dah akurat?

Nah, di kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membedakan Lovebird jantan dan betina dengan sangat mudan dan juga akurat! Berikut penjelasannya.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisiknya

  • Bentuk Paruh

Agar kalian tahu mana Lovebird jantan dan betina, maka kalian dapat melihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh Lovebird jantan akan terlihat lebih runcing serta cenderung kecil. Sedangkan yang betina memiliki paruh sedikit tumpul, besar dan melebar.

  • Lubang Hidung

Selanjutnya adalah dengan melihat lubang hidungnya. Kalian dapat melakukannya dengan cara meniup bagian hidung Lovebird untuk melihat bentuk lubang hidungnya.

Lovebird yang memiliki bentuk lubang hidung lonjong, maka dapat dipastikan bahwa jenis kelaminnya adalah jantan. Namun jika bentuk lubang hidungnya bulat lebar, maka Lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

  • Lingkar Klep Kacamata

Untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird juga dapat dilakukan dengan cara melihat lingkar klep kacamata atau bagian warna putih di sekitar matanya.

Umumnya, Lovebird jantan memiliki lingkar klep berbentuk lonjong, sedangkan betiannya memiliki lingkar klep bulat.

  • Bentuk Sayap

Kalian juga dapat membedakan jenis kelamin Lovebird dengan cara melihat bentuk sayapnya. Lovebird jantan akan memiliki bentuk sayap menyilang atau tindih menindih antara satu dengan satunya lagi. Untuk yang betina memiliki ujung sayap sejajar dan tidak menyilang.

  • Bentuk Ekor

Selain dapat melihat bentuk sayapnya, untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird juga dapat dilihat dari bentuk ekornya. Ekor Lovebird jantan umumnya cenderung berbentuk runcing, sedangkan untuk betina memiliki ekor berbentuk lebih rata dan lebar.

  • Bentuk Anus

Lovebird jantan memiliki bentuk anus lebih kecil dan terlihat menonjol. Untuk Lovebird betina memiliki anus berbentuk lebih lebar dan rata.

  • Tulang Pubis

Untuk membedakan Lovebird jantan dan betina juga dapat dilakukan dengan cara melihat/memeriksa antara dua tulang pubis burung Lovebird.

Jarak kedua tulang pubis Lovebird terasa lebih sempit jika dibandingkan dengan jenis betinanya yang memiliki tulang pubis elastis yang menjadikan jarak antara keduanya lebih lebar.

  • Ukuran Tubuh

Cara terakhir untuk mengenali jenis Lovebird jantan dan betina jika dilihat dari bentuk fisik adalah dengan melihat ukuran tubuhnya.

Biasanya, Lovebird jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada si betina dan bentuk kepala Lovebird jantan berbentuk cepak sedangkan betina cenderung berbentuk melengkung.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Ciri Tingkah Lakunya

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com
  • Tingkah Laku pada saat Birahi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang paling setia terhadap pasangannya. Jadi mereka lebih menyukai hidup secara berpasangan/koloni.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung Lovebird juga dapat dilakukan dengan cara melihat tingkah lakunya pada saat birahi.

Ciri khasnya adalah Lovebird jantan ketika mendekati si betina akan mengangguk-anggukan kepalanya. Lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara cit-cit-cit atau tek-tek-tek untuk menarik perhatian betinanya.

Sedangkan untuk yang berjenis kelamin betina biasanya cenderung lebih suka menunduk serta membentangkan sayapnya dengan lebar (ngleper).

Selain itu, Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang terdapat di sekitarnya sebagai tanda bahwa si betina sedang menarik perhatian Lovebird jantan.

  • Cara Bertengger

Meskipun fisik Lovebird jantan lebih kecil daripada betinanya, namun pada saat bertengger burung Lovebird jantan akan terlihat lebih besar. Ini disebabkan karena cara bertenggernya Lovebird jantan menggunakan kaki yang agak merapat.

Berbanding terbalik dengan Lovebird betina yang melebarkan kakinya sehingga terlihat sedikit lebih pendek.

  • Cara Membangun Sarang

Cara terakhir untuk mengenali jenis Lovebird jantan dan betina dari tingkah lakunya adalah dengan melihat tingkah laku Lovebird pada saat membangun sarang.

Di alam liar, Lovebird akan membangun sarangnya sendiri. Dimana Lovebird betina akan lebih aktif untuk mengambil serpihan-serpihan bahan dan mengumpulkannya untuk kemudian dijadikan sarang.

Itulah cara membedakan Lovebird jantan dan betina paling mudah dan akurat yang dapat kalian terapkan ketika ingin membeli atau menjodohkan burung Lovebird.