Cara Merawat Kolibri Ninja

Cara Merawat Kolibri Ninja

Bagi kicau mania khususnya pecinta burung kolibri tentu sudah tidak asing lagi mengenai cara merawat Kolibri Ninja yang dimana dalam perawatanya pasti berbeda dengan cara merawat Jalak Suren.

Kolibri Ninja merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung Kolibri yang ada di Indonesia. Bisa dikatakan, Kolibri Ninja adalah satu dari sekian banyak jenis kolibri yang paling populer dan paling banyak di jadikan burung peliharaan oleh para pecinta jenis burung kicau kecil.

Meskipun memiliki nama Kolibri Ninja, namun para kicau mania lebih sering menyebutnya dengan sebutan Konin.

Cara Mudah Merawat Kolibri Ninja Agar Cepat Gacor dan Ngobra

Cara Merawat Kolibri Ninja
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Selain gacor, salah satu daya tarik dari burung Kolibri Ninja ini adalah ngobra. Namun agar burung Kolibri Ninja yang kita pelihara mampu berkicau dengan gacor dan juga ngobra, maka kita wajib mengetahui cara merawat Kolibri Ninja dengan baik dan benar.

Nah, berikut ini adalah tips cara merawat Kolibri Ninja agar cepat gacor dan ngobra.

Melakukan Pengembunan

Langkah awal dalam merawat Kolibri Ninja adalah dengan melakukan pengembunan secara rutin pada pagi hari. Waktu terbaik untuk mengembun Kolibri Ninja adalah sekitar pukul 5-6 pagi.

Caranya cukup mudah, yaitu kita cukup meletakkan sangkar yang telah di buka kerodongnya di tempat yang teduh, misalnya teras rumah atau di bawah pohon yang rindang.

Membersihkan Sangkar Secara Rutin

Cara Merawat Kolibri Ninja
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Menjaga kebersihan sangkar burung Kolibri Ninja juga merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh di abaikan. Bersihkan semua kotoran-kotoran yang terdapat di sangkar.

Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat air dan makanannya. Ganti air setiap hari agar terbebas dari bakteri sehingga Kolibri Ninja tidak mudah sakit.

Memandikan Burung Kolibri Ninja

Bukan hanya jenis burung Lovebird saja yang perlu dimandikan, burung Kolibri Ninja pun sebaiknya dimandikan secara rutin agar ia terbebas dari kuman yang dapat menyebabkan burung sakit.

Untuk memandikannya kita dapat menggunakan semprotan. Jika tidak memiliki semprotan, maka kita cukup menyiapkan cepuk yang sudah di isi air maka biasanya Kolibri Ninja akan mandi sendiri.

Melakukan Penjemuran

Setelah dimandikan, selanjutnya adalah menjemur burung Kolibri Ninja untuk membantu agar bulu-bulunya cepat kering. Hindari menjemur Kolibri Ninja terlalu lama karena jika terlalu lama maka dapat menyebabkan ia kepanasan dan mati.

Cukup jemur sekitar 30 menit saja di bawah pukul 10 pagi sehingga sinar matahari tidak terlalu panas.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Beo Agar Cepat Bicara

Memberikan Kroto Segar

Cara merawat Kolibri Ninja agar cepat gacor dan ngobra selanjutnya adalah dengan memberinya pakan tambahan seperti kroto. Di alam liar, Kolibri Ninja sangat menyukai telur semut rangrang ini.

Selain itu, kroto banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh burung Kolibri Ninja. Meskipun baik untuk pertumbuhan, namun kita harus pastikan agar tidak berlebihan dalam memberikan kroto. Cukup berikan sekitar 10 butir kroto yang ditempatkan ke dalam cepuk khusus.

Jika kroto masih tersisa, maka jangan berikan lagi untuk keesokan harinya karena kroto cepat basi. Gantilah kroto yang masih segar agar nutrisinya tetap terjaga.

Berikan Madu atau Air Gula

Cara Merawat Kolibri Ninja
Sumber Gambar: abahtani.com

Makanan utama Kolibri Ninja di alam liar adalah madu yang di dapat dari nektar bunga. Nah, ketika kita memelihara burung Kolibri Ninja ini, maka pastikan untuk memberinya madu. Jika tidak ada madu, kita dapat mengakalinya dengan air gula.

Berikan Susu Kental Manis

Cara Merawat Kolibri Ninja
Sumber Gambar: i1.wp.com/www.detikepri.com

Selain madu dan air gula, kita juga dapat memberikan susu kental manis untuk pakan harian Kolibri Ninja. Kita dapat memberikan susu kental manis secara langsung atau di campur sedikit menggunakan air yang penting kekentalannya pas.

Gantungkan Sangkar di Tempat yang Ramai

Selanjutnya adalah menggantungkan sangkar di tempat yang ramai. Ini berbeda dengan cara merawat burung Anis Merah dimana penempatan sangkarnya lebih baik di tempat yang sepi.

Tempat ramai yang dimaksud adalah tempat yang biasa dilalui oleh orang, misalnya di teras rumah, di dekat pintu atau di pinggir jalan. Ini dimaksudkan untuk mengasah mental Kolibri Ninja agar tidak takut terhadap manusia.

Melakukan Pengecasan Menggunakan Kolibri Betina

Cara yang satu ini juga perlu diperhatikan jika Kolibri Ninja yang kita pelihara bisa cepat gacor dan ngeplong, yaitu dengan melakukan pengecasan dengan burung Kolibri Ninja betina. Pengecasan ini bertujuan untuk memancing birahi Konin jantan sehingga membantunya untuk cepat gacor.

Melakukan Pemasteran

Pemasteran merupakan cara terakhir untuk merawat Kolibri Ninja agar cepat gacor dan ngobra. Tujuan daripada melakukan pemasteran ini adalah agar Kolibri Ninja memiliki kicauan yang tidak monoton serta dapat menirukan suara burung lainnya.

Dalam melakukan pemasteran ini, kita dapat memanfaatkan suara mp3 atau suara asli dari burung lainnya. Pada saat akan memaster Kolibri Ninja, sebaiknya kita mengerodong sankgarnya sehingga ia akan lebih fokus untuk mendengarkan suara masterannya.

Adapun waktu terbaik untuk memaster Kolibri Ninja adalah pada pagi hari setelah di jemur. Selain itu, kita juga dapat memasternya di waktu malam hari.

Bagaimana, mudah bukan cara merawat Kolibri Ninja agar cepat gacor dan ngobra? Cara tersebut diatas dapat dilakukan oleh siapapun termasuk yang masih pemula. Jika bisa melakukannya dengan sabar, tekun dan berkelanjutan maka pasti Kolibri Ninja yang kita pelihara dapat berkicau dengan gacor dan juga ngobra.