Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina dewasa memang sangat mudah bahkan bagi pecinta burung pemula sekalipun. Karena hanya dengan melihat warna hitam di bagian bulu dadanya sudah pasti ketahuan jenis kelaminnya.

Tetapi berbeda cerita ketika kita ingin mengetahui jenis kelamin burung Cucak Ijo yang masih muda.

Hal ini karena Cucak Ijo yang masih muda belum mempunyai bulu berwarna hitam di bagian dada sehingga untuk membedakannya butuh cara khusus seperti pada cara membedakan ciblek jantan dan betina.

Baca juga: Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Mudah Namun Akurat

Sumber Gambar: anekaburungberkicau.files.wordpress.com

Ada beberapa oknum penjual yang tidak bertanggungjawab dengan mengakali burung Cucak Ijo betina dengan cara di semir di bagian bulu lehernya.

Ini dilakukan karena antara Cucak Ijo jantan dan betina memiliki kualitas dan perbedaan harga yang sangat jauh.

Seperti yang diketahui, hanya Cucak Ijo jantan yang dapat berkicau dengan variasi suara tidak monoton. Selain itu, burung Cucak Ijo jantan juga dapat berkicau dengan sangat merdu, gacor dan juga bisa ngentrok.

Sedangkan burung Cucak Ijo betina biasanya cenderung hanya dapat berkicau dengan suara yang monoton. Hal inilah yang menjadikan perbedaan harga yang sangat jauh antara Cucak Ijo jantan dan betina.

Nah, agar kita tidak salah dalam memilih burung Cucak Ijo, maka kita harus mengetahui bagaimana caranya membedakan Cucak Ijo jantan dan betina.

Sehingga kita tidak lagi merasa kesulitan pada saat membelinya di pasaran meskipun burung Cucak Ijo masih berusia muda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak Ijo.

  • Lingkar Mata

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Cara yang pertama untuk mengetahui jenis kelamin Cucak Ijo adalah dengan melihat warna pada lingkar matanya.

Cucak Ijo jantan biasanya memiliki lingkar mata yang berwarna kuning pekat/tegas. Sedangkan Cucak Ijo betina pada umumnya memiliki lingkar mata yang nampak terlihat berwarna putih.

  • Pupil Mata

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Cara selanjutnya untuk mengetahui jenis kelamin burung Cucak Ijo adalah dengan melihat bagian pupil matanya.

Burung Cucak Ijo jantan memiliki pupil mata yang terlihat lebih jernih sedangkan Cucak Ijo betina pada umumnya memiliki pupil mata berwarna hitam kecokelatan.

  • Paruh bagian Bawah

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Sumber Gambar: s.kaskus.id

Bagian bawah paruh burung Cucak Ijo juga dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk mengetahui jenis kelamin jantan dan betina.

Misalnya saja burung Cucak Ijo jantan akan memiliki warna gelap di bagian bawah paruh. Berbeda dengan Cucak Ijo betina yang memiliki paruh bawah terlihat lebih putih bersih.

  • Supit Urang/Tulang Supit

Burung Cucak Ijo jantan mempunyai tulang supit yang apabila kita raba akan terasa keras dan kaku. Sedangkan Cucak Ijo betina memiliki tulang supit yang sedikit lebih lentur dan terlihat bergeser ke kanan atau ke kiri.

  • Bagian Leher

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina
Sumber Gambar: fokussatu.com

Pada saat burung Cucak Ijo menginjak usia sekitar 4-6 bulan, maka warna bulu leher Cucak Ijo betina akan terlihat menguning. Tetapi lama-kelamaan warna kuning ini akan berubah menjadi warna putih kehijauan.

Ini berbeda dengan burung Cucak Ijo jantan dimana warna bulu pada lehernya akan terlihat kuning pada saat masih bakalan dan seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi warna hitam.

  • Sisik Kaki

Ketika burung Cucak Ijo sudah menginjak usia remaja maka biasanya kedua kakinya akan bersisik. Kita dapat mengetahui jenis kelamin Cucak Ijo dengan melihat sisiknya ini.

Pada umumnya, Cucak Ijo jantan memiliki trotol atau bintik hitam di kaki. Namun untuk kaki burung Cucak Ijo betina yang telah bersisik tidak mempunyai trotol atau bintik hitam seperti pada jenis burung Cucak Ijo jantan.

  • Melakukan Tes DNA

Cara terakhir untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak Ijo adalah dengan melakukan tes DNA. Tes DNA ini dapat di ambil dari darah atau bulu burung Cucak Ijo yang termasuk ke dalam jenis burung kicau ini.

Melakukan tes DNA adalah cara paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin jantan dan betina, bahkan tingkat keakuratannya mencapai 99%.

Berdasarkan pada pembahasan tersebut, kita dapat menyimpulkan beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak Ijo jantan dan betina seperti pada pembahasan dibawah ini.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan

  • Burung Cucak Ijo jantan memiliki warna lingkar di sekitar matanya yang berwarna kuning pekat.
  • Warna pupil mata terlihat lebih hitam namun jernih.
  • Pada saat masih anakan, burung Cucak Ijo jantan memiliki warna paruh coklat gelap.
  • Memiliki warna bulu kuning di leher ketika berusia 4-6 bulan, kemudian akan berubah menjadi hitam.
  • Tulang supit terasa lebih keras dan jarak antara kedua sisinya rapat.
  • Kulit kaki terlihat bersisik serta terdapat bintik hitam.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Betina

  • Memiliki warna lingkar mata terlihat kusam dan warna kuning nampak memutih.
  • Pupil mata berwarna coklat.
  • Pada saat berusia muda/bakalan, warna paruhnya putih.
  • Memiliki warna bulu kuning di bagian leher ketika masih berusia 4-6 bulan. Setelahnya akan berubah menjadi warna putih kehijauan.
  • Cucak Ijo betina memiliki tulang supit yang lembek dan jarak diantara kedua sisinya lebih renggang.
  • Jika diamati dengan seksama, kaki Cucak Ijo betina terlihat bersisik namun tidak memiliki bintik hitam.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina. Dengan pembahasan tersebut, semoga kita tidak lagi merasa kesulitan untuk membedakan jenis kelamin burung yang memiliki suara kicauan yang sangat merdu ini.