Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Sebagai kicau mania, terlebih lagi pecinta burung Lovebird, apakah kita mengetahui cara menurunkan birahi Lovebird? Ya, pertanyaan ini kerap kali muncul ketika burung Lovebird yang kita pelihara terlihat agresif pada saat bertemu dengan lawan jenisnya.

Sebenarnya, dalam menurunkan birahi Lovebird terbilang cukup mudah. Meskipun mudah, namun juga memerlukan cara yang tepat dan kesabaran yang ekstra serta konsisten dalam cara merawat burung Lovebird agar over birahinya dapat segera diturunkan.

Kondisi Lovebird yang sedang over birahi (OB) memang harus segera diturunkan agar kemampuan ngekeknya dapat kembali stabil. Hal ini tentunya sangat penting terlebih lagi jika Lovebird yang kita pelihara akan diikutsertakan ke dalam lomba.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Penyebab Lovebird Over Birahi

Cara Menurunkan Birahi Lovebird
Sumber Gambar: s0.bukalapak.com

Sebelum kita membahas tentang cara menurunkan birahi Lovebird, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui penyebab yang membuat burung Lovebird mengalami over birahi.

Lovebird over birahi terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor lingkungan tempat ia tinggal, cara perawatan yang salah, pemberian pakan yang tidak tepat, serta beberapa faktor lainnya.

Adapun penyebab paling umum yang mengakibatkan Lovebird menjadi over birahi adalah pemberian pakan yang tidak seimbang. Misalnya saja ketika Lovebird secara terus menerus diberikan pakan yang dapat meningkatkan birahinya.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Cepat dan Mudah

Cara Menurunkan Birahi Lovebird
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Over birahi adalah kondisi dimana burung Lovebird tersebut memiliki libido yang meningkat drastis. Sebenarnya kondisi over birahi ini sangat bermanfaat apabila burung Lovebird akan dikawinkan. Namun berbanding terbalik jika Lovebird yang kita pelihara akan diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung.

Kesimpulannya adalah ketika Lovebird over birahi pada waktu kawin akan sangat bermanfaat, namun akan berdampak buruk jika Lovebird akan dijadikan sebagai burung lomba.

Gangguan hormonal pada burung Lovebird ini dapat terjadi sewaktu-waktu serta dapat terjadi baik pada Lovebird rumahan, Lovebird khusus lomba, atau pun Lovebird yang khusus diperuntukkan untuk penangkaran.

Nah agar kita tidak pusing ketika Lovebird yang kita miliki akan diikutsertakan ke dalam lomba namun tiba-tiba mengalami over birahi, maka berikut ini adalah tips cara paling mudah untuk menurunkan birahi Lovebird dengan cepat.

Meningkatkan Frekuensi Mandi

Cara sederhana untuk menurunkan birahi Lovebird adalah dengan meningkatkan frekuensi mandi. Maksudnya adalah semisal kita memandikan Lovebird pada saat dalam keadaan normal cukup sekali dalam sehari, maka jika Lovebird mengalami over birahi, sebaiknya kita meningkatkan frekuensi mandinya menjadi 2 atau 3 kali dalam sehari.

Selain itu, kita juga dapat meningkatkan durasi dalam memandikan Lovebird. Jika biasanya dalam memandikan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, maka dapat ditingkatkan menjadi 20-30 menit.

Dalam memandikan burung Lovebird dapat dilakukan pada pagi hari sebelum matahari muncul. Adapun jika akan memandikan pada waktu malam hari, maka dapat dilakukan pada pukul 22.00-24.00.

Perlu diperhatikan, dalam memandikan Lovebird, sebaiknya jangan berlebihan. Gunakanlah perasaan kita pada saat akan memandikannya agar ia tidak stress.

Melakukan Pengembunan dan Penjemuran Secara Teratur

Selain meningkatkan frekuensi mandi pada burung Lovebird, dalam menurunkan birahi yang berlebih pada Lovebird juga dapat dilakukan dengan cara melakukan pengembunan dan penjemuran secara teratur.

Lakukan pengembunan pada waktu fajar setelah subuh. Di waktu tersebut, udara masih cukup alami karena belum tercampur dengan polusi. Sehingga sangat baik untuk pernafasan Lovebird kesayangan kita.

Sedangkan waktu penjemuran terbaik adalah dapat dilakukan pada saat matahari terbit hingga sekitar pukul 09.00. Hindari melakukan penjemuran lebih dari waktu tersebut karena sinar matahari akan mengandung ultraviolet yang dapat merusak bulu pada burung Lovebird.

Menghentikan Pakan Tertentu

Hentikan pakan-pakan seperti sayur kangkung, jagung muda, dan kwaci pada saat Lovebird yang kita pelihara sedang dalam kondisi birahi berlebih.

Hal ini karena makanan-makanan tersebut merupakan salah satu pemicu dalam meningkatnya birahi pada burung lovebird. Sebagai gantinya, kita dapat memberikan multivitamin Ebood Vit dengan takaran 3 tetes dalam satu wadah air minum.

Usahakan juga agar air minumnya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jangan lupa ganti setiap hari air minum tersebut untuk menjaga kualitas air agar tetap terjaga dengan baik.

Memberikan Mentimun Pada Lovebird OB

Dalam menurunkan birahi Lovebird dapat dilakukan dengan cara memberikan mentimun atau ketimun. Manfaat buah mentimun dipercaya mampu menurunkan birahi pada jenis burung Lovebird. Ini karena kandungan air pada buah mentimun yang dapat menurunkan birahi Lovebird.

Memberikan Daun Kemangi Pada Lovebird OB

Selain memberikan mentimun, dalam menurunkan Lovebird OB juga dapat dilakukan dengan cara memberikan daun kemangi sebagai ramuan atau racikan untuk Lovebird tersebut.

Kita dapat memberikan daun kemangi pada Lovebird secara langsung sebagai pengganti sayuran. Jika Lovebird tidak mau memakan daun kemangi, maka kita dapat menyeduh daun kemangi, kemudian berikan air seduhan daun kemangi tersebut pada Lovebird sebagai pengganti minumannya.

Memberikan Untulan Pada Lovebird OB

Cara Menurunkan Birahi Lovebird
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Pada saat Lovebird sedang dalam birahi berlebih, maka kita dapat dengan cepat menurunkan birahinya dengan cara memberikan untulan atau pasangan pada Lovebird tersebut.

Tujuannya adalah agar Lovebird yang awalnya OB akan dapat tersalurkan birahinya ke pasangannya tersebut. Namun kita harus pastikan bahwa keduanya memang merupakan pasangan yang sudah berjodoh agar tidak saling serang ketika disatukan dalam satu sangkar.

Mengumbar Lovebird di Kandang Umbaran

Cara lainnya dalam menurunkan birahi pada burung Lovebird adalah dengan memasukkan Lovebird pada kandang umbaran. Dengan cara ini maka Lovebird akan dapat lebih leluasa dalam bergerak sehingga Lovebird akan merasa lebih bebas.

Lakukan cara-cara tersebut diatas secara rutin setiap hari agar birahi berlebih pada burung Lovebird dapat kembali normal/stabil. Jika birahi pada Lovebird sudah stabil, maka kita dapat menghentikan cara-cara tersebut dan burung Lovebird kesayangan kita sudah siap kembali jika akan diikutsertakan ke dalam lomba.

Tinggalkan Balasan