Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Burung Parkit merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Meskipun banyak dipelihara, apakah kalian mengetahui cara membedakan parkit jantan dan betina?

Meskipun tidak sepopuler seperti jenis burung lovebird, namun burung parkit juga mempunyai warna bulu yang sangat indah serta cara perawatannya pun terbilang sangat mudah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara membedakan parkit jantan dan betina seperti pada penjelasan sebelumnya mengenai cara membedakan kenari jantan dan betina.

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina

Burung parkit sendiri masih bersaudara dekat dengan jenis burung paruh bengkok lainnya seperti burung lovebird, burung kakatua atau beberapa jenis burung lainnya yang memiliki paruh bengkok.

Meskipun di Indonesia sudah banyak yang memelihara jenis burung parkit ini, namun tidak dapat di pungkiri bahwa beberapa kicau mania termasuk Saya sendiri masih saja sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya.

Terdapat tiga cara atau metode atau teknik untuk mengetahui perbedaan burung parkit jantan dan betina. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melihat Warna Pada Lubang Hidung Burung Parkit

"<yoastmark

Untuk para pecinta burung paruh bengkok khususnya pecinta burung parkit yang masih pemula, maka dapat mengetahui perbedaan jenis kelamin parkit jantan dan betina dengan sangat mudah, yaitu dengan cara melihat lubang hidung burung parkit.

Jika burung parkit memiliki lubang hidung berwarna biru maka dapat dipastikan berjenis kelamin jantan. Namun jika memiliki lubang hidung berwarna putih maka dapat dipastikan bahwa jenis kelaminnya adalah betina.

2. Tingkah Laku Burung Parkit

Cara membedakan Parkit Jantan dan Betina
Sumber Gambar: www.petfoodindonesia.com

Burung parkit jantan akan cenderung lebih perhatian terhadap parkit betina yaitu dengan tingkah lakunya yang seperti menyuapi makanan ke burung parkit betina.

Kebiasaan menyuapi makanan ke burung parkit lainnya ini hanya dimiliki oleh jenis parkit jantan saja dikarenakan sudah lahiriah parkit jantan akan melindungi parkit betina.

Tingkah laku lainnya yang hanya dimiliki oleh parkit jantan yaitu parkit jantan lebih aktif daripada parkit betina. Parkit betina biasanya lebih cenderung kurang aktif. Burung parkit jantan juga lebih sering berkicau daripada burung parkit betina.

3. Tes Darah Burung Parkit

Untuk mengetahui jenis parkit jantan dan betina selanjutnya adalah dengan melakukan tes darah. Metode yang satu ini merupakan metode paling efektif untuk membedakan antara parkit jantan dan betina.

Namun cara ini sangat jarang dilakukan oleh para pecinta burung karena terbilang cukup ribet karena harus melakukan tes darah.

Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan beberapa tips cara membedakan parkit jantan dan betina seperti yang telah di jelaskan di atas? Metode-metode di atas dapat kalian terapkan agar nantinya tidak salah dalam memilih jenis kelamin burung parkit.