Cara Merawat Burung Pleci

Cara Merawat Burung Pleci

Cara merawat burung Pleci agar cepat gacor dapat dikatakan gampang-gampang susah, apalagi bagi kita yang masih pemula. Hal ini diperkuat bahwa hampir semua jenis burung kicau kecil memang membutuhkan perawatan khusus agar menjadi gacor seperti halnya cara merawat burung Sirtu.

Banyak kicau mania yang memelihara burung Pleci ini untuk sekedar dijadikan sebagai hewan peliharaan, selain itu banyak juga yang merawat burung Pleci untuk diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung.

Namun jika ingin menjadikan burung Pleci yang kita pelihara dapat berkicau dengan gacor, maka sebelumnya kita harus mengetahui tentang bagaimana cara merawat burung Pleci yang baik dan benar.

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Pleci
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Sebenarnya cara merawat burung Pleci dapat dikatakan sedikit lebih mudah jika di bandingan dengan cara merawat burung Anis Merah.

Nah, agar kita tidak salah dalam perawatan pada burung yang terkenal dengan kacamata putihnya ini, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama mengenai cara merawat burung Pleci agar cepat gacor khusus bagi pemula.

Melakukan Pengembunan Burung Pleci

Cara pertama untuk merawat burung Pleci adalah dengan melakukan pengembunan. Melakukan pengembunan ini bertujuan untuk merangsang burung Pleci agar rajin bunyi, baik itu meriwik atau ngalas. Kita dapat melakukan pengembunan pada burung Pleci yaitu sekitar pukul 05.00 pagi.

Memandikan Burung Pleci

Setelah melakukan pengembunan pada pagi hari, selanjutnya kita perlu memandikan burung Pleci. Memandikan burung Pleci bisa dikatakan menjadi salah satu hal yang penting agar burung Pleci dapat lebih sehat dan juga bersih dari kotoran-kotoran yang menempel.

Dalam memandikan burung Pleci kita cukup menyemprotnya menggunakan sprey atau alat semprot yang dapat di beli di kios burung.

Menjaga Kebersihan Kandang Burung Pleci

Cara Merawat Burung Pleci
Sumber Gambar: belajarceritacom.files.wordpress.com

Menjaga kebersihan kandang Pleci juga merupakan salah satu hal mutlak untuk merawat burung Pleci. Jika kandang burung Pleci kotor dan tidak dijaga kebersihannya maka dapat dipastikan Pleci akan mudah sakit dan sukar untuk berkicau.

Selain itu, kita juga harus membersihkan wadah makanan dan minumannya. Ganti air untuk minum burung Pleci idealnya sehari sekali.

Melakukan Penjemuran Burung Pleci

Cara Merawat Burung Pleci
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Agar bulu burung Pleci yang telah dimandikan dapat lebih cepat kering maka kita perlu melakukan penjemuran di bawah sinar matahari secara langsung.

Selain untuk membuat bulu lebih cepat kering, melakukan penjemuran juga berguna untuk membantu perkembangan burung Pleci serta dapat mempengaruhi suara kicauannya. Waktu ideal untuk menjemur burung Pleci adalah pada pukul 8-9 pagi.

Pemberian Pakan Harian

Cara Merawat Burung Pleci
Sumber Gambar: wikicau.com

Agar burung Pleci dapat terus bertahan hidup, maka kita wajib untuk memberinya pakan harian. Di alam liar, burung Pleci biasanya memakan buah-buahan atau biji-bijian, seperti pisang atau pepaya. Selain itu, kita juga dapat memberinya voer khusus yang diperuntukkan untuk burung Pleci supaya nutrisinya terjaga.

Pemberian Extra Fooding

Cara Merawat Burung Pleci
Sumber Gambar: notesfrommey.files.wordpress.com

Dengan kita memberikan pakan harian pada burung Pleci sebenarnya sudah cukup. Namun supaya Pleci tidak bosan serta agar nutrisinya terus terjaga maka kita juga perlu memberikan pakan berupa extra fooding.

Beberapa extra fooding yang cocok untuk burung Pleci adalah kroto, ulat hongkong, ulat kandang, jangkrik, belalang dan beberapa jenis serangga lainnya.

Mengontrol Makanan dan Minuman Burung Pleci

Memberikan makanan pada burung Pleci memang harus dilakukan agar Pleci tidak kelaparan. Akan tetapi mengontrol makanan dan minuman untuk burung Pleci juga diperlukan. Hal ini bertujuan agar burung Pleci tidak kekurangan dalam hal makanan dan minuman sehingga Pleci dapat bertahan hidup.

Memaster Burung Pleci

Cara terakhir untuk merawat Pleci adalah dengan melakukan pemasteran. Pemasteran berfungsi untuk meningkatkan kemampuan burung Pleci dalam berkicau agar dapat menirukan suara burung lainnya.

Perlu diingat, supaya burung Pleci dapat menirukan suara burung lainnya maka kita harus melakukan pemasteran dalam jangka yang lumayan lama dan tidak cukup hanya dalam waktu satu dua hari saja.

Cara-cara tersebut diatas merupakan cara termudah untuk merawat burung kacamata ini agar lebih cepat gacor. Selain beberapa cara yang telah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak metode lainnya dalam merawat burung Pleci.

Dengan kita melakukan beberapa cara sederhana dalam merawat burung Pleci ini, harapannya dapat membantu agar burung Pleci yang kita pelihara mampu berkicau dengan gacor. Namun perlu diingat, di dalam perawatan burung Pleci ini agar cepat gacor maka kuncinya kita harus konsisten dan juga sabar. Semoga bermanfaat.