Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Tips cara membedakan Kacer jantan dan betina sebenarnya dapat dilakukan dengan melihat ciri fisiknya seperti pada cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina.

Dengan mengetahui jenis kelamin burung Kacer merupakan suatu hal yang wajib dimiliki bagi kalian yang ingin memelihara burung Kacer. Hal ini agar tidak tertipu ketika ingin membelinya di pasaran.

Seperti yang diketahui, terdapat banyak jenis dari burung Kacer ini. Namun dalam urusan cara membedakan Kacer jantan dan betina, maka bagian suara kicauan dan warna bulu sangatlah menentukan.

Baca juga: Cara membedakan Ciblek jantan dan betina

Cara membedakan Kacer Jantan dan Betina Dewasa

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina
Sumber Gambar: fadhliuyun.files.wordpress.com

Pada umumnya, Kacer berjenis kelamin jantan memiliki harga yang lebih tinggi daripada Kacer betina. Hal ini karena hanya Kacer jantan yang dapat berkicau dengan sangat nyaring serta memiliki banyak variasi suara.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membedakan Kacer jantan dan betina dewasa.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri Fisiknya

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina
Sumber Gambar: omkicau.com

Seperti yang dijelaskan diatas, untuk mengetahui jenis kelamin burung Kacer yaitu dapat dilihat dari ciri fisiknya. Ciri fisik yang dimaksud adalah seperti dibawah ini.

  • Kepala

Untuk membedakan jenis burung Kacer jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Burung Kacer jantan memiliki kepala berbentuk datar atau cepak. Sedangkan Kacer betina memiliki bentuk kepala lebih bulat dan terlihat lebih berisi.

  • Paruh

Selanjutnya dapat dilihat dari bentuk atau warna paruhnya. Burung Kacer jantan memiliki warna paruh hitam asli atau hitam pekat. Berbeda dengan Kacer betina yang memiliki warna paruh abu-abu dengan sedikit warna hitam yang terlihat memudar.

  • Dada

Kita juga dapat melihat jenis kelamin burung Kacer dengan melihat bentuk dadanya. Dimana burung Kacer jantan akan memiliki bentuk dada yang cenderung membusung kedepan.

Namun untuk Kacer betina bentuk dadanya terlihat biasa saja dan tidak terlalu mencolok. Warna bulu di bagian dada juga berbeda antara Kacer jantan dan betina.

Burung Kacer jantan memiliki bulu dada berwarna hitam pekat sedangkan Kacer betina memiliki bulu dada berwarna cenderung ke abu-abuan.

  • Punggung

Selain bagian dada, untuk mengetahui jenis kelamin Kacer jantan dan betina adalah dengan melihat bagian punggungnya.

Punggung Kacer jantan akan terlihat lebih besar, panjang dan juga lebar berbanding terbalik dengan Kacer betina yang terlihat lebih kecil. Warna bulu di bagian punggung juga berbeda antara jantan dan betina.

Dimana bulu pada punggung Kacer jantan berwarna hitam pekat sedangkan burung Kacer betina berwarna abu-abu yang terlihat memudar.

  • Kaki

Burung Kacer jantan memiliki kaki yang lebih panjang serta terlihat lebih kuat daripada burung Kacer betina. Untuk warnanya sendiri dapat dikatakan sama yaitu berwarna abu-abu.

  • Dubur

Dengan melihat bentuk dubur juga bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui jenis kelamin burung Kacer.

Dubur burung Kacer jantan akan cenderung lebih kecil tetapi terlihat memanjang. Nah untuk Kacer betina memiliki dubur yang terlihat lebih besar dan lebar.

  • Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh burung Kacer jantan jika dilihat sekilas akan terlihat lebih besar daripada si betina. Tetapi kadang kala Kacer betina ukuran tubuhnya juga terlihat besar.

Hal ini dikarenakan bentuk dasarnya bulat, berbeda dengan tubuh Kacer jantan yang lebih ramping serta tegap membusungkan dada.

  • Tes DNA

Seperti pada cara membedakan Prenjak jantan dan betina, untuk membedakan jenis kelamin burung Kacer juga dapat dilakukan dengan cara melakukan tes DNA.

Tes DNA ini dapat dilakukan dengan cara mengambil sedikit darah atau bulunya. Dengan melakukan tes DNA maka akan mendapati tingkat keakuratan hingga mencapai 99%! Jadi bisa dikatakan dengan melakukan tes DNA maka hasilnya akan sangat akurat.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Lakunya

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina
Sumber Gambar: abahtani.com

Selain dapat melihat ciri fisik, untuk dapat mengetahui jenis kelamin burung Kacer adalah dengan melihat tingkah lakunya. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

  • Suara

Pada umumnya, suara kicauan Kacer jantan terdengar lebih keras, nyaring dan juga bervariasi. Hal ini yang menjadikan burung Kacer jantan, burung yang tergolong ke dalam jenis burung kicau ini sering dijadikan sebagai burung kontes atau burung master.

