Perawatan Kenari Mabung

Perawatan Kenari Mabung

Perawatan Kenari Mabung – Bisa dikatakan, dalam merawat jenis burung Kenari tidaklah sesulit seperti merawat burung Murai Batu. Hal ini karena burung Kenari tergolong ke dalam jenis burung yang tidak mudah stress, sehingga dalam cara merawat burung Kenari tidak begitu merepotkan.

Namun berbeda ketika burung Kenari yang kita pelihara sedang mengalami proses mabung. Mabung atau moulting merupakan kondisi dimana burung sedang mengalami pergantian bulu. Saat terjadinya mabung, biasanya burung akan berhenti berkicau.

Untuk perawatan Kenari mabung sendiri harus diperhatikan dengan cermat dan juga hati-hati. Ketika kita melakukan perawatan Kenari mabung dengan asal-asalan, maka akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi burung itu sendiri, sehingga kita wajib mengetahui cara merawat Kenari mabung.

Cara Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Perawatan Kenari Mabung
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara perawatan Kenari mabung, maka kita harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kenari mabung dan ciri-ciri ketika burung Kenari mengalami proses mabung.

Tujuannya adalah agar kita tahu kapan saatnya kita melakukan tindakan dan perawatan yang tepat untuk Kenari mabung. Jangan sampai kita salah atau bahkan mengabaikannya karena ketidaktahuan kita mengenai faktor penyebab Kenari mabung dan ciri-ciri kenari mabung.

Faktor yang Mempengaruhi Kenari Mabung

Burung Kenari mabung bukanlah tanpa sebab. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi Kenari mabung. Beberapa faktor penyebab Kenari mabung adalah:

Faktor Cuaca

Cuaca yang kurang bersahabat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan burung Kenari mabung.

Faktor Lingkungan

Jika dalam satu lingkungan terdapat salah satu burung Kenari yang mabung, maka ini juga dapat menjadi penyebab burung Kenari lainnya ikut mabung.

Faktor Usia

Burung Kenari yang berusia muda umumnya akan mengalami masa mabung yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan Kenari yang sudah berusia tua. Hal ini karena Kenari yang berusia tua sudah sering mengalami mabung berkali-kali.

Faktor Hormon

Hormon yang tidak stabil pada saat Kenari sedang birahi juga dapat menjadi penyebab Kenari mabung. Maka kita juga sebaiknya mengetahui cara menurunkan birahi Kenari.

Ciri-Ciri Kenari Mabung

Perawatan Kenari Mabung
Sumber Gambar: burungkicau.net

Fase mabung merupakan proses alami yang terjadi pada semua jenis burung kicau tanpa terkecuali burung Kenari. Pada saat mabung, umumnya burung Kenari akan menunjukkan ciri-ciri sebagai penanda bahwa ia akan mengalami fase mabung.

Adapun beberapa ciri-ciri burung Kenari akan atau sedang mengalami fase mabung adalah:

  • Burung Kenari mabung biasanya akan malas bergerak dan berkicau. Ia lebih sering diam pada satu tempat.
  • Bulu bagian ekor dan sayap terlihat kusut dan nyerit.
  • Ciri-ciri yang paling terlihat adalah terjadinya kerontokan bulu burung Kenari.
  • Pada bagian tubuh burung Kenari terlihat bulu-bulu muda yang baru tumbuh.

Pada saat burung Kenari sedang dalam Kondisi mabung, maka ia membutuhkan tambahan nutrisi berupa vitamin dan protein yang cukup.

Cara Perawatan Kenari Mabung

Perawatan Kenari Mabung
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Pada umumnya, fase Kenari mabung biasanya membutuhkan waktu antara 5 sampai 8 minggu. Namun ada juga lho burung Kenari yang masa mabungnya lebih dari waktu tersebut.

Maka dari itu, perawatan Kenari mabung harus benar-benar dilakukan dengan tepat, supaya proses mabungnya cepat selesai. Nah, jika burung Kenari yang kita pelihara sedang mengalami fase mabung, maka sebaiknya kita melakukan perawatan Kenari mabung seperti pada pembahasan berikut ini.

Menempatkan Kenari Pada Tempat yang Tenang dan Sepi

Hal yang harus dilakukan ketika Kenari yang kita pelihara sedang mengalami fase mabung adalah dengan menempatkan Kenari pada tempat yang tenang dan sepi. Jauhkan dari segala aktivitas manusia serta dari berbagai gangguan dari binatang lain.

Melakukan Pengerodongan

Pada saat Kenari mabung, usahakan agar kita tetap mengerodongnnya. Tujuannya adalah agar suhu di dalam sangkar tetap stabil sehingga dapat membantu agar bulunya cepat rontok.

Mengangin-Angingkan Kenari

Meskipun dalam keadaan mabung, kita juga perlu mengangin-anginkan satu dua kali di tempat terbuka sehingga Kenari tidak merasa kesepian.

Hindari dari Suara Burung Lain

Sebaiknya tidak memperdengarkan suara burung lain serta hindarkan Kenari mabung dari suara atau jenis burung lainnya.

Jangan Memandikan Burung Kenari Mabung

Jangan memandikan burung Kenari yang sedang dalam kondisi mabung. Tunggulah hingga bulu-bulu jarum sudah mulai terlihat. Jika bulu-bulu jarum sudah terlihat, maka kita dapat memandikannya.

Jangan Menjemur Burung Kenari Mabung

Selain itu, kita juga tidak melakukan penjemuran pada Kenari yang sedang mabung. Tunggu sampai bulu-bulu jarum pada burung Kenari sudah mulai terlihat.

Pakan untuk Kenari Mabung

Kenari yang sedang mabung dapat diberi pakan berupa kuning telur puyuh, sayuran, apel, kecambah, vitamin tambahan, dan lain sebagainya. Memberikan pakan tambahan (EF) pada Kenari mabung juga diperlukan. Ini karena pada saat proses mabung berlangsung, burung Kenari membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu dalam pertumbuhan bulu baru.

Adapun beberapa extra fooding (EF) yang baik untuk Kenari mabung adalah telur puyuh dan kroto. Kita dapat memberikan telur puyuh sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kroto dapat diberikan sebanyak 1 sendok makan satu kali dalam seminggu.

Melakukan Pemasteran

Ketika bulu-bulu jarum sudah mulai terlihat tumbuh, maka kita dapat melakukan pemasteran. Karena di waktu tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk memaster Kenari kesayangaan kita. Untuk memaster burung Kenari ini kita dapat menggunakan suara burung asli atau memanfaatkan suara mp3 dari smartphone yang kita miliki.

Bagaimana, sederhana bukan perawatan Kenari mabung? Meski terbilang sederhana, namun sebaiknya lakukan cara-cara tersebut diatas dengan benar agar dapat mempercepat proses mabungnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan