Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem

Lovebird merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang memiliki warna bulu sangat indah dan cantik, salah satunya adalah Lovebird Muka Salem. Hal ini yang menjadikan banyak para kicau mania yang mengembangbiakan burung Lovebird dengan tujuan untuk mendapatkan warna-warna yang menarik dan langka.

Pada awalnya, terdapat 9 jenis Lovebird yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya adalah Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis), Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae), Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri).

Serta jenis burung Lovebird lainnya seperti Lovebird Topeng (Agapornis Personata), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta), dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

Baca Juga : Lovebird Kacamata Nyasa

Mengenal Karakteristik Lovebird Muka Salem dan Daerah Persebarannya

Lovebird Muka Salem
Sumber Gambar: pbs.twimg.com

Seiring berjalannya waktu, saat ini banyak burung Lovebird yang disilangkan dengan jenis Lovebird lainnya guna mendapatkan warna mutasi baru, misalnya saja jenis Lovebird Euwing.

Sedangkan untuk Lovebird Muka Salem ini juga dapat menghasilkan berbagai mutasi warna. Beberapa diantaranya seperti jenis Lovebird Blorok, Lovebird Lutino, Lovebird Pastel Biru, Lovebird Albino, dan Lovebird Australian Cinnamon.

Jenis Lovebird ini merupakan Lovebird yang memiliki warna asli atau bukan hasil persilangan antara berbagai jenis Lovebird. Lovebird ini memiliki keunikan yang berbeda dengan jenis Lovebird lainnya, khususnya pada bagian warnanya yang terlihat lembut dan kalem.

Sebagian kicau mania di Jawa menyebutnya dengan nama Lakbed, dimana Lakbed Muka Salem bersifat sosial dan kerap berkumpul dalam kelompok kecil di alam liar.

Baca Juga : Bahan Racikan Agar Lovebird Konslet

Karakteristik dan Ciri-Ciri Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem
Sumber Gambar: i0.wp.com/hobiburung.org

Lakbed Muka Salem memiliki postur tubuh yang cukup menawan. Sekilas, ia memiliki perpaduan warna yang nampak memudar dan tidak begitu jelas. Namun ini justru merupakan warna yang tidak umum dan jarang atau bahkan tidak dimiliki oleh jenis Lovebird lainnya.

Di pasaran, jenis Lovebird ini terbilang cukup tinggi peminatnya. Hal ini karena ia memiliki harga terjangkau dan ketersediaannya yang cukup banyak karena saat ini sudah banyak kicau mania yang mengembangbiakan jenis Lakbed Muka Salem ini.

Pada bagian bawah tubuh Lakbed Muka Salem memiliki ciri khas berwarna hijau kekuningan dengan warna bulu dahi hingga belakang matanya berwarna merah. Sementara pada bagian pipi, leher, dan dada terdapat warna pink sedangkan bagian sayap berwarna hijau dengan bagian ujung berwarna kebiruan.

Selain itu, ia memiliki ciri warna tubuh dengan perpaduan warna hijau yang terlihat kurang ngejreng atau terlihat kalem dengan perpaduan warna-warna lainnya yang menjadikannya terlihat elegan dan cantik.

Sedangkan warna tubuh Lakbed Muka Salem ini terdapat warna hijau dengan kombinasi warna biru pada bagian pangkal ekor atas. Pada bagian dahi atas hingga bagian bawah paruh berwarna oranye sedikit pudar serta tampak terdapat campuran warna abu-abu.

Postur tubuhnya sendiri terbilang tidak begitu besar, yaitu dengan panjang sekitar 15 cm. Hal ini yang menjadikannya nampak imut dan lucu ketika dipandang.

Baca Juga : Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Persebaran Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem
Sumber Gambar: abahtani.com

Jenis Lovebird ini berasal dari wilayah kering di barat daya Afrika, tepatnya di Gurun Namibia. Untuk jangkauannya sendiri, Lovebird ini tersebar memanjang dari barat daya Angola di sebagian besar Namibia. Kemudian berlanjut hingga menuju ke lembah sungai rendah Orange pada barat laut Afrika Selatan.

Pada umumnya, Ia tinggal di dataran dengan ketinggian maksimal 1.600 mdpl. Tepatnya di hutan-hutan yang banyak ditumbuhi pohon dengan daun lebar, semi gurun dan daerah pegunungan.

Selain itu, ia juga tinggal tidak jauh dari sekitaran danau atau kolam dengan tujuan agar memudahkannya untuk minum.

Louis Jean Pierre Viellot merupakan seorang ahli burung yang berasal dari Prancis. Tepatnya pada tahun 1818 mengungkapkan jika penamaan burung ini sebelumnya bernama Roseicollis Psittacus.

Akan tetapi penamaan tersebut kemudian diubah menjadi Agapornis seperti halnya genus yang lainnya. Kelebihan jenis Lovebird ini jika dibandingkan dengan Lovebird jenis lainnya adalah terletak pada suaranya yang paling keras. Bukan hanya itu, ia juga merupakan jenis Lovebird yang paling mudah dikembangbiakan.

Jika kita ingin menangkarnya, maka sebaiknya kita memelihara secara berpasangan. Ini karena sifatnya yang kurang cocok jika dipelihara dengan cara berkelompok atau digabungkan dengan jenis burung Lovebird yang lainnya.

Hal terpenting jika kita ingin memelihara burung Lovebird Muka Salem ini adalah pastikan untuk mengetahui cara merawat burung Lovebird dengan benar. Ini bertujuan agar kita mempunyai Lovebird yang berkualitas bukan hanya dalam hal warna namun juga dalam hal suara kicauannya.

Tinggalkan Balasan