Sedangkan burung Kacer betina lebih sering ngeriwik, kalaupun bersuara ngeplong itupun terdengar monoton.

  • Agresif

Burung Kacer jantan biasanya memiliki sifat lebih agresif daripada si betina. Terlebih lagi ketika dalam keadaan birahi tinggi, mabung dan stress.

Kita juga bisa melihat keagresifan burung Kacer jantan pada saat ditempatkan dalam satu kandang untuk proses penjodohan dimana burung Kacer jantan pasti akan lebih agresif daripada Kacer betina.

  • Kelincahan

Selain agresif, Kacer jantan juga lebih lincah daripada Kacer betina. Hal ini karena kekuatan fisik burung Kacer jantan yang lebih baik daripada Kacer betina. Akan tetapi, kelincahan ini juga dapat dilihat dari keadaan mental atau birahi yang tinggi.

  • Cara Berdiri

Cara berdiri burung Kacer jantan akan terlihat membusungkan dada, tegap, berbadan ramping serta terlihat lebih tinggi. Berbeda dengan Kacer betina dimana postur tubuhnya bulat dan juga besar sehingga cara berdirinya tidak akan setinggi dan setegap burung Kacer jantan.

Terlebih lagi pada saat disandingkan, maka secara naluri Kacer jantan akan lebih sering berdiri tegak dibandingkan Kacer betina. Ini seolah-olah Kacer jantan sedang mengintai sesuatu dari atas untuk menjaga Kacer betina.

Ciri-Ciri Kacer Jantan Dewasa

  • Kacer jantan dewasa memiliki kepala cenderung berbentuk datar namun cepak.
  • Paruhnya berbentuk V berwarna hitam pekat.
  • Memiliki bulu dibagian dada dan punggung berwarna hitam.
  • Bentuk dubur terlihat kecil tetapi memanjang.
  • Pada saat berdiri, tubuhnya terlihat langsing dan juga tegap.
  • Terlihat lebih agresif dan lebih lincah daripada Kacer betina.
  • Suara kicauan Kacer jantan lebih keras, nyaring serta bervariasi.

Ciri-Ciri Kacer Betina Dewasa

  • Bentuk kepala bulat dan berisi.
  • Bagian bawah paruh berbentuk V dan berwarna abu-abu.
  • Bulu di bagian dada dan punggung berwarna abu-abu.
  • Bentuk dubur terlihat lebih lebar dan juga besar.
  • Memiliki bentuk tubuh besar namun bulat.
  • Jarang berkicau, kalaupun berkicau biasanya cuma ngeriwik pelan dan monoton.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Trotolan (Anakan)

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Setelah membahas perbedaan Kacer jantan dan betina dewasa, selanjutnya adalah cara paling mudah untuk membedakan Kacer jantan dan betina yang masih anakan.

Terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk membedakan Kacer jantan dan betina yang masih anakan. Misalnya pada warna bulu, bentuk kepala atau warna pada paruhnya. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Ciri-Ciri Kacer Jantan Trotolan (Anakan)

  • Memiliki paruh bagian bawah berbentuk V dan berwarna hitam pekat.
  • Bentuk kepala cenderung cepak atau datar.
  • Bulu di bagian dada dan punggung terlihat lebih hitam.
  • Ketika sedang berdiri akan terlihat tegap dan lebih langsing.

Ciri-Ciri Kacer Betina Trotolan (Anakan)

  • Memiliki paruh bagian bawah berwarna keabu-abuan.
  • Bentuk kepala cenderung bulat dan juga berisi.
  • Warna bulu di bagian dada dan punggung terlihat keabu-abuan.
  • Ukuran tubuhnya sedikit lebuh besar namun bulat.

Meskipun burung Kacer jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup jelas jika dilihat dari bentuk fisiknya, namun ada saja penjual burung yang tidak bertanggungjawab yang dengan sengaja menyemir bulu Kacer betina sehingga nampak seperti burung Kacer jantan.

Hal ini karena antara Kacer jantan dan betina memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Itulah pembahasan lengkap mengenai cara membedakan Kacer jantan dan betina dengan mudah namun akurat. Semoga dapat membantu kalian yang saat ini ingin membelinya di pasaran.