Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Sebagai kicau mania, khususnya pecinta burung Lovebird, apakah kalian mengetahui tentang bagaimana cara membuat Lovebird ngekek panjang? Sejatinya semua jenis burung Lovebird mampu mengeluarkan suara ngekeknya. Namun tidak semua jenis Lovebird dapat ngekek dengan panjang.

Beberapa alasan kenapa Lovebird tidak dapat ngekek panjang meskipun sudah melakukan cara merawat burung Lovebird dengan baik dan benar adalah mungkin karena Lovebird tersebut merupakan Lovebird tipe pendiam atau bukan Lovebird tipe lomba.

Mungkin jika kalian memelihara Lovebird hanya sebatas dijadikan sebagai burung peliharaan, maka bukan menjadi masalah semisal Lovebird tidak dapat ngekek dengan panjang. Namun lain cerita jika Lovebird yang kalian pelihara akan dijadikan sebagai Lovebird untuk lomba, maka Lovebird ngekek panjang merupakan hal mutlak yang harus dimiliki.

Baca Juga : Perawatan Lovebird Paud Agar Fighter

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang
Sumber Gambar: arenahewan.com

Terdapat beberapa cara membuat Lovebird agar dapat ngekek panjang, misalnya saja dengan mengetahui jenis kelamin, perawatan, makanan Lovebird, memaster Lovebird, memberikan ramuan atau jamu pada burung Lovebird, dan lainnya.

Mengetahui Jenis Kelamin Lovebird

Pada umumnya, Lovebird yang mampu ngekek panjang dan sering diikutsertakan ke dalam lomba adalah Lovebird yang berjenis kelamin betina. Alasannya adalah Lovebird yang berjenis kelamin betina tidak mudah over birahi sehingga tidak mudah terpancing emosinya pada saat melihat lawan.

Lovebird yang berjenis kelamin betina akan lebih fokus ngekek panjang daripada memperhatikan lingkungan sekitarnya. Sedangkan Lovebird jantan umumnya lebih mudah terpengaruh dengan lawan sehingga membuatnya over birahi.

Meskipun demikian, baik Lovebird jantan atau betina sebenarnya tidak ada perbedaan melainkan tergantung dari bagaimana cara perawatannya sehari-hari.

Melakukan Pemasteran

Untuk membuat Lovebird ngekek panjang yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemasteran. Beberapa jenis burung kicau yang baik untuk memaster Lovebird adalah jenis burung Kenari, burung Cililin, burung Cucak Jenggot, dan beberapa jenis burung kicau lainnya.

Adapun cara memaster Lovebird yang benar adalah ketika usianya masih cukup muda sehingga ia akan lebih mudah dalam mengingat suara isian burung masteran.

Nah jika kalian tidak mempunyai burung asli untuk memaster Lovebird, maka kalian dapat memanfaatkan smartphone yang berisi suara-suara burung kicau.

Pemasteran sendiri dapat dilakukan setiap hari, baik pada siang atau malam hari. Sedangkan waktu lamanya proses pemasteran tergantung dari kalian sendiri serta tergantung seberapa cepat Lovebird yang kalian master dapat mengingat suara masteran.

Sementara untuk waktu terbaik dalam memaster Lovebird yaitu pada saat burung sedang mabung. Hal ini lantaran ketika dalam kondisi mabung, Lovebird akan cenderung diam sehingga lebih fokus dalam mendengarkan suara isian suara masteran.

Terapi Mandi Semprot

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang
Sumber Gambar: www.haipedia.com

Dengan melakukan terapi mandi seprot juga dapat membantu agar Lovebird ngekek panjang. Semprot Lovebird hingga basah kuyup, kemudian lanjutkan dengan menjemurnya.

Perlu diingat, jangan menjemur Lovebird secara langsung di bawah sinar matahari ketika baru selesai dimandikan karena ditakutkan Lovebird akan sakit lantaran perubahan suhu yang ekstrim.

Menstabilkan Birahi Lovebird

Kondisi burung Lovebird over birahi memang sangat mempengaruhi suaranya dalam berkicau. Sehingga kalian harus mengetahui cara menurunkan birahi Lovebird.

Nah, beberapa cara untuk menurunkan birahi Lovebird adalah dengan menggunakan untulan atau pasangan, memandikan secara rutin, dan memberikan pakan berupa mentimun.

Dari beberapa cara tersebut diatas, dengan menggunakan untulan merupakan cara paling ampuh dalam menurunkan birahi Lovebird. Hal ini karena Lovebird birahi sebenarnya membutuhkan burung lain untuk sekedar menyalurkan nafsunya.

Pada saat nafsu Lovebird telah tersalurkan maka birahinya akan kembali stabil. Maka dengan mencarikan Lovebird pasangan yang cocok, masalah over birahi Lovebird akan dapat teratasi.

Makanan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang
Sumber Gambar: arenahewan.com

Jenis makanan Lovebird yang dapat membantu agar Lovebird ngekek panjang adalah seperti milet putih, canary seed, gabah beras merah, kuaci, jagung manis muda, tulang sotong, apel merah, sawi, dan lain sebagainya.

Pemberian Jamu Pada Burung Lovebird

Jika semua cara-cara tersebut diatas dirasa masih belum cukup, maka kalian dapat memberikan jamu atau ramuan agar Lovebird ngekek panjang.

Hanya saja, pada setiap burung Lovebird memiliki jamu dan ramuan yang berbeda-beda sehingga kalian harus mengetahui ramuan apa yang cocok dan pas untuk membantu agar Lovebird ngekek panjang.

Itulah beberapa tips mudah mengenai cara membuat Lovebird ngekek panjang. Agar berhasil, maka kuncinya adalah ketelatenan dan kesabaran dalam merawat Lovebird yang kalian miliki agar mampu ngekek panjang.

Tinggalkan Balasan