Ciri-Ciri Murai Batu Medan

Bagi para pecinta burung, pasti tidak sulit untuk mengetahui ciri-ciri Murai Batu Medan. Namun bagi orang awam seperti Saya, akan sangat sulit untuk membedakan jenis Murai Batu Medan dengan jenis Murai Batu lainnya.

Burung Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan menjadi salah satu jenis burung kicau yang paling banyak untuk dijadikan sebagai burung peliharaan.

Bahkan, burung Murai Batu Medan sering dijadikan sebagai bintang utama dalam ajang lomba burung kicau yang diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Jenis burung Jalak paling populer di Indonesia.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli

Ciri-Ciri Murai Batu Medan
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Secara spesifik, kita dapat mengambil beberapa patokan untuk melihat ciri-ciri Murai Batu Medan yang asli. Selain itu, dengan melihat ciri-ciri dibawah ini, kita juga dapat memastikan bahwa Murai Batu Medan yang akan kita pilih itu memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Beberapa ciri yang dimaksud adalah:

  • Ciri Fisik Murai Batu Medan

Hal pertama untuk mengetahui ciri-ciri Murai Batu Medan adalah dengan melihat ciri fisiknya. Burung Murai Batu Medan memiliki postur tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis Murai Batu Lainnya.

Selain itu, Murai Batu Medan juga memiliki ekor yang panjang sehingga terlihat sangat ideal dengan postur tubuhnya yang besar.

Ukuran tubuh yang besar ini juga berpengaruh pada suara kicauannya yang keras serta memiliki kualitas lebih jika dibandingkan dengan jenis Murai Batu lainnya.

  • Bentuk Kepala dan Postur Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan
Sumber Gambar: i0.wp.com

Untuk mengetahui jenis burung Murai Batu Medan atau bukan, kita juga dapat melihat dari bentuk kepalanya.

Dimana bentuk kepala Murai Batu Medan ini terlihat lebih indah daripada jenis Murai Batu lainnya.

Apalagi jika Murai Batu Medan sedang berdiri, maka ia akan menegakkan kepalanya yang membuat Murai Batu Medan terlihat lebih gagah.

Jika kita ingin membelinya, maka salah satu daya tarik tersebut dapat menjadi salah satu faktor apakah Murai Batu Medan yang akan kita pilih memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Hal ini karena Murai Batu Medan yang memiliki postur yang baik akan menjadi nilai plus di dalam lomba kontes burung.

  • Kombinasi Warna Bulu Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan lainnya adalah dengan melihat kombinasi warna bulunya. Umumnya, Murai Batu Medan memiliki warna hitam abu-abu atau coklat tua yang dominan di bagian dada.

Sedangkan di bagian leher,sayap dan kepalanya biasanya berwarna hitam pekat.

Kombinasi warna hitam dan coklat tua pada bulu Murai Batu Medan ini dapat dilihat dengan mudah. Sehingga kita lebih mudah untuk mengetahui apakah burung yang dimaksud merupakan Murai Batu Medan atau bukan.

Untuk Murai Batu Medan yang memiliki kualitas baik, maka bulunya akan terlihat lebih rapi, tidak mudah rontok serta warnanya cenderung lebih berkilau.

Ciri-ciri Murai Batu Medan tersebut sangat cocok dijadikan sebagai burung kontes atau dijadikan sebagai indukan.

  • Bentuk dan Gerakan Ekor Murai Batu Medan

Selain melihat kombinasi warna bulu pada burung Murai Batu Medan, kita juga dapat mengetahui ciri-ciri Murai Batu Medan asli hanya dengan melihat bentuk ekor dan juga gerakan ekornya.

Jadi kita harus jeli untuk memperhatikan ekornya. Dimana Murai Batu Medan memiliki bentuk ekor yang sangat khas. Selain itu, Murai Batu Medan juga memiliki ekor yang lebih panjang daripada jenis Murai Batu lainnya. Biasanya, ekor Murai Batu Medan panjangnya dapat mencapai 26-35 cm.

Kita juga dapat melihat ciri-ciri Murai Batu Medan hanya dengan pergerakan ekornya. Untuk Murai Batu Medan dengan kualitas baik akan dapat mengangkat ekornya hingga ke ujung kepala.

  • Motif Ekor Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan
Sumber Gambar: lh3.googleusercontent.com

Untuk membedakan jenis Murai Batu Medan atau bukan juga dapat dengan cara melihat motif ekor dari Murai Batu itu sendiri. Pada umumnya, Murai Batu Medan mempunyai empat pasang bulu berwarna putih di bagian kanan dan kiri ekornya.

Corak yang berwarna putih ini biasanya membentuk huruf “U” dimana tengahnya seperti terpotong.

Namun, ada juga ciri lainnya yaitu berupa strip berwarna hitam yang membelah pangkal ekor secara horizontal. Hal ini yang membedakan jenis Murai Batu Medan dengan jenis Murai Batu lainnya.

Ciri khas pada ekor Murai Batu Medan ini dapat memudahkan kita untuk membedakan antara Murai Batu Medan dengan jenis Murai Batu lainnya meskipun hanya melihat ekornya saja.

Akan tetapi jika kita ingin membeli Murai Batu Medan untuk dijadikan sebagai burung kontes, maka pilihlah burung yang memiliki motif ekor yang terlihat sangat jelas.

Hal lain yang juga tidak boleh di abaikan adalah dengan memilih burung Murai Batu Medan yang memiliki motif dan presisinya identik antara sisi kanan dan kirinya. Pastikan juga untuk memilih bulu pada ekor yang memiliki warna putih cenderung lebih bersih dan berkilau.

  • Warna Kaki Murai Batu Medan

Selain dapat melihat motif ekor, kita juga dapat melihat burung Murai Batu Medan dengan cara melihat warna pada kedua kakinya.

Burung Murai Batu Medan biasanya memiliki kaki berwarna merah kecokelatan, namun ada juga yang berwarna hitam.

  • Bentuk Kaki Murai Batu Medan

Murai Batu Medan yang telah berusia tua, biasanya bentuk kakinya akan mengalami perubahan. Ketika Murai Batu Medan sudah tua biasanya kedua kakinya akan melekuk mirip dengan bentuk belimbing.

Ciri-ciri Murai Batu Medan ini dapat membantu kita agar bisa mengetahui berapa kira-kira ukuran usianya.

Burung Murai Batu Medan yang sudah memiliki ciri-ciri seperti ini maka biasanya sudah siap untuk dijadikan sebagai indukan.

  • Kicauan Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan yang terakhir adalah dengan melihat suara kicauannya. Jenis Murai Batu Medan memiliki suara kicauan yang sangat khas namun juga indah.

Dengan keindahan kicauan yang dimilikinya menjadikan jenis Murai Batu Medan memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Semakin bagus, jernih, nyaring dan semakin banyak variasi suara baik itu dari dari suara jenis burung kicau kecil atau jenis burung kicau lainnya, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri Murai Batu Medan. Semoga dengan pembahasan tersebut, kita sebagai pecinta burung khususnya untuk yang masih awam, akan lebih jeli untuk memilih jenis Murai Batu agar tidak menjadi korban oleh para oknum penjual yang tidak jujur.