Cara Merawat Burung Branjangan

Cara Merawat Burung Branjangan

Pada dasarnya dalam merawat jenis burung kicau memang harus membutuhkan kesabaran. Tanpa terkecuali cara merawat burung Branjangan. Dalam merawat burung Branjangan ini memang dapat dikatakan harus membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran yang ekstra.

Ini seperti cara merawat burung Pleci, banyak kicau mania yang merasa kesulitan dalam merawat burung Branjangan agar dapat rajin bunyi dan mampu bersuara ngeplong. Terlebih lagi bagi kita yang masih sebagai pemula di dunia kicau mania.

Bahkan kita sering mendengar keluhan mengenai cara merawat burung Branjangan yang “katanya” sangat sulit untuk dipelihara hingga mampu bersuara dengan rajin dan ngeplong.

Cara Merawat Burung Branjangan Agar Rajin Bersuara dan Ngeplong

Cara Merawat Burung Branjangan
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Burung Branjangan ini memiliki keistimewaan yang sangat unik dan mungkin hanya jenis burung Branjangan saja yang dapat berkicau dibarengi dengan terbang di tempat.

Kecepatan terbang burung Branjangan pun terbilang cukup tinggi yang menjadikannya susah di tangkap jika berada di alam liar. Pada umumnya burung Branjangan memiliki ukuran tubuh sekitar 10-14 cm tergantung dari jenis atau darimana mereka berasal.

Jenis burung Branjangan ini dapat kita temukan di pulau Jawa dan juga beberapa pulau lainnya di Indonesia. Biasanya mereka kerap muncul di hutan atau ladang luas seperti sawah. Salah satu jenis Branjangan terbaik di Indonesia adalah jenis Branjangan Kaliori yang berasal dari daerah Banyumas Jawa Tengah.

Burung ini sangat suka sekali turun ke tanah bahkan sangkarnya pun dapat kita temukan di ladang persawahan yang luas.

Seperti yang dijelaskan diatas, banyak kicau mania khususnya yang masih pemula menganggap bahwa dalam merawat Burung Branjangan dapat dibilang sangat susah.

Padahal jika kita mengetahui cara yang baik dan benar dalam merawat burung Branjangan, maka burung Branjangan yang kita pelihara akan memiliki kualitas yang baik pula.

Agar kita tidak kesulitan dalam merawat burung Branjangan, maka pada pembahasan kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai cara merawat burung Branjangan agar rajin bersuara dan ngeplong.

Pastikan Kondisi Burung Branjangan Sehat

Cara Merawat Burung Branjangan
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Pada saat kita membeli jenis burung Branjangan, maka pastikan bahwa burung yang kita pilih harus dalam keadaan sehat dan juga tidak memiliki cacat pada fisiknya. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisiknya secara langsung yaitu terlihat aktif dan bersemangat dalam berkicau.

Selain itu, ciri-ciri burung yang sehat adalah memiliki selera makan yang tinggi serta anggota tubuhnya lengkap tidak terdapat kelainan atau kekurangan akibat penyakit.

Bantu dalam Proses Adaptasi

Setelah kita mendapatkan burung Branjangan, selanjutnya adalah memberikan waktu buat si Branjangan untuk mengenali lingkungan yang baru agar dapat beradaptasi.

Usahakan agar kita lebih sering berinteraksi langsung dengannya ketika akan memberinya pakan sehingga burung Branjangan yang kita pelihara dapat memahami pemiliknya.

Kita juga perlu mengenalkan dengan lingkungan sekitar misalnya saja dengan menaruh sangkar di pekarangan rumah atau dapat juga menempatkannya di ruang keluarga pada saat malam hari agar Branjangan mengenali seluruh anggota keluarga yang memeliharanya.

Namun kita harus pastikan ketika Branjangan didekati agar ia tidak ketakutan, jika Branjangan merasakan ketakutan maka dapat berpotensi stres.

Melakukan Penjinakan Pada Burung Branjangan

Cara merawat burung Branjangan selanjutnya adalah dengan melakukan penjinakan. Di alam liar, Branjangan merupakan salah satu jenis burung yang sangat aktif, maka tak heran jika kita baru mendapatkannya akan terlihat sangat liar.

Agar burung Branjangan yang kita pelihara dapat jinak maka kita dapat memandikannya dan juga memberinya makan secara langsung dengan tangan.

Intinya dalam proses penjinakan burung Branjangan ini, sebaiknya kita lebih sering melakukan aktivitas di dekatnya agar Branjangan tidak lagi takut ketika didekati oleh manusia.

Memberikan Pakan Terbaik

Memberikan pakan terbaik pada burung Branjangan merupakan salah satu faktor untuk menjadikannya lebih cepat berkicau dengan gacor dan ngeplong. Dengan kita memberikan pakan yang cocok untuk Branjangan juga dapat membuat tubuhnya lebih sehat, bugar dan jauh dari penyakit.

