Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebenarnya cara membedakan kenari jantan dan betina itu dapat dilihat dari ciri-ciri masing-masing burung kenari seperti halnya cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Kita bisa melihat perbedaan antara kenari jantan dan betina hanya dengan melihat fisiknya saja namun hal ini harus membutuhkan ketelitian.

Di Indonesia sendiri, banyak kicau mania yang gemar memelihara jenis burung kenari ini lantaran selain memiliki warna yang indah, burung kenari juga memiliki suara kicauan yang tidak kalah merdu jika dibandingkan dengan jenis burung kicau.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Cara membedakan kenari jantan dan betina memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dapat dilihat secara fisik, tingkah laku atau juga pada suara kicauannya.

Dibawah ini adalah pembahasan lengkap mengenai cara membedakan kenari jantan dan betina dari berbagai sudut pandang dengan hasil paling akurat!

Berdasarkan Ciri Fisik Burung Kenari

Kita dapat membedakan jenis kelamin burung kenari berdasarkan ciri fisiknya. Beberapa ciri fisik yang dimaksud adalah:

  • Ciri Fisik Kenari Pada Usia 3-7 Hari

Untuk membedakan jenis kelamin kenari sebenarnya lebih mudah pada saat sudah menginjak usia dewasa. Tetapi kita juga bisa membedakan jenis kelamin kenari ketika masih anakan, yaitu sekitar usia 3-7 hari.

Cara membedakannya yaitu dengan melihat ada atau tidak garis merah yang melintang di bagian bawah perut hingga ke dubur.

Jika memiliki garis merah yang melintang berarti anakan kenari tersebut berjenis kelamin jantan, namun juga sebaliknya, jika tidak ada berarti jenis kelaminnya adalah betina. Garis merah yang di maksud merupakan pembuluh vena yang terdapat di tubuh kenari.

  • Posisi Mata Burung Kenari

Kita juga dapat membedakan jenis kelamin kenari dengan cara melihat atau mengamati posisi matanya.

Jika dilihat dari posisi matanya, burung kenari jantan memiliki letak kedua mata yang relatif sejajar dengan paruhnya. Sedangkan untuk kenari betina posisi kedua matanya lebih diatas paruhnya. Cara ini juga dapat dilakukan ketika burung kenari masih berupa anakan.

  • Ciri Fisik Berdasarkan Bentuk Kaki

Selain dapat melihat posisi mata untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, ukuran kaki burung kenari juga dapat menjadi acuan untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari.

Burung kenari jantan memiliki kaki yang panjang sehingga terlihat lebih besar dan kokoh. Sedangkan kenari betina memiliki bentuk kaki yang lebih kecil daripada kenari jantan.

  • Berdasarkan Bentuk Kepala

Burung kenari jantan umumnya memiliki bentuk kepala yang cenderung terlihat cepak sedangkan kenari betina memiliki kepala berbentuk bulat.

  • Berdasarkan Bentuk Raut Wajah Burung Kenari

Selanjutnya adalah dengan melihat bentuk raut wajah burung kenari. Raut wajah burung kenari jantan pasti terlihat lebih sangar dan garang jika dibandingkan dengan kenari betina dimana raut wajahnya terlihat lebih imut, lugu dan terlihat cantik.

Tetapi kita tidak boleh menjadikan acuan pada bentuk raut wajah burung kenari ini, melainkan kita juga harus mempertimbangkan ciri-ciri yang lainnya.

  • Berdasarkan Postur Tubuh Burung Kenari

Untuk ukuran tubuh kenari jantan pada umumnya terlihat lebih besar dan juga lebih gagah daripada si betina. Terlebih lagi jika usianya sudah menginjak dewasa, namun ketika masih anakan akan sulit untuk membedakan jenis kelaminnya jika hanya dengan melihat postur tubuhnya.

  • Bentuk Selangkangan Kenari

Selain melihat ukuran atau postur tubuh, kita juga dapat mengamati bentuk selangkangan burung kenari untuk membedakan jenis kelaminnya. Umumnya, kenari jantan memiliki selangkangan yang lebih rapat daripada kenari betina.

