Cara Merawat Burung Beo

Cara Merawat Burung Beo

Bagi pecinta burung hias tentu sudah mengetahui bagaimana cara merawat burung Beo agar dapat berkicau dengan merdu dan mampu menirukan suara manusia.

Burung Beo merupakan salah satu jenis burung Jalak yang tidak hanya memiliki kecantikan pada bulunya saja, namun juga sangat cerdas dalam hal menirukan suara manusia.

Hal ini yang menjadi alasan banyak orang yang memeliharanya. Namun agar burung Beo dapat berkicau dengan gacor bahkan mampu berbicara layaknya manusia maka kita wajib mengetahui mengenai cara merawat burung Beo seperti halnya pada cara merawat burung Branjangan.

Cara Merawat Burung Beo Agar Cepat Berbicara

Cara Merawat Burung Beo
Sumber Gambar: hewanesia.com

Burung Beo merupakan jenis burung yang memiliki umur panjang, sehingga ketika kita ingin memeliharanya maka kita harus komitmen dan sabar dalam merawatnya.

Namun jika kita masih ragu atau setengah-setengah dalam cara merawat burung Beo, maka kita perlu mempertimbangkan lagi dalam memelihara burung yang terkenal akan kecerdasannya ini.

Dalam perawatan burung Beo ini, kita tidak hanya memerlukan perawatan fisiknya saja namun juga butuh perhatian, misalnya dengan mengajaknya bermain.

Jika kita hanya merawatnya secara fisiknya saja dan kurang dalam mengajaknya bermain maka dapat membuat burung Beo yang kita pelihara akan merasa bosan dan juga stres sehingga melakukan kebiasaan buruk seperti mencabuti bulunya sendiri.

Agar kita tidak kesulitan di dalam merawat burung yang terkenal akan kecerdasannya ini seperti halnya jenis burung paruh bengkok, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai cara merawat burung Beo agar dapat berbicara.

Kenali Jenis burung Beo yang Akan Dipelihara

Cara pertama untuk merawat burung Beo adalah dengan mengenali terlebih dahulu burung Beo yang akan kita pelihara. Mengenali karakteristik burung Beo yang akan dipelihara bertujuan agar kita dapat memperlakukannya dengan tepat.

Misalnya dalam hal makanan, penyakit yang menyerangnya dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga perlu mengetahui jenis Beo yang akan kita pelihara termasuk ke dalam jenis Beo yang dilindungi atau tidak agar kita tidak berurusan dengan pihak berwajib.

Menempatkan Pada Sangkar Berukuran Pas

Cara Merawat Burung Beo
Sumber Gambar: s2.bukalapak.com

Menempatkan Beo pada sangkar yang berukuran pas juga penting dalam cara merawat burung Beo lho! Jika sangkar terlalu kecil maka dapat membuat Beo tidak leluasa dalam bergerak, begitu pun sebaliknya, jika sangkar terlalu besar, maka dapat membuatnya semakin giras/agresif.

Menjaga Kebersihan Sangkar

Dalam perawatan burung Beo, menjaga kebersihan kandang atau sangkar juga harus diperhatikan. Jika sangkar Beo tidak dijaga kebersihannya maka dapat membuatnya mudah sakit.

Bersihkan sangkar dari kotoran, sisa makanan dan juga bulu-bulu yang rontok. Selain itu, kita juga perlu membersihkan wadah makanan dan minumannya setiap hari.

Memandikan Burung Beo

Setelah sangkar dibersihkan, selanjutnya kita dapat memandikan burung Beo. Berbeda dengan jenis burung kicau lainnya ketika dimandikan dapat melakukannya dengan cara di semprot.

Di dalam memandikan burung Beo sebaiknya kita menyiapkan keramba khusus untuk mandi. Biarkan Beo mandi sendiri karena jika kita memandikannya dengan cara di semprot, maka dapat membuat bulu-bulunya rusak atau bahkan fisiknya terluka akibat berlompatan kesana-kemari ketika di semprot.