Beberapa pakan yang cocok untuk burung Branjangan adalah memberikan seikat padi merah dengan cara menggantung di dalam sangkarnya. Jika tidak ada padi beras merah, maka kita juga dapat memberinya padi beras putih.

Memberikan Ramuan Pakan Racikan

Salah satu cara agar burung Branjangan yang kita pelihara biar cepat gacor dan ngeplong adalah dengan memberikan ramuan pakan racikan. Pakan racikan ini dapat di buat dengan bahan-bahan seperti beras merah, milet putih, beras ketan hitam, jewawut, dan juga godem.

Haluskan semua bahan tersebut kemudian mencampurkannya menjadi satu hingga menjadi seperti bubur. Berikan pakan racikan ini secara berkala atau campurkan dengan pakan hariannya.

Jenis Serangga yang Bagus untuk Burung Branjangan

Cara Merawat Burung Branjangan
Sumber Gambar: notesfrommey.files.wordpress.com

Branjangan merupakan salah satu jenis burung yang menyukai biji-bijan seperti halnya jenis burung Lovebird. Namun di alam liar burung Branjangan juga suka memakan beberapa jenis serangga.

Dengan kebiasaannya itu, kita juga perlu memberikan beberapa jenis serangga agar dapat membantunya supaya lebih cepat gacor dan ngeplong.

Beberapa jenis serangga yang bagus untuk burung Branjangan adalah jangkrik, kroto 1 cepuk tiap pagi hari, laron, semut madu, belalang hijau, ulat hongkong dan juga ulat kandang. Berikan serangga tersebut secara bergantian sehingga Branjangan tidak bosan.

Berikan Multivitamin

Memberikan multivitamin juga merupakan salah satu cara agar dapat membuat burung Branjangan yang kita pelihara dapat cepat gacor dan ngeplong.

Multivitamin juga dapat membantu untuk melengkapi kebutuhan gizi pada burung Branjangan, sehinggga dapat membuat Branjangan memiliki selera makan yang tinggi.

Jika selera makan Branjangan tinggi, maka sistem kekebalan tubuhnya juga baik sehingga dapat bertahan baik dalam kondisi cuaca panas atau dingin.

Memandikan Burung Branjangan

Memandikan burung Branjangan juga salah satu cara merawat burung Branjangan agar cepat gacor dan juga ngeplong.

Dalam memandikan burung Branjangan kita dapat menggunakan alat semprot yang dapat di beli di kios burung. Gunakan air bersih untuk memandikannya. Semprotkan ke seluruh bagian bulu-bulu di tubuhnya. Setelah kita selesai memandikan burung Branjangan, selanjutnya adalah melakukan penjemuran.

Jemur Burung Branjangan

Di alam liar, burung Branjangan sangat menyukai daerah yang panas, misalnya sawah, ladang atau padang rumput. Maka dari itu, jika kita ingin memelihara burung Branjangan, maka pastikan untuk menjemurnya.

Waktu terbaik untuk menjemur burung Branjangan adalah pada pukul 07.00-09.00 pagi yaitu pada saat sinar matahari masih sehat serta mengandung vitamin yang baik untuk burung Branjangan.

Melakukan penjemuran juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang terdapat pada tubuh burung Branjangan sehingga membuatnya tidak mudah sakit.

Setelah melakukan penjemuran, selanjutnya adalah mengangin-anginkan burung Branjangan di tempat yang teduh. Setelah itu lanjutkan dengan memaster burung Branjangan.

Memaster Burung Branjangan

Pemasteran burung Branjangan dapat dilakukan pada siang hari, yaitu dimulai pukul 12.00-15.00. Lakukan pemasteran di dalam rumah, kerodong sangkar Branjangan agar lebih mudah untuk merekam suara yang di dengar.

Untuk memaster Branjangan ini kita dapat menggunakan suara mp3 atau dengan jenis burung lainnya, seperti jenis burung Kenari, jenis burung Kolibri atau jenis burung kicau kecil lainnya.

Jaga Kebersihan Kandang

Cara merawat burung Branjangan yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Kita harus pastikan agar kandang selalu dalam kondisi kering, bersih dan tidak lembab. Selain itu, pastikan juga tempat makan dan minumannya selalu dalam keadaan bersih. Ganti air minum idealnya sehari sekali.

Menjaga kebersihan kandang merupakan salah satu cara yang harus diperhatikan agar burung Branjangan yang kita pelihara selalu dalam keadaan sehat. Jika Branjangan yang kita pelihara sehat, maka pasti ia juga akan lebih rajin berkicau.

Beberapa tips tersebut diatas merupakan cara merawat burung Branjangan agar dapat rajin berkicau sehingga gacor dan juga ngeplong. Lakukanlah cara-cara tersebut diatas dengan benar, rutin dan juga berkelanjutan maka burung Branjangan yang kita pelihara akan dapat berkicau sesuai dengan yang kita harapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat burung Branjangan yang baik dan benar agar rajin berkicau dengan gacor dan ngeplong. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam merawat burung Branjangan ini.