  • Bentuk Kolaka atau Dubur Kenari

Mungkin dengan melihat bentuk kolaka atau dubur burung kenari dapat dijadikan sebagai acuan yang paling akurat untuk membedakan jenis kelamin burung kenari.

Untuk kenari jantan, bentuk duburnya akan terlihat lebih menonjol vertikal ke atas. Sedangkan untuk kenari betina bentuk dubur terlihat lebih rata dengan permukaan perutnya.

Berdasarkan Sifat Perilaku dan Suara Burung Kenari

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina
Sumber Gambar: cdn.pixabay.com

Selain melihat dari bentuk fisik yang sudah jelas terlihat perbedaan antara jantan dan betina, kita juga dapat membedakan jenis kelamin burung kenari berdasarkan dengan perilaku, gerak-gerik atau suara kicauannya.

Cara yang satu ini dapat kita gunakan ketika akan membeli burung kenari di pasaran atau di penangkaran. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Suara Kenari Ketika Lapar

Ketika kenari masih berupa anakan, pada saat lapar pasti akan berbunyi mencit-cit untuk memanggil induknya agar memberinya makanan.

Kita dapat mengamati suara jeritannya ini, jika burung kenari berjenis kelamin jantan maka suaranya akan terdengar lebih keras daripada yang betina.

  • Suara Irama atau Kicauan Burung Kenari

Suara irama ketika kenari sedang berkicau juga dapat dijadikan sebagai standar patokan untuk membedakan jenis kelamin jantan atau betina.

Burung kenari jantan memiliki suara kicauan yang sangat lantang dan juga gacor. Irama kicauannya pun bervariatif atau tidak monoton. Berbeda dengan kenari betina yang sangat jarang berkicau. Misal berkicau pun tidak akan selantang seperti kenari jantan dan suara kicauannya monoton.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan burung kenari jantan memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kenari betina. Burung kenari jantan saat ini juga sudah banyak untuk di lombakan karena memiliki suara kicauan yang bervariasi sehingga enak di dengar.

  • Kebiasaan Gerak-Gerik Kenari

Dengan mengamati gerak-gerik burung kenari juga dapat dijadikan sebagai salah satu patokan untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari.

Pada umumnya, kenari jantan akan terlihat lebih aktif, agresif atau giras. Sedangkan kenari betina gerak-geriknya tidak se agresif kenari jantan.

Biasanya kenari betina malah lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di tempat tangkringan.

  • Posisi Cakar Ketika Mencengkram

Caranya kenari mencengkeram tangkringan juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengetahui bahwa kenari tersebut berjenis kelamin jantan atau betina.

Kita dapat mengamati cengkeraman cakar kenari pada saat bertengger di kayu. Biasanya kenari jantan memiliki cengkeraman yang lebih kuat daripada kenari betina.

Tetapi cara ini jangan dijadikan sebagai acuan utama untuk memastikan bahwa kenari yang dimaksud adalah kenari jantan atau betina melainkan harus dengan pertimbangan yang lainnya juga.

  • Cara Burung Kenari Bertarung

Burung kenari jantan lebih memiliki keberanian bertarung daripada kenari betina. Terlebih lagi jika mental bertarungnya sudah sering dilatih pastinya dia akan menanggapi tiap rangsangan yang ditunjukkan kepadanya baik itu sekedar suara atau bahkan kontak fisik.

Berbeda dengan jenis kenari betina, dimana mentalnya sedikit kendor yang menjadikannya tidak terlalu ngotot ketika akan beradu kicauan dengan jenis burung lainnya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai perbedaan antara kenari jantan dan betina yang dapat dilihat dari berbagai sudut, baik itu fisik, tingkah perilaku atau pun suara kicauannya.

Cara membedakan kenari jantan dan betina tersebut dapat menjadi rujukan paling akurat agar kita dapat memilih kenari sesuai dengan keinginan kita sehingga dapat mengantisipasi agar kita tidak di tipu oleh penjual burung yang tidak bertanggungjawab.