Cara Merawat Jalak Suren

Cara Merawat Jalak Suren

Dapat dikatakan, cara merawat Jalak Suren terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan cara merawat burung Beo atau cara merawat jenis burung kicau lainnya.

Meskipun mudah, namun kita juga harus sabar dalam cara merawat Jalak Suren ini agar burung Jalak Suren yang kita pelihara mampu berkicau dengan gacor.

Burung Jalak Suren memiliki kemampuan dapat menirukan suara burung kicau lainnya. Bahkan jika kita memeliharanya sedari anakan, Jalak Suren mampu menirukan suara manusia! Luar biasa bukan jenis burung yang satu ini?

Baca Juga : Cara Merawat Burung Branjangan

Cara Merawat Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Jalak Suren
Sumber Gambar: arenahewan.com

Supaya burung Jalak Suren yang kita pelihara mampu berkicau dengan gacor atau bahkan mampu menirukan suara manusia, maka kita wajib mengetahui mengenai cara merawat Jalak Suren yang baik dan benar.

Nah, dibawah ini adalah adalah panduan lengkap mengenai cara merawat Jalak Suren agar rajin berkicau dan juga gacor.

Proses Adaptasi Burung Jalak Suren

Cara Merawat Jalak Suren
Sumber Gambar: www.jalaksuren.net

Cara pertama dalam merawat burung Jalak Suren adalah dengan melakukan proses adaptasi. Proses adaptasi ini sangat diperlukan ketika kita baru saja membelinya di pasar.

Taruh Jalak Suren di tempat yang tenang, usahakan untuk sedikit jauh dari aktivitas manusia atau hewan lainnya. Ini bertujuan agar burung tidak kaget serta tidak ketakutan sehingga memudahkannya untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Proses adaptasi ini merupakan salah satu hal yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan. Karena Jalak Suren yang sebelumnya jinak dan rajin berkicau dapat berubah menjadi liar dan juga sungkan untuk berkicau.

Maka dari itu, sebagai majikan yang baru, kita perlu memberikan kesempatan pada Jalak Suren agar dapat beradaptasi dengan lingkukannya yang baru.

Untuk proses adaptasi ini berlangsung selama beberapa hari. Pada saat proses adaptasi berlangsung sebaiknya kita sedikit memanjakannya, misalnya dengan memberikan pakan lebih banyak, sering berinteraksi langsung dengannya dan lain sebagainya.

Memberikan Pakan Bernutrisi

Memberikan pakan bernutrisi berguna agar burung tetap sehat. Berikan voer yang banyak mengandung protein tinggi yang dapat di beli di toko burung. Selain voer, kita juga dapat memberikan buah-buahan pada Jalak Suren, misalnya buah pisang, apel dan beberapa jenis buah lainnya.

Pemberian Extra Fooding

Cara Merawat Jalak Suren
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Extra fooding atau pakan tambahan untuk Jalak Suren juga sangat diperlukan agar semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Beberapa extra fooding yang baik untuk burung Jalak Suren adalah kroto, jangkrik, belalang, ulat hongkong, cacing tanah dan lain-lain.

Kita dapat memberikan pakan tambahan ini dengan dosis sebagai berikut:

  • Berikan ulat hongkong 2 kali dalam seminggu
  • Jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 5 ekor untuk sore hari
  • Pemberian kroto cukup 1 sendok teh 2 kali dalam seminggu

Pemberian extra fooding ini faktanya mampu membantu agar Jalak Suren rajin berbunyi dan gacor.

Jaga Kebersihan Sangkar

Kebersihan sangkar Jalak Suren merupakan hal mutlak yang perlu diperhatikan dalam merawat burung Jalak Suren ini. Bersihkan sangkar dari kotoran-kotoran yang berserakan serta bersihkan juga wadah pakan, minuman dan juga tangkringannya.

Ini dimaksudkan agar Jalak Suren tidak mudah terserang penyakit. Jika Jalak Suren terjaga kesehatannya maka dapat membuatnya lebih rajin berkicau dan gacor.

Memandikan Burung Jalak Suren

Setelah sangkar dibersihkan, cara merawat Jalak Suren selanjutnya adalah dengan memandikannya secara rutin pada pagi atau sore hari. Untuk memandikan Jalak Suren dapat menggunakan keramba atau dengan cara menyemprotnya menggunakan sprey atau alat penyemprot.

Menjemur Burung Jalak Suren

Agar bulu burung Jalak Suren cepat kering setelah dimandikan, maka kita perlu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Waktu terbaik untuk menjemur Jalak Suren ini adalah pada pukul 07-10 pagi hari.

Melakukan Pemasteran

Adapun cara terakhir untuk merawat Jalak Suren adalah dengan melakukan pemasteran. Pemasteran ini berguna agar Jalak Suren dapat lebih gacor dalam menirukan suara burung lainnya.

Dalam memaster Jalak Suren, kita dapat menggunakan suara mp3 atau bisa juga menggunakan burung asli. Agar Jalak Suren fokus untuk merekam suara yang mereka dengar ketika dalam proses pemasteran, maka kita perlu mengerodong sangkarnya menggunakan kain.

Selain beberapa cara tersebut diatas, sesekali kita juga perlu memberikan multivitamin tambahan yang dapat di beli di pasar atau toko burung.

Bagaimana, mudah bukan tips cara merawat Jalak Suren agar mampu berkicau dengan rajin dan gacor? Jika kita menerapkan cara-cara tersebut diatas dengan tekun dan sabar, maka pasti Jalak Suren yang kita pelihara akan lebih rajin untuk berkicau dan dengan gacor. Semoga Bermanfaat.