Memberi Makanan dan Minuman dengan Teratur

Cara Merawat Burung Beo
Sumber Gambar: wikicau.com

Setelah dimandikan, kita harus memberinya makanan dan minuman. Seperti halnya kita, makhluk hidup tidak akan dapat bertahan hidup jika tidak makan dan minum, maka dari itu kita wajib memberinya makanan dan minuman dengan teratur.

Pastikan agar Beo tidak kekurangan makanan atau minuman. Beberapa makanan yang cocok untuk burung Beo adalah voer yang dapat dibeli di toko burung, buah-buahan, susu, biji-bijian, serangga, sayur-sayuran, bahkan roti juga menjadi salah satu makanan favorit burung Beo ini.

Agar Beo tidak bosan dalam mengkonsumsi makanan yang kita berikan, maka kita perlu memberinya makanan dengan cara bervariasi. Variasikan makanan untuk Beo sesuai dengan keinginan kita dengan tujuan agar Beo tidak bosan.

Memberikan Mineral dan Vitamin Tambahan

Agar burung Beo yang kita pelihara dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya maka kita perlu memberikan vitamin dan juga mineral tambahan yang dapat di beli di pasaran. Campurkan vitamin dan mineral ke dalam makanan burung Beo. Berikan vitamin tambahan ini cukup 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Beri Perhatian dan Mengajak Bermain Burung Beo

Salah satu cara agar burung Beo tidak bosan di dalam sangkar adalah dengan memberikan perhatian lebih, seperti misalnya dengan cara mengajaknya bermain. Maka dari itu, kita wajib memberikan waktu khusus untuk bercengkerama dengan burung Beo yang kita pelihara.

Agar Beo tidak bosan, maka kita dapat memberinya mainan. Beberapa mainan yang cocok untuk burung Beo adalah bola atau balok kayu. Ini bertujuan agar Beo memiliki kesibukan di sela-sela waktunya, sehingga membuatnya lebih aktif dan terhindar dari kebosanan.

Melatih Berbicara

Seperti halnya burung Kakatua, Beo memiliki kemampuan dapat menirukan beberapa kata-kata yang biasa kita ucapkan setiap hari. Untuk membuatnya dapat berbicara, maka kita perlu melatihnya secara berkelanjutan dengan beberapa kata-kata pendek.

Misalnya kata salam, terima kasih, bapak, ibu, dan lainnya. Perlu diingat, jangan pernah mengajarinya kata-kata kasar karena jika Beo mampu menirukannya maka nanti akan sangat tidak baik ketika di dengar oleh orang, terlebih lagi oleh anak-anak.

Menempatkan Sangkar di Tempat yang Tenang

Cara terakhir dalam merawat burung Beo agar mampu berbicara adalah dengan menempatkan sangkar pada tempat yang jauh dari kebisingan.

Jika lingkungan sekitarnya terlalu bising, maka ditakutkan dapat membuatnya merasa ketakutan, hingga membuatnya stress bahkan mati.

Meskipun burung Beo terkenal akan kecerdasannya dalam menirukan suara manusia, namun jangan sekali-kali pada saat kita melatihnya berbicara menggunakan mimik yang terlihat memaksa.

Memperhatikan mood burung Beo adalah hal yang mutlak harus diketahui jika kita ingin memelihara burung cerdas ini. Jika burung Beo sedang dalam kondisi malas dan tidak mau diajak bermain, maka sebaiknya kita tidak boleh memaksanya.

Hal ini karena dapat menyebabkan Beo menjadi stres. Lakukanlah secara perlahan dan berkelanjutan agar Beo terbiasa untuk kita latih bermain dan berbicara.

Salah satu poin terpenting dalam cara merawat burung Beo agar dapat berbicara adalah kita harus memiliki tingkat kesabaran yang ekstra baik dalam perawatan fisik atau dalam hal memberikan perhatian kita terhadapnya. Semoga bermanfaat.