Burung Pelatuk Bawang

Burung Pelatuk Bawang

Di beberapa daerah di Indonesia, burung Pelatuk Bawang dipercaya sarat akan hal mistik. Pelatuk Bawang atau Dinopium Javanense ini sering digunakan sebagai pelengkap sesaji dan hampir di seluruh bagian tubuhnya dipercaya memiliki daya mistik.

Beberapa orang memanfaatkan Pelatuk Bawang untuk dijadikan sebagai obat kuat. Selain itu, Pelatuk Bawang juga dapat membuat seseorang menjadi orator dan juga ahli dalam hal debat.

Kepercayaan mengenai khasiat mistik Pelatuk Bawang ini yang membuat status di alam liarnya semakin hari semakin berkurang akibatnya Pelatuk Bawang menjadi salah satu burung langka yang terancam punah.

Burung Pelatuk Bawang Sarat Akan Khasiat Mistik

Burung Pelatuk Bawang
Sumber Gambar: omkicau.com

Pelatuk Bawang termasuk ke dalam keluarga Pecidae yang dapat ditemukan di negara Bangladesh, Brunei Darussalam, Cina, Filipina, Indonesia, Laos, Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, Pelatuk Bawang dapat di jumpai di pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.

Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Common Flameback atau ada pula yang menyebutnya dengan nama Common Goldenback.

Pelatuk Bawang memiliki ukuran tubuh tidak lebih besar daripada jenis burung Jalak. Dimana ciri-cirinya memiliki sayap berwarna kuning, bulu di bagian leher berwarna hitam dengan motif garis-garis berwarna putih. Di alam liar, Pelatuk Bawang tinggal di hutan tropis dan subtropis pada daerah dataran rendah hingga sekitaran hutan bakau.

Khasiat Pelatuk Bawang Menurut Primbon

Burung Pelatuk Bawang
Sumber Gambar: www.sajajar.id

Berbeda dengan burung Opior Jawa, sebagian orang mempercayai bahwa Pelatuk Bawang memiliki daya magis dan juga mempunyai kekuatan mistik yang sangat luar biasa. Bagi masyarakat Jawa, Pelatuk Bawang mencerminkan seseorang yang mempunyai watak/sifat berpendirian kuat, rajin bekerja namun tidak sabaran.

Primbon Jawa dan Melayu, khususnya di dalam primbon Betaljemur Adammakna, Pelatuk Bawang berkhasiat untuk:

  • Menumbuhkan kewibawaan.
  • Membuat pandai dan lincah berbicara saat berdebat.
  • Mampu menyepuh dan juga meningkatkan kesaktian sebuah senjata pusaka.
  • Pengikat istri atau suami.
  • Sebagai penangkal maling dan rampok.
  • Mempercantik wajah dan aura/pesona tubuh.
  • Menyembuhkan penyakit jiwa/gila.
  • Meningkatkan stamina dan juga keperkasaan.
  • Penolak dan penyembuh berbagai macam penyakit.
  • Tolak bala ilmu hitam.

Mengenai bagaimana cara mendapatkan manfaat Pelatuk Bawang bagi orang yang menggunakannya, disini kami sengaja untuk tidak menjelaskannya karena jika ingin memperoleh manfaat tersebut maka harus mengorbankan nyawa si Pelatuk Bawang.

Hal ini tentu akan membuat statusnya semakin terancam bahkan dapat mengakibatkan punah. Selain itu, khasiat Pelatuk Bawang tersebut juga belum terbukti kebenarannya melainkan masih hanya sebatas mitos dari orang-orang terdahulu.

Jadi jika ingin memelihara burung Pelatuk Bawang ini sebenarnya sah-sah saja namun hanya sebatas untuk dijadikan sebagai hobi atau bertujuan untuk memaster jenis burung kicau lainnya.

Cara Membedakan Pelatuk Bawang Jantan dan Betina

Burung Pelatuk Bawang
Sumber Gambar:hargaburung.id

Seperti halnya cara membedakan Beo jantan dan betina, untuk membedakan jenis kelamin burung Pelatuk Bawang juga dapat dilihat dari ciri fisiknya.

Pelatuk Bawang yang memiliki jambul di atas kepala berwarna merah, berarti berjenis kelamin jantan. Begitu pun sebaliknya, jika jambul Pelatuk Bawang tidak berwarna merah berarti berjenis kelamin betina.

Demikianlah pembahasan mengenai khasiat burung Pelatuk Bawang dan cara membedakan jenis kelaminnya. Perlu diingat, semua hal yang kita dapatkan semata-mata merupakan nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Jadi seharusnya kita tidak mempercayai hal demikian karena ditakutkan akan terjerumus ke dalam jurang kemusrikan.