Burung Sogok Ontong

Burung Sogok Ontong

Burung Sogok Ontong termasuk ke dalam jenis burung kicau kecil serta tergolong ke dalam jenis burung kolibri yang memiliki suara kicauan yang sangat indah.

Ini tentu berbeda dengan burung Pelatuk Bawang yang dipercaya memiliki kekuatan mistik, Sogok Ontong justru lebih sering dijadikan sebagai burung master.

Sogok Ontong memiliki suara ngerol yang diiringi dengan cengkok yang sangat indah. Hal ini yang menjadikannya sering dijadikan sebagai master untuk burung kontes atau ada juga yang merawatnya hanya untuk dijadikan sebagai burung peliharaan.

Cara Merawat Burung Sogok Ontong Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

Burung Sogok Ontong
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Nama lain dari Sogok Ontong adalah Kolibri Sriganti. Untuk ukuran tubuhnya sendiri terbilang cukup kecil, yaitu hanya berkisar antara 8-10 cm dengan bentuk paruhnya yang lancip, panjang, serta melengkung.

Kolibri Sriganti jantan memiliki bulu di bagian bawah berwarna kuning terang, dagu dan dadanya berwarna ungu metalik dan pada bagian punggung berwarna hijau zaitun.

Sedangkan Kolibri Sriganti betina memiliki alis berwarna kuning muda serta tidak memiliki warna ungu metalik. Adapun beberapa cara merawat Sogok Ontong agar dapat gacor dan rajin bunyi adalah harus melakukan beberapa tahapan-tahapan berikut ini:

Melakukan Pengembunan

Hal pertama untuk merawat Sogok Ontong adalah dengan melakukan pengembunan. Seperti yang diketahui, udara pada pagi hari masih cukup sejuk sehingga baik untuk perkembangan Sogok Ontong.

Selain itu, pada pagi hari juga biasanya burung liar sering berkicau, sehingga memungkinkannya untuk bersaut-sautan dengan burung liar.

Membersihkan Sangkar

Burung Sogok Ontong
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Setelah pengembunan selesai, yaitu sekitar pukul 7 pagi hari, selanjutnya adalah membersihkan sangkar sehingga terjaga kebersihannya.

Sangkar yang bersih dapat membuat Sogok Ontong tidak mudah sakit serta dapat membantu agar ia lebih nyaman berada di dalam sangkar. Jangan lupa juga untuk membersihkan wadah air dan makanannya setiap hari.

Memandikan Sogok Ontong

Ketika sangkar selesai dibersihkan, perawatan selanjutnya adalah dengan memandikan Sogok Ontong. Dalam memandikan Sogok Ontong, kita dapat menggunakan semprotan. Lakukan penyemprotan secara halus agar Sogok Ontong tidak stres.

Memandikan dengan cara di semprot juga dapat membantu agar Sogok Ontong lebih cepat jinak.

Baca Juga : Burung Opior Jawa, Si Robin dengan Harga Terjangkau

Melakukan Penjemuran

Agar bulunya cepat kering, maka kita perlu melakukan penjemuran Sogok Ontong yang baru saja dimandikan. Waktu yang baik untuk menjemur Sogok Ontong adalah tidak lebih dari jam 9 pagi. Namun hal ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Pemberian Pakan

Burung Sogok Ontong
Sumber Gambar: i1.wp.com/www.detikepri.com

Pemberian pakan untuk Sogok Ontong juga tidak boleh diabaikan. Di alam liar, Sogok Ontong gemar memakan nektar bunga. Untuk menggantinya, kita dapat memberinya air gula. Dalam membuat air gula, pastikan teksturnya agar kental sehingga Sogok Ontong lebih lahap dalam memakannya.

Selain itu, kita juga dapat memberinya susu kental manis yang di campur dengan sedikit air agar lebih mudah untuk dihisap. Meskipun telah diberi susu kental manis, kita juga tetap harus memberinya air putih biasa untuk minumannya.

Memberikan madu pada Sogok Ontong juga diperlukan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Dengan memberikan madu juga dapat membantu agar Sogok Ontong lebih cepat gacor dan rajin bunyi.

Adapun pakan tambahan untuk burung Sriganti ini adalah kroto. Kroto merupakan pakan tambahan yang sangat bagus untuk burung jenis kolibri ini. Hal ini dikarenakan kroto berperan penting untuk protein hewani. Dosis yang pas dalam memberikan kroto adalah sekitar satu sendok teh setiap harinya.

Pemberian Vitamin

Selain memberikan pakan harian, sesekali kita juga perlu memberikan vitamin untuk burung Kolibri Sriganti. Pemberian vitamin ini dapat di campur ke dalam air minum. Jangan berlebihan dalam memberikan vitamin, cukup berikan vitamin sekali dalam seminggu.

Vitamin diperlukan untuk membuat Sogok Ontong agar cepat gacor dan rajin bunyi. Bukan hanya itu, vitamin juga berguna untuk membantu sistem kekebalan tubuh Sogok Ontong agar tidak mudah terserang penyakit.

Nah itulah pembahasan mengenai cara merawat burung Sogok Ontong agar cepat gacor dan rajin bunyi. Pastikan untuk memberikan cara perawatan tersebut diatas dengan tekun dan telaten ya!